Hal-hal yang Perlu Diwaspadai Soal Gusi Berdarah Saat Hamil

Jangan sepelekan masalah kesehatan gusi dan mulut saat hamil

23 November 2018

Hal-hal Perlu Diwaspadai Soal Gusi Berdarah Saat Hamil
Pexels/Govind Solanki

Gusi berdarah merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh para ibu hamil. Kondisi ini pun seringkali dianggap biasa dan bukan masalah besar.

Namun faktanya kesehatan gusi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan selama hamil lho, Ma.

Ini karena saat hamil, ada beberapa tindakan perawatan kesehatan mulut yang biasanya tidak diperbolehkan. Alasannya berkaitan dengan kondisi janin.

Oleh sebab itu, akan sangat baik jika Mama bisa menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi di sepanjang masa kehamilan.

Apa saja yang perlu Mama ketahui soal gusi berdarah saat hamil? Berikut Popmama.com bagikan informasinya:

1. Kaitan gusi berdarah dan kehamilan

1. Kaitan gusi berdarah kehamilan
Freepik/Senivpetro

Menurut pakar kesehatan gigi, Dr Reena Wadia, pada dasarnya kehamilan mengubah beberapa bagian tubuh. Termasuk di antaranya kondisi mulut, gigi dan gusi.

Ini berarti Mama menjadi lebih berisiko terkena penyakit gusi dan juga lebih mungkin mengalami masalah seperti gusi berdarah.

Perhatikan tanda-tanda awal yang mungkin terjadi. Misalnya gusi bengkak, terasa nyeri saat ditekan, atau muncul darah saat Mama menyikat gigi.

Apabila Mama mulai merasakan adanya tanda-tanda ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Jangan lupa sampaikan informasi bahwa Mama sedang hamil, ya.

Jika perlu, lakukan pemeriksaan gigi secara rutin bahkan sejak sebelum hamil, Ma. Ini supaya bisa terdeteksi sejak awal jika memang ada masalah pada gigi atau gusi Mama.

2. Cara mengatasi gusi berdarah saat hamil

2. Cara mengatasi gusi berdarah saat hamil
Pexels/Pixabay

Menurut Wadia, salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah gusi berdarah saat hamil adalah dengan rutin cek ke dokter.

Dokter bisa memeriksa secara detail apakah yang menjadi penyebab dari gusi berdarah yang Mama alami. Jika memungkinkan, perawatan pun bisa dilakukan meski Mama sedang hamil.

Apabila memang tidak bisa, pengobatan sementara juga bisa diberikan untuk meminimalkan risiko infeksi berlanjut.

Konsumsi obat secara sembarangan sebaiknya tidak dilakukan ya, Ma. Gunakan produk perawatan gigi yang memang aman dan tidak mengandung bahan kimia berlebihan.

Saat memilih produk, Mama juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Editors' Picks

3. Cegah gusi berdarah dengan cara simpel

3. Cegah gusi berdarah cara simpel
Pixabay/Rgerber

Cara terbaik untuk menghindari masalah gigi selama kehamilan adalah waspada dan komitmen menjaga kesehatan mulut.

Menurut pakar kesehatan gigi lainnya, Dr Toby Talbot, kebanyakan orang tidak membersihkan gigi degan efektif. Akibatnya, meski merasa sudah menyikat gigi, risiko mengalami masalah pada mulut, gigi dan gusi pun masih sangat mungkin terjadi.

Ia pun menganjurkan Mama untuk menyikat gigi dua kali sehari, dengan cara yang benar dan tidak terburu-buru. Gunakan sikat dan pasta gigi dalam kondisi bagus. Ganti keduanya secara teratur ya, Ma.

Jangan lupa untuk flossing untuk membersihkan sela-sela kecil di antara gigi dan gusi. Dengan begitu, tidak ada kesempatan bagi kuman dan bakteri untuk hidup serta berkembang biak.

“Habiskan waktu setidaknya dua menit untuk menyikat gigi, lalu bersihkan sela-selanya dengan benang floss,” ujar Talbot.

4. Pola makan tepat untuk gusi sehat

4. Pola makan tepat gusi sehat
Pexels/Rawpixel.com

Cara ampuh lainnya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah dengan memerhatikan pola serta menu makan sehari-hari.

Hindari makanan dan minuman manis, terutama di sela-sela jam makan. Selain itu, hindari juga mengonsumsi berlebihan makanan asam karena berisiko merusak gigi.

Konsumsi sayur dan buah segar pun sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut.

Apabila Mama sudah terlanjur mengalami gusi berdarah, utamakan konsumsi buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Ini dapat membantu mengurangi pendarahan.

Beberapa sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi yakni jeruk, brokoli dan paprika.

5. Pilih sikat gigi yang benar

5. Pilih sikat gigi benar
Pixabay/Hans

Satu hal yang tak kalah penting bagi Mama untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi adalah memilih jenis sikat gigi yang benar. Pastikan Mama memilih sikat gigi dengan ukuran dan jenis sikat yang sesuai.

Setiap orang membutuhkan ukuran yang tepat agar proses pembersihan pun bisa lebih efektif, Ma.

Apabila Mama menggunakan sikat gigi dengan ukuran tepat, celah gigi dan gusi pun bisa lebih sempurna dibersihkan. Tidak ada lagi tempat bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak dan memicu infeksi.

Jadikan menyikat gigi sebagai jadwal pokok sehari-hari Mama. Malas menyikat gigi dapat menyebabkan penumpukan bakteri, plak dan sisa makanan.

Akibatnya, muncul risiko penyakit gusi, bau mulut dan gigi berlubang. Hii, seram!

Oleh sebab itu, yuk Ma mulai perhatikan juga kesehatan gigi, gusi dan mulut saat ini juga!