Jenis Makanan yang Wajib Dihindari oleh Ibu Hamil dengan Hipertensi

Ibu hamil dengan hipertensi masih bisa memiliki kehamilan yang sehat ya, Ma

18 Januari 2022

Jenis Makanan Wajib Dihindari oleh Ibu Hamil Hipertensi
Unsplash/Hush Naidoo Jade Photography

Makanan memiliki dampak besar pada kesehatan. Apa yang Mama makan dan apa yang dihindari memainkan peran utama dalam kesehatan.

Dan ketika berbicara tentang tekanan darah, menghindari beberapa jenis makanan dapat memberikan dampak yang signifikan. Makanan manis, asin atau makanan yang tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan tekanan darah.

Memilah makanan juga harus dilakukan oleh ibu hamil. Selain untuk menghindari komplikasi, makanan bernutrisi juga penting untuk pertumbuhan janin.

Selain itu, hipertensi selama kehamilan merupakan masalah utama di kalangan perempuan. Dr Manisha Ranjan, konsultan obstetrician & ginekolog, Motherhood hospital India mengatakan, “Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang cukup umum selama kehamilan. Ini juga merupakan penyebab penting morbiditas dan mortalitas ibu dan janin.”

Hipertensi adalah gangguan gaya hidup, penting bagi kita untuk mempertahankan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Jika Mama memiliki hipertensi dan sedang mengandung, jangan khawatir. Selama tekanan darah dapat dikontrol, Mama bisa memiliki kehamilan yang sehat. Untuk itu, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari.

Ulasan Popmama.com kali ini membahas tentang jenis makanan yang wajib dihindari ibu hamil dengan hipertensi. Apa saja ya?

1. Makanan yang mengandung garam dan natrium tinggi

1. Makanan mengandung garam natrium tinggi
Unsplash/Luis Cortes

Dr Ranjan mengatakan, makanan dengan sumber garam dan natrium yang tinggi harus dihindari. Makanan yang dikemas dan diproses seperti acar, sup kalengan, memiliki kandungan natrium tertinggi. Semua ini harus dihindari bagaimanapun caranya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa garam atau natrium memiliki efek besar pada tekanan darah. Ini juga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

Editors' Picks

2. Makanan yang mengandung gula berlebih

2. Makanan mengandung gula berlebih
Unsplash/tripleMdesignz

Sama seperti garam, terlalu banyak gula juga bisa berdampak negatif pada tekanan darah. Dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients juga membuktikan bahwa gula tambahan memiliki hubungan langsung dengan peningkatan tingkat tekanan darah.

Jadi, bahkan jika Mama mengidam sebatang cokelat, cobalah untuk mengontrolnya atau konsumsi secukupnya. “Kelebihan gula harus dihindari jika Mama memiliki hipertensi selama kehamilan. Ini karena gula dapat meningkatkan tekanan darah dalam beberapa cara,” saran Dr Ranjan.

3. Kafein dan minuman berkafein

3. Kafein minuman berkafein
Unsplash/Nathan Dumlao

Jika Mama sedang hamil dan berisiko terkena hipertensi, maka kafein dan minuman berkafein sangat dilarang. Kafein mengurangi jumlah air dalam tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Ini tidak hanya buruk bagi Mama, tetapi juga lebih buruk bagi janin.

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Dan jika Mama memiliki masalah hipertensi, maka Mama disarankan untuk menjauhi minuman ini untuk menjaga keselamatan diri dan janin. Sebagai gantinya, pilih kopi tanpa kafein atau setengah kafein serta teh bebas kafein.

4. Makanan yang mengandung lemak trans

4. Makanan mengandung lemak trans
Unsplash/Shardar Tarikul Islam

Bila Mama memiliki tekanan darah tinggi, makanan yang mengandung lemak trans juga wajib dihindari.

Lemak trans adalah jenis lemak tak jenuh yang umum ditemukan di alam dalam jumlah kecil, misalnya di daging sapi atau susu sapi. Dalam jumlah kecil, ini tidak membahayakan tubuh.

Tetapi sebagian besar terbentuk dari proses pemasakan dengan panas tinggi menggunakan minyak nabati. Nah, proses inilah yang menyebabkan lemak trans, Ma.

Makanan tinggi lemak trans menjadi pantangan bagi ibu hamil dengan hipertensi. Semakin banyak lemak trans yang dikonsumsi, semakin besar risiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Hindari makanan tinggi lemak trans untuk mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan diabetes. Ini juga memberikan dampak buruk pada kolestrol. Makan dengan penuh kesadaran adalah salah satu tanggung jawab utama bagi ibu hamil dengan hipertensi.

Itulah jenis makanan yang wajib dihindari oleh ibu hamil dengan hipertensi. Apakah Mama juga mengalami hipertensi saat hamil? Apa yang Mama lakukan untuk mengontrol tekanan darah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk