Sering Mengalami Heartburn saat Hamil? Ini 6 Cara Alami Mengatasinya

Perubahan tubuh saat hamil menyebabkan ketidaknyamanan, salah satunya adalah heartburn

4 Desember 2020

Sering Mengalami Heartburn saat Hamil Ini 6 Cara Alami Mengatasinya
Freepik/Eddows-animator

Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan. Seringkali perubahan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan. Salah satunya adalah heartburn atau sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada.

Bagi sebagian ibu hamil, makanan pedas menjadi pemicunya. Sementara yang lain mengalaminya setelah makan besar, atau mengonsumsi buah tertentu.

Heartburnatau dikenal juga dengan refluks asam adalah gejala umum kehamilan, kata Nirmala Chandrasekaran, seorang OB / GYN di Rumah Sakit St. Michael di Toronto. Kondisi ini terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan menjadi lebih kendur karena hormon. Sehingga memungkinkan asam mengalir kembali.

Sistem pencernaan juga melambat selama kehamilan, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sembelit. Selain itu, tekanan janin yang sedang tumbuh di rahim dan ketidaknyamanan juga dapat menjadi penyebabnya.

Selain mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada beberapa cara alami untuk mengatasinya. Berikut enam obat alami untuk mengatasi heartburnsaat hamil yang dirangkum oleh Popmama.com. Apa saja, ya?

1. Jahe

1. Jahe
Freepik/jcomp

Dikenal untuk mengurangi mual, jahe juga dapat memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan, kata Erica Nikiforuk, seorang dokter naturopati di Toronto.

Jahe terbukti efektif dalam mengobati mual dan muntah, yang berhubungan dengan heartburn. Mama dapat mencoba memasukkan jahe ke dalam makanan, seperti memarutnya ke dalam tumisan atau merebusnya dalam air untuk membuat teh.

2. Cuka sari apel

2. Cuka sari apel
Freepik/Vasiliybudarin

“Orang cenderung menganggap cuka sangat asam, tetapi cuka sari apel sebenarnya cukup netral, sehingga bisa menenangkan asam,” jelas Carly Beaulieu, bidan di Edmonton.

Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air dan minum sekali sehari untuk meredakan heartburn secara alami.

Editors' Picks

3. Nanas dan pepaya

3. Nanas pepaya
pexels/AlizeeMarchand

Jika Mama mengalami heartburnkarena pencernaan melambat, makanan dengan enzim pencernaan, seperti nanas dan pepaya, mungkin bisa membantu, kata Nikiforuk dan Beaulieu.

Makanlah buah-buahan ini setelah makan untuk meningkatkan pencernaan. Selain baik untuk pencernaan, nanas dan pepaya juga kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh, Ma.

4. Teh herbal

4. Teh herbal
Freepik

Peppermint, slippery elm, dan akar marshmallow dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan dianggap aman selama kehamilan, kata Nikiforuk. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum meminum ramuan atau teh herbal apa pun saat hamil.

Cobalah menyesap teh ini setelah makan malam untuk melihat apakah teh ini berkhasiat.

5. Probiotik

5. Probiotik
Freepik/nensuria

Bakteri di usus menjaga kesehatan seluruh sistem pencernaan. Probiotik meningkatkan bakteri "baik" dalam sistem pencernaan untuk melawan bakteri "jahat".

Baik Nikiforuk dan Beaulieu menyarankan untuk mengonsumsi probiotik secara teratur untuk membantu meredakan heartburn. American Pregnancy Association menganggap probiotik aman selama kehamilan tetapi memperingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Olahraga

6. Olahraga
Pixabay/Pexels

Berjalan kaki 10 menit atau setengah jam setelah makan dapat meningkatkan pencernaan, kata Beaulieu. Memindahkan makanan melalui saluran pencernaan berarti mengurangi tekanan pada perut. Sehingga asam tidak akan naik ke kerongkongan.

Selain itu, olahraga juga baik untuk kebugaran selama hamil, Ma.

Nah, itu beberapa cara alami untuk mengatasi heartburn saat hamil. Jika masalah ini terus berlanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.