5 Masalah Umum yang Biasa Dialami saat Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Apakah Mama juga mengalaminya?

23 September 2020

5 Masalah Umum Biasa Dialami saat Mengonsumsi Vitamin Prenatal
freepik.com/patcharananworrapatchareeroj

Saat hamil, Mama disarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Alasannya adalah banyak ibu hamil yang kesulitan mendapatkan nutrisi harian yang dibutuhkan saat hamil. Terutama ketika mereka mengalami mual di pagi hari.

Vitamin prenatal juga dianjurkan bagi mereka yang sedang dalam program hamil dan masa menyusui. Namun, mengonsumsi vitamin prenatal ini terkadang tidaklah mudah bagi beberapa orang. Apa masalah umum yang biasa dialami saat minum vitamin prenatal?

Yuk, cari tahu di ulasan Popmama.com berikut ini agar Mama dapat mengatasinya.

1. Vitamin prenatal membuat semakin mual

1. Vitamin prenatal membuat semakin mual
freepik.com/comzeal

Beberapa perempuan menemukan bahwa rasa mual disebabkan oleh vitamin yang dikonsumsi, bukan karena mual di pagi hari. Bahkan terkadang vitamin ini memperburuk morning sickness yang dialami di awal kehamilan.

Untuk mengatasinya, Mama dapat mengganti merek vitamin prenatal. Jika tidak ada perubahan, pertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin di malam hari, tepat sebelum tidur.

Editors' Picks

2. Lupa untuk mengonsumsinya secara rutin

2. Lupa mengonsumsi secara rutin
Freepik/cookie_studio

Hari ini sudah minum vitamin atau belum ya? Apakah ini sering terjadi pada Mama? Ada berbagai trik yang bisa Mama lakukan untuk melatih ingatan. Coba ubah jadwal mengonsumsi vitamin atau belilah kotak pengingat pil.

Letakkan vitamin di tempat yang selalu terlihat. Mama juga dapat menyetel alarm setiap hari sebagai pengingat.

3. Konsumsi vitamin membuat Mama mengalami sembelit

3. Konsumsi vitamin membuat Mama mengalami sembelit
babycenter.com

Ketika sembelit terjadi karena vitamin prenatal, biasanya ini disebabkan oleh kadar zat besi yang dikandungnya. Mama dapat menggantinya dengan vitamin cair atau bahkan mengganti dengan merek lain yang kandungan zat besinya lebih sedikit. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vitamin yang paling tepat untuk Mama.

Atasi sembelit dengan mengatur makanan yang Mama konsumsi, hindari makanan yang memicu sembelit serta perbanyak serat.

4. Kesulitan untuk menelan vitamin

4. Kesulitan menelan vitamin
freepik.com/elnurfreepik

Tidak semua orang dapat dengan mudah mengonsumsi pil atau obat, terutama jika ukurannya cukup besar. Jika Mama mengalami kesulitan menelan vitamin, coba ganti merek atau potong pil menjadi dua. Mama juga dapat menggantinya dengan vitamin cair.

5. Sendawa berbau setelah mengonsumsi vitamin

5. Sendawa berbau setelah mengonsumsi vitamin
Freepik/ asier_relampagoestudio

Vitamin dapat menyebabkan sendawa berbau. Beberapa dokter menganjurkan agar Mama membagi tablet menjadi dua dan meminumnya pada waktu yang berbeda dalam sehari. Ini dapat mengurangi bau saat bersendawa, Ma.

Itulah beberapa masalah umum yang biasa dialami saat mengonsumsi vitamin prenatal. Mungkin ada banyak alasan mengapa vitamin prenatal tidak bekerja dengan baik untuk Mama. Jangan panik. Masalah ini biasa terjadi.

Konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu apakah vitamin prenatal yang berbeda mungkin bekerja lebih baik untuk Mama.

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bernutrisi dan penuhi asupan cairan, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.