5 Rekomendasi Obat yang Aman untuk Mengatasi Rasa Gatal saat Hamil Tua

Penting untuk memilih obat yang aman agar tidak membahayakan janin

4 Maret 2021

5 Rekomendasi Obat Aman Mengatasi Rasa Gatal saat Hamil Tua
Twiniversity.com

Munculnya rasa gatal pada kehamilan trimester ketiga cenderung wajar. Rasa gatal ini biasanya muncul tanpa ruam pada tangan dan kaki atau area tubuh lainnya.

Gatal pada masa kehamilan biasanya menjadi lebih hebat saat  malam hari sehingga menganggu jam tidur Mama. Namun, rasa gatal tersebut tidak berlangsung lama, tetapi akan hilang beberapa hari setelah melahirkan.

Dalam istilah medis, rasa gatal pada kehamilan ini disebut dengan kolestasis.

Beberapa gejala terjadinya kolestasis, di antaranya menguningnya kulit dan bagian putih pada mata, hilangnya selera makan, hingga mual. 

Penyebabnya pun belum diketahui secara pasti, beberapa tim medis berpendapat bahwa rasa gatal ini dipicu oleh hormon dan pengaruh genetik.

Jika Mama sedang mengalami gatal-gatal atau kolestasis saat kehamilan ini, cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan salep atau mengonsumsi obat gatal.

Namun, mengingat keberadaan si Kecil dalam kandungan maka Mama perlu berhati-hati dalam memilih obat gatal. 

Berikut Popmama.com berikan rekomendasi obat gatal yang aman untuk ibu hamil: 

1. Biolane Pour Elle Stretch Marks

1. Biolane Pour Elle Stretch Marks
Betime.com

Biolane Pour Elle ini kaya akan kandungan hydra-bleine yang merupakan kombinasi dari wheat protein. Bahan tersebut sangat efektif membantu mengurangi dehidrasi kulit kering dan melembapkan sehingga rasa gatal akibat kulit kering dapat teratasi. Produk ini juga mengandung vitamin E dan argan oil yang menutrisi kulit agar tetap sehat, elastis, dan mencegah stretch mark.

Editors' Picks

2. Caladine lotion

2. Caladine lotion
Shopee.co.id

Calamine dapat digunakan sebagai obat gatal, sakit, dan rasa nyaman akibat alergi atau iritasi kulit. Obat ini digunakan dengan cara dioleskan langsung pada area kulit yang gatal dan biarkan hingga mengering. Ada beragam lotion di pasaran yang mengandung calamine untuk meredakan gatal saat hamil, salah satunya Caladine.

Lotion ini mengandung zinc untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah iritasi. Tanda hypo-allergic pada produk ini dapat mengurangi risiko alergi yang mungkin timbul di kulit.

3. Mustika ratu minyak zaitun

3. Mustika ratu minyak zaitun
Tokopedia.com

Cara paling mudah ditemui dan dilakukan untuk mengatasi gatal saat kehamilan, yaitu dengan menggunakan mustika ratu minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi, terutama asam lemak oleat dan polifenol sehingga dapat mengurangi rasa gatal.

Selain itu, minyak zaitun juga membantu perawatan kulit agar lebih lembap dan terhindar dari stretch mark atau garis halus yang muncul saat hamil. Mama dapat memilih mustika ratu minyak zaitun ini karena terdiri dari bahan alami yang cenderung aman.

4. Palmer's Cocoa Butter

4. Palmer's Cocoa Butter
Happyfresh.id

Produk Palmer’s Cocoa Butter mengandung pure cocoa butter, shea butter, bio-C, dan vitamin E yang baik untuk mengatasi permasalahan kulit pada masa kehamilan. Berbentuk cair seperti lotion sehingga mudah diaplikasikan secara merata pada kulit yang gatal. Produk ini memberikan kelembapan yang dapat mengurangi rasa gatal. Selain itu, Palmer’s Cocoa Butter juga dilengkapi dengan sweet almond oil, argan oil, kolagen, hingga centella asiatica yang membantu pudarkan stretch mark

5. The Honest Co Organic Belly

5. The Honest Co Organic Belly
Honest.com

Diformulasi dengan cocoa butter, minyak zaitun, dan minyak tamanu untuk mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal. Diperkaya juga dengan asam lemak omega-5 yang membantu meredakan gatal.

The Honest Co Organic Belly juga merupakan produk hypo-allergic dan tanpa wewangian sehingga meminimalisir risiko alergi atau iritasi kulit. Sesuai namanya, obat ini dikhususkan untuk merawat dan mengatasi rasa gatal saat hamil sehingga aman.

Itulah rekomendasi obat atau lotion untuk mengatasi gatal selama kehamilan. Konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan agar mendapatkan perawatan kulit yang aman.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.