7 Hal Luar Biasa yang Dialami Janin di Trimester Ketiga

Pertumbuhan dan perkembangan janin sedang pesat di waktu ini

16 Desember 2018

7 Hal Luar Biasa Dialami Janin Trimester Ketiga
Pexels/Pixabay

Memasuki trimester ketiga, pertumbuhan si Kecil dalam kandungan sedang semakin pesat, Ma.

Berbagai organ tubuhnya mulai berkembang sempurna, serta ia juga sudah mulai mampu belajar melakukan hal-hal baru.

Penasaran dengan apa saja yang dialami oleh buah hati selama trimester ketiga di dalam perut Mama? Yuk simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Mulai bisa mendengar dengan sempurna

1. Mulai bisa mendengar sempurna
Pexels/Negative Space

Proses bayi belajar mendengar tidak dimulai saat ia sudah dilahirkan, melainkan sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan. Tepatnya dimulai pada trimester kedua, namun berakhir di trimester ketiga.

Dilansir Web MD, sistem pendengaran janin benar-benar berkembang pesat di periode waktu ini, Ma. Diharapkan pada waktu ini Mama mulai bisa mengajak si Kecil berbicara.

Berikan ucapan positif yang berkaitan dengan hari persalinan, misalnya dengan mengajak janin bekerjasama melewati hari persalinan dengan Mama. Meski belum memahami sepenuhnya, ia tentu akan sangat senang mendengar suara Mama.

Aktivitas ini juga dapat menumbuhkan reaksi positif, baik pada diri Mama maupun pada si Kecil.

Kebiasaan mengajak bicara janin sejak dalam kandungan juga dapat meningkatkan bonding antara dirinya dan juga Papa serta Mama.

2. Tumbuh semakin besar

2. Tumbuh semakin besar
Freepik/Yanalya

Selama trimester pertama dan kedua, di dalam kandungan janin memiliki ukuran yang sangat kecil. Pertambahan ukuran tubuhnya juga tidak terlalu pesat.

Nah, saat usia kehamilan Mama sudah mencapai trimester ketiga, Mama mulai akan merasakan tubuh si Kecil tumbuh semakin pesat.

Baby bump alias tonjolan perut Mama pun akan bertambah terus semakin besar. Postur tubuh Mama juga mulai akan mengalami perubahan di periode waktu ini.

Seiring bertambah besarnya janin dan juga perut Mama, upayakan untuk selalu menjaga postur tubuh tetap sesuai ya, Ma. Ini agar beberapa masalah seperti nyeri punggung bisa diminimalkan risikonya.

Pada periode waktu ini, pola makan Mama juga mulai harus lebih diperhatikan. Dengan begitu, tumbuh kembang janin akan tetap terkontrol dan tidak menjadi berlebihan.

Baca juga: 7 Hal Tentang Janin Ini Bisa Diprediksi Sejak Masih dalam Kandungan

Baca juga: Hai Papa, Yuk Tingkatkan Bonding dengan Janin Melalui 7 Cara Ini

Baca juga: Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Bisa Berikan Pengaruh Buruk Bagi Janin

Editors' Picks

3. Otot dan tulang semakin kuat

3. Otot tulang semakin kuat
Pexels/Pixabay

Selain tubuhnya yang semakin besar, di dalam tubuh kecilnya tulang dan otot janin juga sedang berkembang pesat di trimester ketiga.

Ya, otot janin semakin menguat dan tulangnya pun berkembang semakin keras serta padat.

Untuk menunjang tumbuh kembang otot dan tulang pada periode waktu ini, cobalah untuk banyak mengonsumsi menu yang kaya akan kalsium, Ma.

Ini supaya kalsium dalam tubuh Mama tidak terkikis. Tubuh janin memerlukan asupan kalsium, yang jika kurang dari asupan Mama maka akan ia ambil dari tubuh Mama.

Jika tidak diseimbangkan dengan konsumsi kalsium, lama-kelamaan suplai kalsium dalam tubuh Mama pun akan terpengaruh.

4. Menggenggam tangan

4. Menggenggam tangan
Pexels/Pixabay

Dilansir Mayo Clinic, refleks menggenggam dan menggerakkan telapak tangan sebenarnya sudah mulai berkembang sejak dalam kandungan.

Saat bayi sudah lahir, pernahkah Mama mengalami momen di mana ia menggenggam penuh jari Mama menggunakan telapak tangannya?

Nah, ini merupakan salah satu jenis refleks yang dipelajari olehnya selama berada di dalam kandungan. Refleks ini dilakukan janin untuk bermain dan berespons terhadap sesuatu, Ma.

Hal ini tidak secara cepat bisa dipelajari oleh janin, namun memerlukan periode waktu yang cukup lama selama di trimester ketiga.

5. Kuku tangan dan kaki

5. Kuku tangan kaki
Pexels/Wayne Evans

Kapan sebenarnya kuku tangan dan kaki janin mulai bertumbuh? Jawabannya adalah pada trimester ketiga, Ma!

Banyak orang tua berpikir bahwa proses ini dimulai lebih awal, tetapi faktanya ini justru terjadi cukup lama yakni di periode akhir kehamilan.

Tidak masalah kapan sebenarnya kuku mulai tumbuh, Ma. Yang terpenting, jangan lupa memotong kuku secara teratur setelah si Kecil lahir, ya.

6. Bermimpi

6. Bermimpi
Pexels/Public Domain Pictures

Aktivitas bermimpi tak cuma bisa ia lakukan setelah dilahirkan lho, Ma. Hal ini bahkan faktanya sudah mulai bisa ia rasakan sejak masih dalam kandungan.

Teori ini didapatkan oleh para peneliti telah berdasarkan uji gelombang otak yang dilakukan pada janin di dalam rahim.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti seperti apa saja mimpi yang mungkin bisa dialami oleh si Kecil. Yang pasti, saat tertidur otaknya mulai menunjukkan ada aktivitas unik yang mirip seperti bermimpi.

7. Alis mata mulai tumbuh

7. Alis mata mulai tumbuh
Pexels/Pixabay

Alis mata janin mulai tumbuh secara pesat mulai di trimester ketiga. Meskipun saat lahir biasanya alis si Kecil masih sangat halus, tapi ini adalah salah satu bagian kecil yang penting dari perkembangannya.

Selain tumbuh alis, hal lain terkait mata yang juga dialami oleh janin selama trimester ketiga adalah mulai belajar berkedip.

Ya, meski belum bisa membuka dan menutup mata secara sempurna, namun janin sudah mulai belajar menggerakkan bola matanya, termasuk berkedip secara perlahan.

Saat perut Mama diarahkan pada cahaya yang terang, janin pun bisa merespons salah satunya dengan berkedip dan menutup matanya.

Sungguh banyak hal unik yang dialami janin selama trimester ketiga ini, ya. Pasti Mama sudah tidak sabar ingin segera bertemu dengan si Kecil, bukan?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.