Harus Coba, 6 Manfaat Clover Honey untuk Ibu Hamil

Clover honey sangat populer belakangan ini, apa saja manfaatnya untuk bumil?

23 Oktober 2020

Harus Coba, 6 Manfaat Clover Honey Ibu Hamil
Freepik

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi (clover plants). Madu ini mulai populer karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rasanya yang lembut dan warnanya yang ringan, menjadikannya pilihan populer di kalangan penggemar madu.

Tanaman semanggi sangat umum, tahan cuaca, dan sumber nektar yang disukai lebah madu, itulah sebabnya clover honey mudah diperoleh.Clover honey memiliki rasa yang lebih kompleks daripada gula, ini membuat banyak orang menggunakannya untuk pemanis makanan dan minuman.

Selain itu, clover honey mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat. Bagaimana jika dikonsumsi selama hamil?

Berikut Popmama.com akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan manfaat clover honey untuk ibu hamil. Apa saja, ya?

Nutrisi Clover Honey

Nutrisi Clover Honey
Freepik

Satu sendok makan (21 gram) clover honey mengandung:

  • Kalori: 60 kalori
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 17 gram

Selain itu,clover honey juga menawarkan sejumlah kecil vitamin dan mineral, termasuk magnesium, kalium, besi, dan seng.

Berikut ini beberapa manfaat clover honey untuk ibu hamil:

1. Sebagai antivirus dan antibakteri

1. Sebagai antivirus antibakteri
Freepik/Yanalya

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan kapasitas antibakteri dari 16 jenis madu, clover honey memiliki antibakteri terkuat terhadap sel Staphylococcus aureus yang berbahaya.

Clover honey juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka, seperti luka bakar ringan dan luka gores. Hal ini dikarenakan bakteri tidak dapat menjadi resisten terhadap madu.

Pada sebuah studi tabung reaksi ditemukan bahwa dengan mengoleskan lima persen clover honey pada sel-sel kulit yang terinfeksi virus cacar air, secara signifikan dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup virus.

Konsumsi selama kehamilan dapat melindungi Mama dan janin dari beragam virus dan bakteri.

Editors' Picks

2. Kaya akan antioksidan

2. Kaya akan antioksidan
Freepik/yanalya

Clover honey kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh mama saat hamil. Karena daya tahan tubuh menurun, ibu hamil rentan terserang penyakit.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, ekstrak clover honey membalikkan kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas, kemungkinan karena kandungan antioksidan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

3. Meningkatkan kesehatan jantung paru-paru
Freepik/jannoon028

Clover honey mengandung flavanol anti-inflamasi dan antioksidan asam fenolik yang tinggi. Flavanol dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, sedangkan asam fenolik memperkuat sistem saraf pusat.

Jantung yang sehat dibutuhkan untuk mengirim oksigen dan zat makanan dari Mama ke janin melalui ari-ari. Jadi bisa dibayangkan jika jantung tidak sehat, maka akan berefek pada janin.   

4. Membantu mengatur tekanan darah

4. Membantu mengatur tekanan darah
Freepik/Alexander-safonov

Saat hamil, tekanan darah sebaiknya dijaga supaya tetap normal demi perkembangan janin dan agar Mama terhindar dari preeklampsia. Ibu hamil yang mengalami lonjakan pada tekanan darah dapat menyebabkan hal yang berbahaya, seperti kejang, kelahiran prematur, serta kematian.

Manfaat lain dari clover honey adalah dapat mengatur tekanan darah. Mengonsumsi madu ini secara rutin di pagi hari dapat membantu menjaga tekanan darah. Pastikan Mama mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, ya.

5. Meredakan batuk dan flu

5. Meredakan batuk flu
Freepik/katemangostar

Saat hamil, Mama tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan karena dapat menimbulkan risiko bagi janin.

Clover honey dapat dijadikan sebagai pengobatan rumahan untuk meredakan gejala batuk dan flu. Clover honey sendiri memiliki efek menenangkan pada sakit tenggorokan serta mengencerkan dahak, Ma. Campurkan satu sendok teh dengan air hangat, bila suka, Mama dapat menambahkan lemon untuk kesegaran.

6. Meredakan gangguan saluran cerna

6. Meredakan gangguan saluran cerna
Freepik/Chajamp

Masalah pencernaan adalah salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh ibu hamil. Mengonsumsi 1-2 sendok teh clover honey dapat meredakan nyeri perut dan membantu proses penyembuhan gangguan pencernaan, seperti diare dan tukak lambung.

Selain itu, kandungan gula pada clover honey juga berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna. Efek ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dan melancarkan sistem pencernaan, Ma.

Nah, itu beberapa manfaat clover honey untuk ibu hamil. Pastikan Mama mengonsumsinya dalam jumlah yang disarankan dan tidak berlebihan, ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.