TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Panggilan Sayang untuk Bayi di Kandungan Terinspirasi dari Korea

Ada nama panggilan yang dibuat oleh member BTS juga lho, Ma

18 Agustus 2022

10 Panggilan Sayang Bayi Kandungan Terinspirasi dari Korea
Freepik/tirachardz

Taemyeong atau dalam tulisan Hangul yaitu 태명 adalah 'nama panggilan prakelahiran' yang digunakan oleh para orang tua di Korea Selatan untuk memanggil bayi mereka yang masih berada di dalam perut. 

Taemyeong sendiri dibuat agar orangtua bisa mengingat momen spesial mereka, dan dengan menggunakan taemyeong, mereka dapat lebih merasakan keberadaan sang Anak yang masih belum dilahirkan, Ma.

Biasanya nama panggilan ini juga tidak ditetapkan oleh sebuah peraturan, karena orangtua akan menamai bayi di dalam kandungan mereka dengan nama yang mereka buat sendiri.

Kira-kira, panggilan sayang apa saja yang pernah masyarakat Korea gunakan untuk bayi mereka yang masih di dalam kandungan?

Berikut Popmama.com telah merangkum 10 panggilan sayang untuk bayi di kandungan terinspirasi dari Korea yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Butter

1. Butter
Pixabay/rodeopix

Butter sendiri adalah julukan atau panggilan sayang yang diciptakan oleh salah satu member dari boyband BTS, yaitu Jin untuk anak dari sang Kakak.

Kenapa diberikan nama Butter? Karena pada saat sang kakak ipar dari Jin ini hamil, BTS sedang melakukan comeback terbarunya dengan judul lagu 'Butter'. Unik, ya, Ma?

Saat ini diketahui anak dari sang Kakak tersebut telah lahir pada bulan Maret 2022.

2. Jennie

2. Jennie
Instagram.com/jennierubyjane

Jennie adalah panggilan sayang yang digunakan oleh mantan member After School, yaitu Jung Ah. Panggilan ini tidak memiliki makna mendalam karena pada dasarnya Jung Ah mengambil referensi nama tersebut dari salah satu member BLACKPINK, Ma.

Jung Ah juga mengonfirmasi bahwa ia merupakan fans dari BLACKPINK dan ingin anaknya nanti akan memiliki kepribadian, paras dan kesuksesan seperti member BLACKPINK tersebut.

Tidak hanya Jung Ah, banyak juga masyarakat Korea Selatan yang memberikan nama panggilan kesayangan kepada bayi mereka di dalam perut menggunakan nama artis, Ma.

Wah, panggilan sayang yang satu ini juga bisa Mama gunakan jika Mama juga penggemar Jennie BLACKPINK.

3. Kingkong

3. Kingkong
Freepik.com/rawpixel.com

King Kong merupakan nama panggilan atau taemyeong yang dibuat oleh salah satu mantan keluarga yang hadir di acara ragam TV Korea yaitu 'The Return of Superman', Sam Hammington.

Dilansir melalui Kpopherald, Sam Hammington sendiri memberikan nama Kingkong untuk anak keduanya, yaitu William Hammington yang kala itu masih berada di dalam kandungan sang Istri.

Sam memberikan nama Kingkong, karena ia ingin William nantinya akan menjadi anak yang kuat, dapat dipercaya dan perhatian pada orang lain seperti karakter Kingkong di dalam film tersebut.

4. Dabok-i

4. Dabok-i
Freepik/drobotdean

Dabok-i memiliki arti, yaitu 'banyak berkah'. Orang Korea menggunakan nama panggilan ini dengan harapan bahwa anak yang mereka kandung nantinya akan memberikan keberkahan bagi keluarga mereka.

Editors' Picks

5. Kkomaengi

5. Kkomaengi
Freepik.com/jcomp

Kkomaengi (꼬맹이) merupakan nama panggilan yang umum digunakan di Korea Selatan, Ma. Arti dari kkomaengi sendiri adalah 'anak kecil'. Kata ini biasa digunakan oleh orang dewasa untuk memanggil anak-anak kecil dengan format santai atau dalam istilah koreanya, yaitu 'banmal'.

