Daging Kalkun untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Cara Mengolahnya

Mama pernah coba?

2 Juli 2022

Daging Kalkun Ibu Hamil Manfaat Cara Mengolahnya
Freepik.com/timolina

Kalkun atau Turkey merupakan sejenis burung besar yang berasal dari Amerika Utara. Kalkun sendiri bukanlah bahan masakan yang umum digunakan di Indonesia karena mereka tidak terlalu populer.

Meskipun di Indonesia olahan daging kalkun tidak populer, berbagai negara di penjuru dunia sendiri menggunakan daging kalkun sebagai hidangan utama pada hari Natal dan juga Thanksgiving, Ma. Tentu saja Mama juga bisa menikmatinya tanpa harus menunggu hari perayaan tersebut.

Daging kalkun juga mengandung banyak nutrisi lho, Ma. Mengetahui cara yang benar untuk mengolahnya bisa membantu Mama untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari nutrisinya.

Berikut ini Popmama.com berikan informasi lengkapnya mengenai daging kalkun untuk ibu hamil: manfaat dan cara mengolahnya untuk Mama.

Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Daging Kalkun

Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Daging Kalkun
Freepik.com

Daging kalkun sedikit berbeda dengan daging ayam, namun nutrisi yang dimilliki kalkun tidak kalah bermanfaat. Mama bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh jika daging kalkunnya diolah dengan benar.

Berikut ini 5 manfaat kesehatan dari mengonsumsi daging kalkun beserta kandungan nutrisinya:

  • Kaya akan vitamin B seperti B6 dan B3 serta mineral seperti selenium dan fosfor yang berguna untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Asam amino dalam kalkun juga dapat membantu mengurangi gangguan reproduksi.
  • Kandungan vitamin B12 nya sangat penting untuk produksi DNA dan pembentukan sel darah merah.
  • Mengandung asam amino vital baik yang dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh per harinya.
  • 115 gram kalkun mengandung 32 gram protein berkualitas baik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein yang lebih tinggi selama kehamilan dan membantu Mama merasa lebih kenyang.
  • Bantu mengatasi diabetes. Kalkun adalah makanan indeks glikemik (GI) yang rendah. Oleh karena itu, daging kalkun tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah pada tubuh mama. Jika Mama menderita diabetes saat hamil, memasukkan kalkun ke dalam menu diet dapat membantu Mama menjaga gula darah tetap terkendali.

Editors' Picks

Rekomendasi Porsi Daging Kalkun serta Nutrisi per Porsi

Rekomendasi Porsi Daging Kalkun serta Nutrisi per Porsi
Freepik.com

Direkomendasikan untuk Mama agar mengonsumsi hanya 3 ons atau sekitar 85 gram daging kalkun per harinya. Ini dikarenakan dalam 85 gram daging kalkun mengandung satu gram lemak jenuh yang berarti 6% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Selain itu, kalkun mengandung triptofan - asam amino. Oleh karena itu, diet rendah triptofan direkomendasikan untuk Mama yang menderita psoriasis.

Untuk kandungan nutrisi dilansir melalui Webmd, dalam 85 gram satu porsi daging kalkun panggang tanpa kulit mengandung 145 gram kalori, 24 gram protein, dan 4 gram lemak, Ma.

Tips Memasak Daging Kalkun agar Dapat Dikonsumsi dengan Aman oleh Ibu Hamil

Tips Memasak Daging Kalkun agar Dapat Dikonsumsi Aman oleh Ibu Hamil
Freepik.com/valeria_aksakova

Karena daging kalkun adalah daging yang memerlukan perlakuan khusus saat diolah, Mama harus mengetahui beberapa tips memasak daging kalkun agar daging kalkun bisa dimakan dengan aman dan nutrisi yang ada di dalamnya dapat Mama rasakan setelahnya.

Melansir dari Momjunction, berikut ini beberapa tips memasak daging kalkun agar dapat dikonsumsi dengan aman:

  • Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Mama bisa memanggang dagingnya di oven dengan suhu 148 derajat celcius.
  • Jika suhu oven sudah mencapai 60 derajat, Mama bisa meningkatkan suhunya hingga 204 derajat celcius agar daging menjadi berwarna cokelat.
  • Untuk memastikan daging matang dengan baik, Mama bisa cek suhu internal daging kalkun menggunakan termometer baca instan. Daging kalkun yang sudah dimasak dengan baik akan memiliki suhu internal, yaitu 75 derajat celcius.
  • Saat mengecek suhu internal, pastikan alatnya tidak mencapai tulang karena Mama akan mendapatkan hasil yang salah.
  • Simpan kalkun dalam mode standby selama 20 menit agar matang sempurna.

Rekomendasi Menu dan Cara Mengolah Daging Kalkun agar Dapat Dinikmati

Rekomendasi Menu Cara Mengolah Daging Kalkun agar Dapat Dinikmati
Freepik.com/user14908974

Ada beberapa rekomendasi makanan berbahan dasar daging kalkun yang bisa Mama coba nih, Ma. Makanan tersebut di antaranya adalah sup daging kalkun dengan nasi merah, salad caesar turki, turki pot pie, serta roti lapis saus kalkun dan cranberry.

Selain daftar menu di atas, Mama bisa mencoba cara lain untuk menyajikan daging kalkun agar lebih dapat dinikmati. Beberapa cara tersebut di antaranya adalah:

  • Sate daging kalkun,
  • Quesadillas kalkun dan keju.
  • Tambahan topping di atas pasta,
  • Mengolahnya jadi menu kari kalkun,
  • Mengganti daging ayam ke daging kalkun saat membuat sup, semur, atau makanan berbahan dasar daging ayam lainnya,
  • Rendam dengan bumbu kombo yang berbeda atau gunakan dalam makanan Meksiko atau Italia.

Itulah tadi rangkuman mengenai daging kalkun untuk ibu hamil: manfaat dan cara mengolahnya. Pernahkah Mama mengonsumsi daging kalkun saat hamil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk