Ini 5 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Selain enak, ternyata buah ini tinggi vitamin C untuk ibu hamil lho

23 Mei 2020

Ini 5 Manfaat Manggis Kesehatan Ibu Hamil
pixabay.com/4537668

Saat hamil, tubuh mama maupun sang Bayi dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang. Salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang dianjurkan adalah mengonsumsi buah-buahan.

Beruntunglah kita tinggal di Indonesia, di mana banyak sekali buah-buahan tumbuh subur. Salah satu buah tropis yang mudah ditemukan adalah manggis. Buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini punya warna ungu yang sangat cantik dengan daging buah berwarna putih dengan rasa asam manis yang menyegarkan.

Ternyata, buah manggis bukan hanya enak di lidah saja. Melainkan juga punya serangkaian manfaat untuk ibu hamil. Berikut Popmama.com merangkum manfaatnya, dilansir dari MomJunction:

1. Mengurangi risiko cacat lahir pada bayi

1. Mengurangi risiko cacat lahir bayi
aussietaste.recipes

Manggis kaya akan folat. Satu cangkir penyajian manggis mengandung 61 mikrogram folat. Folat berperan penting untuk mencegah risiko cacat lahir. Selain itu, manggis juga dapat mencegah cacat pada saraf serta otak bayi. 

Editors' Picks

2. Mendukung pertumbuhan janin

2. Mendukung pertumbuhan janin
Freepik/freestockcenter

Manggis adalah buah yang kaya akan mineral mangan yang merupakan nutrisi penting yang diperlukan janin. Mineral mangan berperan dalam proses pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin. 

Dengan mengonsumsi satu cangkir jus manggis segar selama kehamilan, tubuh Mama mendapatkan asupan sekitar 0,2 mg mangan. Sifat antioksidan dalam secangkir jus manggis juga melindungi Mama dan si Kecil dari kerusakan sel.

3. Memperkuat sistem imun

3. Memperkuat sistem imun
Freepik/suksao

Selain jeruk dan tomat, ternyata manggis juga merupakan buah yang tinggi akan vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang krusial untuk kesehatan janin dalam kandungan. 

Dalam satu cangkir buah manggis segar terkandung sekitar 5,7 mg nutrisi. Jumlah ini cukup untuk memperkuat sistem imun, meminimalisir infeksi berbahaya yang dapat membahayakan janin.

4. Mengendalikan gula darah

4. Mengendalikan gula darah
pixabay.com/GoPlaces

Mengonsumsi manggis terbukti dapat membantu mengendalikan tingkat gula darah secara efektif. Dengan begitu, tubuh mama dapat terlindungi dari efek buruk selama kehamilan. Tak heran bila manggis merupakan buah yang diandalkan untuk pengobatan rumahan penderita diabetes.

5. Mencegah sembelit

5. Mencegah sembelit
Freepik/suksao

Separuh dari wanita hamil mengeluhkan dirinya mengalami sembelit yang menyiksa selama kehamilan. Manggis dapat mengatasi rasa tak nyaman akibat sembelit sekaligus mencegah agar sembelit tidak terjadi lagi. Satu cangkir manggis segar mengandung 3,5 gram serat yang dapat memperlancar pergerakan usus. Selain itu, serat dalam buah manggis juga mampu meminimalisir risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia.

Sejauh ini manggis merupakan buah yang aman dimakan saat hamil. Namun, sama seperti makanan-makanan lainnya, meskipun manggis memiliki banyak manfaat untuk kehamilan, sebaiknya konsumsi dalam jumlah wajar ya, Ma. 

Semoga informasi ini membantu dan selamat menikmati segarnya buah manggis.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.