Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil

Daun kemangi dapat menjaga stamina

27 Februari 2020

Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil
Pixabay/Pexels

Daun kemangi adalah daun yang digunakan sebagai lalapan, ketika makan tentu Mama tak asing dengan daun yang satu ini. Daun kemangi aman untuk dikonsumsi tanpa dimasak, lalapan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Namun, apakah saat hamil makan daun kemangi ada manfaatnya ya? Untuk mengetahuinya lebih jelas berikut Popmama.com sudah merangkumnya, disimak yuk!

1. Sumber penyuplai sel darah merah dan mencegah anemia saat hamil

1. Sumber penyuplai sel darah merah mencegah anemia saat hamil
Freepik/Pressfoto

Daun kemangi pada dasarnya tumbuh di kawasan tropis, orang Indonesia tentu tidak asing lagi dengan daun ini. Banyak orang yang menyukai makan besar dengan tambahan lalapan kemangi, apakah Mama termasuk salah satunya? Jika iya lanjutkan ya karena daun kemangi memiliki manfaat untuk dikonsumsi ketika hamil.

Makan daun kemangi saat hamil diperbolehkan dan aman saja tidak memicu gangguan pada kesehatan Mama dan kandungan. Justru daun kemangi dapat menyuplai dan menjaga produksi sel darah merah Mama, sebab di dalam daun kemangi terdapat kandungan  zat besi. Sehingga Mama akan terhindar dari anemia atau kekurangan darah.

2. Mengandung nutrisi yang dapat membuat tubuh menjadi berstamina

2. Mengandung nutrisi dapat membuat tubuh menjadi berstamina
Pixabay/3907349

Meskipun daun kemangi kecil tetapi lalapan ini memiliki karbohidrat dan kalori yang cukup untuk membuat tubuh jadi berenergi. Bagi mama yang suka lelah dan kurang stamina bisa mencoba makan daun yang satu ini untuk menjaga kestabilan berat badan dan membuat Mama segar kembali dalam melakukan aktivitas.

Namun, sebaiknya Mama mencuci daun kemangi terlebih dahulu ya, pastikan bahwa daunnya bersih dan sudah terbebas dari pestisida ataupun bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

Editors' Picks

3. Dapat menunjang perkembangan tulang calon bayi

3. Dapat menunjang perkembangan tulang calon bayi
Freepik/Valeria_aksakova

Saat hamil tentu Mana membutuhkan banyak nutrisi untuk menjadi sumber makanan dan perkembangan si Janin. Pada daun kemangi terdapat kalsium yang dibutuhkan oleh Mama pada masa kehamilan.

Kalsium dapat berguna untuk pembentukan tulang dan gigi bayi yang ada di dalam kandungan Mama. Jadi sering-sering makan daun kemangi ya agar nutrisi kehamilan tercukupi.

4. Memperkecil radikal bebas dan membantu pembentukan organ tubuh si Janin

4. Memperkecil radikal bebas membantu pembentukan organ tubuh si Janin
Freepik/Onlyyouqj

Vitamin A dalam tubuh harus selalu terpenuhi, terlebih bila Mama sedang dalam fase kehamilan. Makanan yang mengandung vitamin A sangat banyak, salah satunya daun kemangi.

Mengonsumsi lalapan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena vitamin A di dalamnya dapat mencegah radikal bebas yang bisa menyerang tubuh Mama, sehingga tubuh akan jarang terkena penyakit.

Selain itu makanan ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh si Janin. Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi daun kemangi ketika hamil, jangan lupa mencoba untuk makan lalapan ini ya supaya nutrisi tubuh tetap terjaga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.