5 Persiapan Penting yang Wajib Diingat Menjelang Persalinan

Jangan lewatkan lima daftar persiapan penting ini sebelum melahirkan si Kecil!

28 Februari 2021

5 Persiapan Penting Wajib Diingat Menjelang Persalinan
Pexels/freestocks.org

Menginjak trimester ketiga, Mama sudah harus mulai memiliki daftar hal-hal yang harus diurus dan dipersiapkan sebelum hari besar datang. Dengan mempersiapkan segala kebutuhan dari jauh-jauh hari, maka pikiran akan lebih tenang termasuk apabila terjadi momen krusial menjelang persalinan.

Untuk membantu Mama bersiap-siap menjelang persalinan si Kecil, kali ini Popmama.com telah membuat beberapa daftar hal penting yang perlu dipersiapkan. Daftar ini diharapkan bisa memudahkan proses persalinan nih, Ma. 

1. Siapkan perencanaan kelahiran yang terbaik

1. Siapkan perencanaan kelahiran terbaik
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Dalam keadaan tenang, cobalah untuk memutuskan bagaimana preferensi rencana kelahiran yang diinginkan, mulai dari prosedur melahirkan, pemilihan obat pereda rasa sakit, penyimpanan tali pusar bayi dan berbagai hal penting lainnya.

Bicarakan dengan pasangan, orang terdekat serta konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum menyusun rencana persalinan yang diinginkan. Tak ada salahnya untuk menuliskan semua persiapan tersebut ke dalam sebuah jurnal khusus, sehingga lebih terstruktur. 

Selain itu, jurnal tersebut bisa memudahkan orang terdekat mengetahui sekaligus membantu proses persalinan Mama nanti.

Editors' Picks

2. Mempersiapkan berbagai arsip dan dokumen

2. Mempersiapkan berbagai arsip dokumen
Pixabay/jarmoluk

Ketika ingin check-in untuk proses persalinan nanti, Mama akan diminta untuk memperlihatkan dokumen-dokumen pribadi seperti kartu identitas, kartu keluarga, buku KIA hingga kartu BPJS. 

Demi mempermudah urusan dan tidak menjadi penghalang ketika sedang fase krusial, maka ada baiknya dipersiapkan dengan baik. Mama pun bisa mencari informasi untuk melakukan pra-registrasi lebih awal di rumah sakit atau tempat Mama akan melakukan persalinan.

3. Menyusun barang-barang yang akan dibawa selama proses persalinan

3. Menyusun barang-barang akan dibawa selama proses persalinan
freepik/shurkin_son

Pihak rumah sakit akan memberi Mama pakaian khusus sebagai salah satu prosedur umum menjelang persalinan. Namun setelah melahirkan, Mama diperbolehkan untuk mengganti pakaian yang lebih nyaman. Nah, pakaian yang nyaman inilah yang perlu dipersiapkan dengan baik. 

Saat sudah menginjak hamil tua, Mama tidak ada salahnya untuk mempersiapkan berbagai hal termasuk pakaian. 

Siapkan berbagai kebutuhan untuk diri sendiri dan si Kecil dari rumah ya, Ma. 

4. Bentuk dukungan dari orang-orang terdekat

4. Bentuk dukungan dari orang-orang terdekat
Pexels/JonathanBorba

Bentuk dukungan dari orang-orang terdekat perlu diingat untuk memberikan energi positif selama proses persalinan. 

Ketika sudah menginjak trimester ketiga, segera putuskan siapa saja yang Mama inginkan dan perbolehkan untuk ada di ruang persalinan nanti. Baik itu suami, mertua atau orangtua. Daftar orang penting ini dapat Mama urutkan secara prioritas bisa juga tidak. 

Jangan lupa untuk menuliskannya di jurnal khusus dan komunikasikan dengan pasangan, orang terdekat serta dokter atau bidan yang bertanggung jawab membantu proses persalinan nanti. 

5. Ponsel dan perlengkapannya

5. Ponsel perlengkapannya
Freepik

Mama bisa jadi memerlukan ponsel pribadi untuk menghubungi orang-orang penting, seperti keluarga atau teman terdekat menjelang persalinan. Ponsel pun berguna apabila ingin memberikan data-data berupa digital, bahkan untuk keperluan mendesak lainnya. 

Untuk itu, persiapkan ponsel Mama bersama dengan pengisi dayanya atau charger. Tanpa persiapan, seringkali Mama hanya membawa ponsel tanpa charger dan berakhir tidak dapat menggunakannya karena kehabisan baterai. 

Buatlah daftar ini dalam bentuk checklist untuk memudahkan Mama. Semoga daftar persiapan ini dapat membantu Mama dalam mempersiapkan kebutuhan sebelum persalinan dengan lebih matang. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.