5 Hal yang Perlu Diperhatikan Suami Menjelang Persalinan Istri

Ada berbagai hal yang perlu diketahui nih, Pa!

28 Februari 2021

5 Hal Perlu Diperhatikan Suami Menjelang Persalinan Istri
Pexels/mikoto.raw

Saat menjelang momen persalinan istri, seorang suami perlu menjadi sosok yang siaga dan sigap dalam menjalani berbagai situasi. Bagi seorang istri tidak ada yang lebih penting dari dukungan penuh dari orang terdekat, terutama pasangan.

Ketika ini merupakan persalinan pertama, tak jarang seorang suami mengalami kebingungan karena momen tersebut menjadi pengalaman perdana. Situasi panik bisa saja muncul, sehingga melupakan hal-hal penting yang seharusnya dapat dijalani dengan baik. 

Jangan khawatir, kali ini Popmama.com akan menjabarkan hal-hal yang penting untuk seorang suami ketahui. Ini perlu dipersiapkan agar lebih sigap menemani pasangan menjelang momen persalinan ya, Pa. 

1. Membangun komunikasi yang baik dengan dokter atau bidan

1. Membangun komunikasi baik dokter atau bidan
Freepik/senivpetro

Sebagai sosok suami yang siaga saat istri hamil tua penting sekali untuk membangun komunikasi yang baik dengan dokter atau bidan. Walau terkesan sederhana, namun komunikasi Ini sangat penting dibangun untuk siapa saja yang mengetahui kondisi kesehatan istri dan si Kecil di dalam kandungan. 

Ketika komunikasi tersebut terjalin dengan baik, maka masa-masa kehamilan dan persiapan persalinan istri bisa terus sama-sama dijaga. 

Papa bisa memonitor perkembangan janin, sementara dokter atau bidan juga akan mendapat informasi terkini tentang kondisi Mama selama di rumah. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi kesehatan sekaligus mempermudah pengambilan tindakan.

Editors' Picks

2. Jadilah pengingat untuk istri

2. Jadilah pengingat istri
Freepik/Vgstockstudio

Menjelang persalinan, ibu hamil biasanya akan mengatakan banyak hal yang diinginkan terkait berbagai prosedur untuk menyambut si Kecil. Semakin dekat dengan hari persalinan, maka kemungkinan besar istri tak jarang lupa detail-detail penting yang perlu dipersiapkan atau dibicarakan. 

Maka dari itu, pasangan perlu menjadi pengingat dan lebih memerhatikan kebutuhan menjelang persalinan. Papa juga bisa menggunakan catatan khusus untuk menghindari lupa, terutama saat momen-momen panik karena istri akan segera melahirkan. 

3. Dengarkan permintaan pasangan dengan seksama

3. Dengarkan permintaan pasangan seksama
Freepik/drobotdean

Kebanyakan suami bersikap cuek atau terlalu khawatir ketika menjelang persalinan sang Istri. Padahal perhatian yang kurang atau justru berlebih sama-sama tidak disukai pasangan lho, Pa.

Maka dari itu, cobalah untuk mendengar dengan seksama apa yang dibutuhkan oleh pasangan. Misalnya saja saat Mama butuh untuk dibuatkan atau dibelikan makanan tertentu. Sebagai pasangan, Papa tidak ada salahnya untuk menuruti keinginan pasangan yang sedang hamil tua. 

Selain itu, berikan pijatan di kepala agar pasangan lebih rileks.Intinya, dengarkan pasangan dan percayalah pada permintaannya.

4. Selalu menjadi suami yang siap siaga

4. Selalu menjadi suami siap siaga
Pexels/JonathanBorba

Keberadaan suami memang sangat dibutuhkan untuk perempuan, termasuk pada masa-masa menuju persalinan. 

Selain terus memberikan perhatian ke pasangan, usahakan untuk selalu siap siaga di berbagai momen menjelang kelahiran si Kecil. Kebutuhan pasangan pun perlu dipersiapkan dengan baik.

Apabila Papa kesulitan untuk menemani pasangan atau sedang bekerja di luar kota, pastikan Mama ditemani oleh orang terdekat atau asisten khusus yang dapat dipantau. Pastikan pasangan bersama dengan orang yang bisa diandalkan di setiap waktu, walau Papa hanya bisa memantaunya dari jarak jauh.

5. Kontrol rasa kantuk saat mendekati hari-hari persalinan

5. Kontrol rasa kantuk saat mendekati hari-hari persalinan
Freepik/yanalya

Istirahat yang cukup memang penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri, terutama ketika ingin menemani pasangan menjelang hari persalinan. 

Hanya saja sebelum momen persalinan tiba, usahakan untuk tetap terjaga sebelum pasangan tertidur terlebih dahulu dan cepat bangun ketika ia butuh bantuan. Dengan begitu, Mama dan janin akan merasa lebih aman terlindungi karena memiliki sosok Papa yang selalu menjaga dan cekatan.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu suami ketahui agar tidak kebingungan menghadapi masa-masa menjelang persalinan. Semoga bisa bermanfaat ya, Pa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.