Meski begitu, banyak juga para orangtua yang menggunakan kata kkomaengi sebagai panggilan sayang untuk bayi mereka yang belum lahir lho, Ma!

Panggilan Sayang yang Berhubungan dengan Shio Macan

Panggilan Sayang Berhubungan Shio Macan
Popmama.com/Auliya

Dalam Tahun Baru China, tahun 2022 merupakan tahun Macan Air, Ma. Banyak masyarakat Korea Selatan yang menggunakan kata 'Macan' sebagai kata dasar atau referensi untuk taemyeong mereka.

'Macan' dalam bahasa Korea adalah 'horangi', dan mereka yang saat ini sedang mengandung pastinya telah mengetahui HPL atau Hari Perkiraan Lahir mereka di tahun 2022 ini, begitu juga yang sudah melahirkan.

Berikut ini ada beberapa panggilan sayang yang digunakan oleh warga Korea untuk memanggil si Bayi yang masih berada di dalam kandungan yang dilansir dari Naver.com.

Simak bersama ya, Ma!

1. Horaeng Gongju atau Putri Harimau

1. Horaeng Gongju atau Putri Harimau
Freepik.com/freepic.diller

호랭공주 atau dibaca dengan Horaeng Gongju memiliki arti yaitu Putri Harimau, Ma. Horaeng bisa diartikan menjadi 'harimau', sedangkan Gongju artinya 'putri'. Seperti namanya, panggilan sayang ini ditujukan untuk anak yang berjenis kelamin perempuan.

2. Parang-i

2. Parang-i
Unsplash.com/Ice Tea

Seorang netizen di laman blog naver.com mengatakan bahwa mereka memberikan nama panggilan bayi mereka dengan nama parang-atau dalam hangul ditulis menjadi 파랑이. 'Pa' berarti papan selancar dan 'rang' merupakan singkatan dari 'horang-i' yang berarti harimau/macan (shio tahun 2022).

Alasan mereka menamakan bayi mereka parang-i adalah karena mereka ingin sang Anak yang lahir di tahun ini nantinya akan menjadi 'anak pantai', dan mereka berharap sang Anak akan tumbuh sebagai seorang peselancar.

3. Hodu

3. Hodu
Unsplash.com/mana5280

Sebenarnya, hodu (호두) dalam bahasa Korea memiliki arti, yaitu kacang walnut (kenari). Namun, hodu jika disingkat juga bisa diartikan sebagai 'sang pemimpin di kalangan harimau' lho, Ma.

Kata 'ho' dalam hodu di ambil dari kata 'horangi', yaitu harimau, sedangkan 'du' dalam 'hodu' diambil dari kata 'udu mori', yang artinya ketua kelompok.

Unik sekali ya, Ma!

4. Hoya

4. Hoya
Freepik/Wirestock

Hoya adalah salah satu nama panggilan yang paling sering direkomendasikan oleh warga Korea dan juga merupakan nama yang sederhana, Ma.

Hoya merupakan singkatan dari 'horangi' sedangkan kata 'ya' adalah sebuah kata imbuhan yang digunakan untuk memanggil seseorang.

5. Hoto

5. Hoto
gamesbras.com

Hoto dalam tulisan hangul ditulis seperti 호또. Panggilan ini memiliki makna harapan agar sang anak nantinya datang dengan membawa lotre (kekayaan yang melimpah).

Sama seperti panggilan lain, kata 'ho' dalam hoto diambil dari kata 'horangi' yang berarti macan, sedangkan 'to' adalah singkatan dari pelafan lotre dalam bahasa Korea, yaitu 'lotto' (로또).

Nah, itulah tadi 10 panggilan sayang untuk bayi di kandungan terinspirasi dari Korea. Apakah Mama tertarik untuk menggunakan nama-nama di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk