Bikin Risih, Ini Lho Penyebab Mulut Kering saat Hamil

Mulut kering ini lazim dialami para ibu hamil karena berbagai faktor perubahan tubuh

18 September 2020

Bikin Risih, Ini Penyebab Mulut Kering saat Hamil
freepik.com/user18526052

Perubahan kondisi tubuh sangat lazim terjadi ketika hamil. Tak terkecuali kondisi mulut dan gigi mama. Mulut yang kering merupakan keluhan yang biasanya muncul dan membuat Mama merasa tak nyaman. Kondisi ini disebut dengan xerostomia. 

Xerostomia adalah kondisi yang timbul karena berkurangnya produksi air liur dari kelenjar ludah. Air liur diperlukan untuk melumasi jaringan mulut dan melindungi mukosa. Penurunan produksi air liur membuat kita akan sulit mengunyah, menelan, bahkan menyebabkan kerusakan gigi dan berbagai infeksi mulut. 

Berikut Popmama.com merangkum informasi seputar mulut kering saat hamil dan penyebabnya, dilansir dari Momjunction:

Gejala Mulut Kering

Gejala Mulut Kering
Freepik/ asier_relampagoestudio

Mulut kering atau xerostomia dapat dideteksi lewat beberapa gejala, antara lain:

  • Lidah kering dan berwarna putih pucat,
  • sariawan,
  • sakit tenggorokan,
  • rasa lengket dalam mulut,
  • bau mulut,
  • bibir pecah-pecah,
  • tenggorokan kering,
  • rasa haus berlebihan,
  • perubahan indera perasa,
  • sensasi terbakar.

Penyebab mulut kering saat hamil di antaranya adalah:

Editors' Picks

1. Dehidrasi

1. Dehidrasi
freepik/freepik

Kurangnya asupan cairan menyebabkan tubuh tidak memproduksi air liur yang cukup, sehingga mulut terasa kering. Selama kehamilan, Mama perlu banyak minum untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, air juga berperan penting untuk mendukung sirkulasi janin, air ketuban, dan mengelola volume darah. Apabila Mama mengalami kelelahan, kepala pusing dan pening, serta air seni yang berwarna kuning pekat, bisa jadi Mama sedang mengalami dehidrasi. Segeralah minum air putih ya, Ma.

2. Peningkatan hormon dan volume darah

2. Peningkatan hormon volume darah
freepik.com/alexkoral

Ketika hamil, Mama mengalami perubahan hormon. Begitu pula dengan volume darah yang meningkat. Inilah yang mengakibatkan Mama jadi lebih sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil yang sering inilah yang menyebabkan cairan dalam tubuh berkurang. Jika tidak cukup digantikan dengan asupan air yang ideal, maka tubuh akan mengalami kekurangan produksi air liur yang menyebabkan mulut kering.

3. Diabetes gestational

3. Diabetes gestational
Pexels/PhotoMIX Ltd

Diabetes gestational merupakan kondisi di mana ibu hamil mengalami peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes gestational juga bisa menyebabkan mulut kering lho, Ma. Gejala lain diabetes gestational yang perlu mendapat perhatian adalah rasa haus yang berlebih, sering buang air kecil, kelelahan, pandangan kabur, dan infeksi pada saluran kemih.

4. Mual dan muntah

4. Mual muntah
tasogs.com

Di awal-awal kehamilan, Mama mungkin mengalami mual dan muntah karena morning sickness. Muntah menciptakan lingkungan di dalam mulut yang asam. Apabila produksi air liur tidak cukup untuk membersihkan cairan asam dalam mulut, maka mulut akan terasa kering.

Itulah penyebab mulut kering saat hamil yang sedang Mama alami. Apabila Mama merasakan mulut kering selama kehamilan, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih.

Selain itu, menyesap es batu juga bisa menolong memberikan kelembapan di dalam mulut. Penggunaan pelembap udara dapat pula mengurangi rasa kering di mulut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mulut selama kehamilan ya, Ma.

Apabila Mama merasa kondisi kesehatan mama ini tidak normal dan tidak dapat diatasi dengan pengobatan rumahan, segera hubungi dokter agar dapat ditangani dengan tepat. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.