Berbahayakah Tinja Berwarna Gelap setelah Konsumsi Suplemen Prenatal?

Seminggu setelah konsumsi suplemen prenatal, kok rasanya ada yang aneh ya?

12 April 2021

Berbahayakah Tinja Berwarna Gelap setelah Konsumsi Suplemen Prenatal
Freepik/Spukkato

Selama kehamilan, tubuh Mama perlu mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang optimal. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, asupan vitamin dan mineral sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Maka itu, di masa kehamilan ini, dokter mungkin menganjurkan Mama untuk mengonsumsi suplemen prenatal guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Suplemen prenatal mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk melindungi Mama dan bayi dari kekurangan nutrisi. Namun, sebagian wanita hamil mengeluhkan perubahan warna tinja selama mengonsumsi suplemen prenatal. Berbahayakah hal tersebut? 

Berikut Popmama.com mengupas serba-serbi konsumsi vitamin prenatal dan dampaknya terhadap pencernaan, dilansir dari livestrong.com:

Penyebab Perubahan Warna Tinja

Penyebab Perubahan Warna Tinja
Freepik/Eva058929

Pada sebagian besar kasus, perubahan warna tinja yang terjadi selama mengonsumsi suplemen prenatal berhubungan dengan kandungan zat besi pada suplemen tersebut. Ibu hamil biasanya mengalami anemia karena volume darah yang meningkat hingga 50 persen. 

Dibutuhkan lebih banyak zat besi untuk memproduksi hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke plasenta. Suplemen prenatal biasanya mengandung lebih banyak zat besi ketimbang vitamin dan suplemen reguler. Umumnya, suplemen prenatal mengandung 27-30 mg zat besi, lebih banyak dibandingkan dengan suplemen yang biasa, yaitu 18 mg.

Editors' Picks

Gejala Gastrointestinal Umum

Gejala Gastrointestinal Umum
Freepik/dragana-gordic

Perubahan warna tinja yang umum terjadi ketika Mama mengonsumsi suplemen prenatal adalah warna yang lebih gelap dari biasanya. Gejala lain yang mengiringi biasanya konstipasi dan kemungkinan diare. 

Gangguan perut, mual, muntah, dan mulas juga dapat terjadi setelah Mama mengonsumsi suplemen prenatal dengan zat besi. Untuk mengantisipasinya, Mama bisa mengonsumsi setengah dosis suplemen untuk beberapa hari pertama, atau mengonsumsinya sebelum tidur. Tindakan ini dapat mencegah sakit perut dalam beberapa kasus.

Jika Mama mengalami perut mulas, hindari mengonsumsi suplemen prenatal sebelum tidur. Hal ini dapat membuat gejala sakit perut semakin memburuk. Apabila Mama mengalami sembelit, obat pelunak tinja dapat membantu melancarkan buang air besar.

Apakah Kondisi Ini Membahayakan Kehamilan?

Apakah Kondisi Ini Membahayakan Kehamilan
Freepik/Vgstockstudio

Warna tinja yang lebih gelap dari kondisi normal yang disebabkan karena konsumsi suplemen zat besi, tidak menyebabkan masalah selama kehamilan. Faktanya, tinja yang lebih gelap menunjukkan bahwa tubuh mama mampu menyerap zat besi. Justru ini adalah tanda positif dari penyerapan zat besi yang baik. Suplemen yang dilapisi atau long-acting pills menyebabkan sebagian besar masalah tinja berwarna gelap pada ibu hamil.

Awas, Jangan Sampai Overdosis

Awas, Jangan Sampai Overdosis
Freepik/jcomp

Selama kehamilan tubuh mama memang membutuhkan nutrisi ekstra. Tapi awas, jangan sampai overdosis karena dapat menyebabkan perdarahan internal. Perdarahan internal dapat menyebabkan tinja menjadi lengket dan sulit buang air besar. Apabila Mama merasa ragu terhadap kondisi tinja berwarna gelap yang Mama alami, temui dokter untuk menguji kemungkinan adanya darah pada tinja. 

Efek samping dari suplemen prenatal ini mungkin membuat tidak nyaman sehingga Mama memutuskan untuk berhenti mengonsumsinya. Tetapi bagi ibu hamil yang terindikasi anemia, sebaiknya berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan anjuran suplemen lainnya. Ini penting, Ma, karena anemia pada saat hamil dalam meningkatkan risiko kelahiran prematur atau kelahiran dengan berat badan rendah.

Semoga informasi ini memberikan wawasan Mama dalam menjaga kesehatan selama kehamilan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.