Bikin Bugar, Inilah 5 Manfaat Olahraga Pilates untuk Ibu Hamil

Olahraga yang satu ini bisa membantu posisi bayi agar tepat saat menuju proses persalinan

3 Desember 2020

Bikin Bugar, Inilah 5 Manfaat Olahraga Pilates Ibu Hamil
Freepik

Ketika hamil, Mama justru disarankan lebih banyak bergerak fisik meski hanya gerakan yang ringan. Alih-alih tiduran, untuk Mama yang kehamilannya sehat, beraktivitas fisik dapat mendukung proses persalinan agar tubuh lebih fleksibel. 

Salah satu olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah pilates. Pilates adalah olahraga low-impact yang memadukan fleksibilitas dan latihan kekuatan, serta menggabungkannya dengan kekuatan tubuh dan pikiran. Ditemukan oleh Joseph Pilates, berikut ini Popmama.com merangkum manfaat pilates untuk ibu hamil, dilansir dari Momjunction:

1. Membantu memperkuat otot perut

1. Membantu memperkuat otot perut
Freepik/Yanalya

Hormon relaxin yang dilepaskan selama kehamilan, membuat ligamen menjadi sangat fleksibel. Fleksibilitas membuat pinggul, otot panggul, dan punggung bawah rentan cedera. 

Pilates dapat mengatasi kelemahan pada ligamen ini dengan berfokus pada otot perut bagian dalam dan gluteus. Dengan rutin latihan pilates, maka dapat meningkatkan stabilitas di daerah pinggung, panggul, dan punggung bawah, sehingga meminimalkan rasa sakit dan cedera dalam proses persalinan.

Editors' Picks

2. Membangun dasar panggul

2. Membangun dasar panggul
Freepik/yanalya

Saat hamil dan melahirkan, kekuatan panggul sangatlah penting. Pilates dapat mendorong untuk memperkuat area dasar panggul sehingga dapat menopang rahim kandung kemih, dan usus dengan baik. Hal ini cukup krusial lho, Ma, terutama saat bayi bergerak ke bawah seiring bertambah berat badannya. Dengan dasar panggul yang kuat maka dapat mencegah risiko inkontinensia saat Mama bersin atau batuk.

3. Melatih pernapasan

3. Melatih pernapasan
Freepik/Cookie-studio

Pernapasan adalah elemen kunci dalam melakukan pilates. Latihan pilates rutin sama artinya dengan melatih pernapasan yang berguna selama kehamilan dan persalinan. Terutama saat perut semakin membesar, punggung atas biasanya terasa makin kaku dan itu menghalangi pernapasan. Pilates akan meningkatkan fleksibilitas di area ini dan memudahkan pola pernapasan mama. 

4. Meningkatkan keseimbangan

4. Meningkatkan keseimbangan
Diaryofafitmommy.com

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan keseimbangan dirinya yang buruk ketika hami. Hal ini wajar kok, Ma, karena tubuh yang semakin berat dan pengaruh gravitasi. Nah, jika Mama melakukan pilates, maka dapat memperkuat inti tubuh, meningkatkan stabilitas dan keseimbangan, sehingga Mama pun bisa lebih lincah dan aman saat bergerak.

5. Mengurangi ketegangan dan membantu posisi bayi

5. Mengurangi ketegangan membantu posisi bayi
Freepik

Dalam salah satu gerakan pilates, terdapat posisi berlutut empat titik yang bertumpu pada tangan dan lutut. Gerakan ini dapat membantu mengurangi beban berlebih pada panggul dan punggung bawah mama. Gerakan ini pula dapat membantu bayi mendapat posisi yang tepat saat akan tiba waktunya persalinan.

Itulah manfaat pilates untuk ibu hamil. Mama bisa melakukan pilates selama kehamilan, asalkan dokter menganggapnya aman untuk Mama. Meskipun pilates biasanya aman dan gerakannya lembut, Mama tidak boleh memaksakan tubuh terlalu banyak melakukan peregangan. Rangkaian gerakan yang dilakukan pun harus dimodifikasi agar sesuai dengan tingkat toleransi tubuh mama. 

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.