Apa Penyebab Kembar Parasit? Ketahui Faktanya, Ma

Kondisi ini jarang terjadi tapi penting untuk diketahui penyebabnya, Ma

26 Oktober 2020

Apa Penyebab Kembar Parasit Ketahui Faktanya, Ma
Pexels/lucas mendes

Memiliki bayi kembar adalah suatu kebahagiaan tersendiri, terutama bagi mereka yang mengharapkan kehamilan dan anak. Namun, dalam beberapa kasus, ibu hamil mungkin mengandung bayi kembar parasit.

Kembar parasit terjadi ketika salah satu dari janin kembar berhenti berkembang namun masih melekat pada janin lainnya yang masih berkembang.

Apa penyebab kembar parasit serta bagaimana penanganannya jika Mama memiliki kehamilan kembar parasit? Yuk, simak jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini.

Apa itu Kembar Parasit?

Apa itu Kembar Parasit
Freepik

Kembar parasite adalah ketika salah satu dari kembar identik dalam rahim berhenti berkembang selama tahap kehamilan, tetapi masih melekat pada janin kembar lainnya yang sedang berkembang.

Kembar parasit tidak pernah mengalami proses perkembangan yang lengkap dan sangat jarang kembar seperti itu memiliki jantung atau otak yang lengkap dan berfungsi. Kembar yang berkembang sempurna dikenal sebagai kembar autosite atau dominan. Biasanya, kembar parasit tidak berbagi organ dengan kembaran autosite dan juga tidak dapat bertahan hidup sendiri.

Kembar parasit dapat diidentifikasi dalam bentuk tonjolan yang tidak dapat dikenali atau anggota tubuh tambahan, yang menempel pada kembar dominan. Jika tidak ditangani dengan segera, kembar dominan berisiko mengalami komplikasi kesehatan.

Kembar parasit jarang terjadi dan kemungkinan pembentukan kembar kurang dari satu per satu juta kelahiran. Karena kelangkaan kondisinya, maka diperlukan studi dan penelitian lebih lanjut tentang fenomena ini. Kembar semacam itu juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti kembar vestigial, kembar siam asimetris, kembar abnormal, atau janin dalam janin.

Editors' Picks

Bagaimana Kembar Parasit Terbentuk?

Bagaimana Kembar Parasit Terbentuk
Pixabay/TBIT

Kembar parasit adalah kembar identik, yang berarti satu sel dibuahi dan membelah menjadi dua sel segera setelah proses pembuahan. Ini menghasilkan dua janin yang terpisah. Namun, dalam prosesnya, jika telur gagal terpisah dari yang lain sepenuhnya, itu dapat menghasilkan kembar siam.

Dalam beberapa kasus, salah satu janin mulai menyerap yang lain selama tahap perkembangan awal. Janin yang sebagian terserap oleh janin lain berhenti berkembang dan dengan demikian berubah menjadi parasit. Di sisi lain, kembaran yang lain terus berkembang secara normal dan berbentuk kembaran dominan.

Ada banyak pendapat dan teori yang berbeda, termasuk gangguan pembuluh darah dalam rahim, kelainan bentuk kasar, dan fenomena serupa lainnya, tetapi apa sebenarnya yang mengarah pada pembentukan kembar parasit, tidak dapat dinyatakan atau didukung dengan jelas.

Diagnosis Kembar Parasit

Diagnosis Kembar Parasit
freepik.com/asmedvednikov

Bagaimana gejalanya jika Mama hamil kembar parasit? Sayangnya ini tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau memiliki gejala tertentu.

Meskipun tidak ada tanda atau gejala yang perlu diketahui jika Mama mengandung kembaran parasit, ada cara lain untuk mengetahui informasi ini selama kehamilan.

Berikut beberapa metode yang dapat membantu dalam mendiagnosis kembar parasit:

  • USG
  • Pemindaian ultrasonografi 3-D
  • CT scan
  • MRI

Tes pencitraan ini dapat membantu mengidentifikasi kembar parasit. Namun, itu terutama tergantung pada tingkat kelainan dan posisinya. Oleh karena itu, terkadang sulit untuk mendiagnosis kasus tersebut melalui pengujian gambar, karena terkadang dokter mungkin melewatkan kembar parasit yang lebih kecil sama sekali atau salah mengira mereka sebagai massa atau pertumbuhan pada bayi kembar dominan.

Bagaimana Penanganan Kembar Parasit?

Bagaimana Penanganan Kembar Parasit
Freepik/Peoplecreations

Meskipun kembaran parasit sebagian besar diserap oleh kembaran dominan selama tahap perkembangan di dalam rahim, penyerapan tersebut tidak akan terjadi setelah kelahiran kembaran dominan.

Jika dokter tidak dapat memastikan keberadaan kembaran parasit di dalam rahim, maka itu diketahui setelah kelahiran bayi. Tujuan utamanya bukan hanya untuk menyelamatkan nyawa si kembar dominan, tapi juga meringankan beban si kembar parasit. Pengangkatan dengan pembedahan menjadi sangat penting.

Operasi pengangkatan kembaran parasit dapat berbeda-beda, karena setiap kasus berbeda dan luas serta lokasi sambungan merupakan parameter penting untuk prosedur ini. Dokter mungkin melakukan beberapa tes gambar untuk mengukur tingkat keberhasilan operasi. Kadang-kadang, tidak hanya jaringan lunak yang diangkat, tetapi juga tulang dan sambungan vaskular.

Terkadang, komplikasi dapat timbul karena kemungkinan risiko yang terlibat dalam operasi. Ini termasuk infeksi di lokasi, hernia, atau komplikasi luka. Jika diperlukan, operasi lanjutan dapat dilakukan.

Kembar dominan akan diuji untuk setiap kesulitan jantung atau pernapasan yang mungkin terjadi akibat menopang beban kembaran parasit. Kembar autosite dapat mengembangkan masalah pernapasan jantung, tetapi jika ditangani pada waktu yang tepat, tingkat kelangsungan hidup kembaran dominan cukup tinggi.

Apakah kembar parasit dapat hidup? Ini adalah pertanyaan yang sangat umum yang mungkin muncul di banyak pikiran, apakah kembar parasit masih hidup. Meskipun terikat pada autosite atau kembaran dominan, si kembar ini tidak memiliki kesadaran apapun, juga tidak dapat bertahan hidup sendiri.

Kembar parasit adalah fenomena langka. Studi dan penelitian sedang dilakukan pada bayi kembar tersebut. Dengan kemajuan yang terjadi dalam ilmu kedokteran, seperti teknik pencitraan yang lebih baik dan pilihan bedah, dapat membantu meningkatkan kemungkinan memiliki kehidupan normal untuk kembar dominan.

Semoga informasi mengenai kembar parasit ini bermanfaat untuk menambah wawasan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.