TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Cara Mudah Memprediksi Jenis Kelamin Bayi, Bisa Dilakukan di Rumah

Berbagai cara ini bisa Mama coba di rumah untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi

17 Agustus 2022

9 Cara Mudah Memprediksi Jenis Kelamin Bayi, Bisa Dilakukan Rumah
Freepik/Tirachardz

Jenis kelamin bayi biasanya mulai bisa diketahui pada trimester kedua kehamilan melalui USG. Selain lewat USG, Mama juga bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil lewat tes sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tes ini sudah ada sejak dulu sebelum teknologi berkembang seperti saat ini namun masih digunakan dan dipercaya hingga saat ini.

Hasilnya memang mungkin tidak 100 persen akurat, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba sambil menunggu si Kecil lahir.

Di bawah ini Popmama.comtelah merangkum dari BabyCenter cara mudah memprediksi jenis kelamin bayi yang bisa dicoba di rumah.

1. Perhatikan jenis makanan apa yang Mama inginkan

1. Perhatikan jenis makanan apa Mama inginkan
Freepik.com

Cara memprediksi jenis kelamin bayi yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis makanan apa yang Mama inginkan.

Jika Mama terus-menerus menginginkan dan mengonsumsi makanan asin, seperti daging, keju, atau makanan asin lainnya, kemungkinan Mama bakal memiliki bayi laki-laki.

Sementara jika Mama selalu menginginkan makanan manis, seperti buah-buahan, dan kue kering yang manis, Mama kemungkinan bakal dikaruniai bayi perempuan.

2. Perhatikan berat badan pasangan

2. Perhatikan berat badan pasangan
Pexels/Meruyert Gonullu

Pertambahan berat badan ibu hamil merupakan suatu hal yang normal dan sehat, tapi bagaimana jika berat pasangan mama juga ikut bertambah?

Konon, jika sang suami tidak merasakan mual dan berat badannya ikut bertambah, maka kemungkinan bayi mama berjenis kelamin perempuan nantinya.

Namun, jika suami mengalami morning sickness dan berat badannya tidak bertambah, maka itu tandanya Mama akan memiliki anak laki-laki.

3. Coba dengan baking soda

3. Coba baking soda
Freepik

Memprediksi jenis kelamin bayi lewat baking soda juga bisa jadi pilihan. Caranya cukup sederhana, Ma. Alat dan bahan yang dibutuhkan hanya baking soda, gelas, dan sendok.

Langkah pertama, masukkan satu atau dua sendok makan baking soda ke dalam gelas. Setelah itu, masukkan urine mama ke dalam gelas tersebut.

Nah, jika saat disatukan hasilnya mendesis atau terlihat ada busa, konon Mama akan memiliki anak laki-laki. Namun jika saat baking soda dan urin disatukan tidak menimbulkan reaksi, maka Mama akan punya anak permpuan.

Editors' Picks

4. Tanyakan pada anak-anak

4. Tanyakan anak-anak
Pexels/samerdaboul

Cara memprediksi jenis kelamin bayi lainnya adalah dengan bertanya pada anak kecil, Ma. Teori kuno ini menyatakan bahwa jika Mama bertanya pada anak kecil dan mereka menunjukkan minat atau tertarik pada perut mama, maka janin yang ada dalam kandungan adalah anak perempuan.

Sedangkan jika anak kecil tersebut tampaknya tidak tertarik, konon Mama akan memiliki anak laki-laki.

5. Perhatikan bentuk tubuh dan wajah mama

5. Perhatikan bentuk tubuh wajah mama
Freepik/yanalya

Menurut kepercayaan tradisional Amerika Latin, jenis kelamin bayi dapat diprediksi melalui bentuk tubuh dan wajah mama.

Nah, apakah Mama merasa bahwa seiring usia kehamilan mama bertambah, wajah mama semakin terlihat bulat? Jika iya, Mama berarti akan memiliki anak perempuan.

Jika bentuk wajah mama tidak berubah, tetapi bagian belakang tubuh mama semakin membesar dan lebih bulat, maka Mama akan memiliki seorang anak laki-laki.

6. Prediksi jenis kelamin bayi menggunakan sendok dan garpu

6. Prediksi jenis kelamin bayi menggunakan sendok garpu
Pixabay/KRiemer

Selanjutnya, cara mudah untuk mengetahui jenis kelamin bayi adalah dengan menggunakan sendok dan garpu.

Caranya, tutup mata mama kemudian mintalah seseorang menempatkan sendok di salah satu kursi, dan garpu di kursi lainnya. Jika sudah, Mama harus memilih kursi yang telah disimpan alat makan tersebut untuk Mama duduki dengan mata tertutup.

Nah, jika ternyata Mama memilih di kursi dengan sendok, berarti Mama akan memiliki anak perempuan, sementara jika Mama memilih kursi dengan garpu, maka kemungkinan mama bakal memiliki anak laki-laki.

7. Prediksi melalui arah tendangan tangan bayi

7. Prediksi melalui arah tendangan tangan bayi
Pexels/freestocks.org

Menurut salah satu tes gender China, bayi yang lahir kelak adalah bayi laki-laki jika tangan kanannya menendang sisi kiri perut mama setelah bulan ketujuh. Sedangkan jika janin menendang sisi kanan, maka Mama akan dikaruniai perempuan.

8. Gunakan tes cincin

8. Gunakan tes cincin
Freepik

Untuk melakukan tes ini, Mama memerlukan cincin dan juga sebuah kalung. Cara pertama, masukkan dan talikan cincin pada kalung tersebut. Kemudian pegang kalung tersebut di atas perut mama.

Jika cincin bergerak secara melingkar, konon bayi di perut mama adalah bayi perempuan. Jika cincin itu berayun secara bolak-balik, maka itu adalah bayi laki-laki.

9. Prediksi jenis kelamin bayi denan kalender Cina

9. Prediksi jenis kelamin bayi denan kalender Cina
Lazada

Cara menyenangkan terakhir yang mungkin bisa Mama coba adalah dengan menggunakan kalender China, melalui susunan data yang ada di dalam tabel.

Cara ini cukup sulit untuk dilakukan sehingga biasanya Mama membutuhkan seseorang yang bisa menghitung atau membaca kalender China ini.

Nah, itu tadi cara mudah memprediksi jenis kelamin bayi yang bisa dicoba di rumah. Tes-tes ini memang belum bisa memberikan hasil yang sangat akurat, namun tidak ada salahnya jika Mama ingin mencobanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk