9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Kaya akan manfaat, ibu hamil direkomendasikan memakai minyak zaitun

17 Oktober 2019

9 Manfaat Minyak Zaitun Ibu Hamil
Freepik

Kandungan minyak zaitun memang baik untuk kesehatan, pantas saja bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula pada ibu hamil, minyak zaitun bisa digunakan sebagai olesan tubuh atau dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan untuk memasak.

Berikut Popmama.com sebutkan kandungan minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil:

Dalam 100 gram minyak zaitun diketahui terdapat 884 kalori yang terkandung. Selain itu terdapat juga mineral serta vitamin A dan E serta kandungan lemak tak jenuh.

Satu sendok makan minyak zaitun atau setara dengan 14 g, menurut USDA mengandung gizi berikut :

  • Kalori 120
  • Total Lemak 14 g
  • Lemak jenuh 2.2 g
  • Lemak tak jenuh ganda 1,8 g

Setelah mengetahui kandungan minyak zaitun, yuk Ma ketahui manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang berikut ini:

1. Membantu melancarkan proses persalinan

1. Membantu melancarkan proses persalinan
Unsplash/Piron Guillaume

Proses kelahiran juga diketahui bisa membantu kelancaran Moms dalam bersalin. Kandungan vitamin K nya memiliki potensi tinggi untuk mendukung proses koagulasi darah Moms.

Mekanisme inilah yang bisa membantu Moms saat persalinan nantinya.

Vitamin C dalam minyak zaitun pun bisa membantu menjaga sirkulasi darah sehingga bisa memasok oksigen ke otak dan organ lain yang penting untuk kelahiran sehat.

2. Mengurangi stretch mark

2. Mengurangi stretch mark
livin3.com

Bunda khawatir stretch marks akan membekas? Cobalah aplikasikan minyak zaitun secara konsisten agar stretch marks tersebut bisa tersamarkan. Pastikan Bunda mengoleskannya pada perut, pinggul, dan payudara.

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun seperti polifenol, akan efektif mencegah masalah pada ibu hamil seperti stretch mark.

3. Mencegah penyakit jantung dan kolesterol

3. Mencegah penyakit jantung kolesterol
storyfox.ru

Dalam minyak zaitun terdapat asam oleat yang diketahui bisa mencegah penumpukkan plak pada dinding arteri. Pada akhirnya kondisi tersebut bisa mencegah kamu dari penyakit jantung yang membahayakan.

4. Mencegah infeksi

4. Mencegah infeksi
Freepik

Kandungan vitamin A dalam zaitun akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang infeksi. Bumil bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan rutin konsumsi minyak zaitun.

Editors' Picks

5. Perkembangan ginjal dan pankreas janin

5. Perkembangan ginjal pankreas janin
Unsplash/Omar Lopez

Minyak zaitun pun kaya akan vitamin E yang tinggi serta cukup tahan pada proses oksidasi. Vitamin E adalah salah satu komponen yang membantu bayi mama beradaptasi lebih baik di lingkungan yang dipenuhi oksigen, saat ia lahir.

Konsumsi minyak satu ini pun menjadi disarankan, khususnya bagi ibu dengan riwayat melahirkan bayi prematur. Mengonsumsinya secara rutin diketahui bisa membantu bayinya untuk mengembangkan ginjal dan pankreas yang lebih baik.

6. Perkembangan otak janin

6. Perkembangan otak janin
Pixabay/Sbtlneet

Mengonsumsi minyak zaitun selama kehamilan pun memiliki manfaat besar bagi perkembangan otak janin, lho, Ma. Kandungannya diketahui bisa meningkatkan fungsi dan perkembangan otak.

Selain itu diketahui kebiasaan baik ini bisa meningkatkan keterampilan belajar bayi kamu saat ia tumbuh.

7. Perkembangan jantung janin dan berat janin sehat

7. Perkembangan jantung janin berat janin sehat
Pixabay/PublicDomainPictures

Kandungan omega-3 dalam minyak zaitun diketahui bisa menunjang kesehatan jantung janin. Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur selama kehamilan diketahui berdampak positif terhadap panjang dan berat janin.

Menurunkan risiko bayi prematur

Mengonsumsinya minyak zaitun secara rutin rupanya bisa menurunkan risiko janin lahir prematur. Hal ini karena minyak zaitun kaya akan Vitamin E yang bertindak untuk menurunkan risiko bayi prematur.

Selain itu, vitamin ini juga menambahkan nutrisi yang dapat diterima bayi melalui menyusui dan membantu fungsi ginjal dan pankreas dengan baik.

8. Perkembangan sistem syaraf janin

8. Perkembangan sistem syaraf janin
Unsplash/Riya Goel

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil jika diminum selama kehamilan bisa membawa efek positif untuk kesehatan janin. Minyak zaitun kaya akan lemak sehat, atau Omega-3, yang penting untuk menghasilkan sistem saraf dan kekebalan yang sehat pada bayi. 

Konsumsi minyak zaitun sangat bermanfaat pada trimester kehamilan terakhir seperti saat sistem saraf bayi berkembang.

Lemak sehat juga membantu perkembangan intelektual dan perkembangan jantung yang sehat.

Baca juga: 

9. Meringankan puting pecah-pecah

9. Meringankan puting pecah-pecah
Unsplash/Rishab Lamichhane

Saat jelang persalinan atau ketika menyusui, Bunda mungkin akan mengalami kulit pecah-pecah di sekitar puting. Mengoleskan minyak zaitun akan membantu meredakannya.  

Itulah kandungan dan manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil. Jangan ragu untuk memakainya ya Ma. Minyak zaitun juga mudah ditemukan dan bisa di dapat di supermarket.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!