5 Ide Merayakan Tahun Baru yang Aman untuk Ibu Hamil

Adakah ide yang ingin Mama coba lakukan?

30 Desember 2018

5 Ide Merayakan Tahun Baru Aman Ibu Hamil
Pexels/Freestocks.org

Saat malam pergantian tahun baru, ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu. Mulai dari menonton pesta kembang api, hingga makan bersama.

Di antara berbagai cara tersebut, jika Mama sedang hamil besar maka sebaiknya tetap berhati-hati, ya.

Pergi keluar rumah saat malam tahun baru biasanya akan cukup berisiko karena jalanan sangat ramai.

Nah, oleh sebab itu tak ada salahnya jika Mama menghabiskan waktu di rumah saja.

Kalau Mama tetap ingin keluar rumah, ekstra hati-hati ya dengan kesehatan kehamilan Mama. Berikut beberapa ide yang bisa lakukan untuk menghabiskan malam tahun baru dengan aman:

1. Menonton film secara maraton

1. Menonton film secara maraton
Pexels/Pixabay

Agar waktu terasa berlalu dengan cepat dan Mama tidak mengantuk, cobalah mengumpulkan judul-judul film favorit Mama.

Mama juga bisa memilih judul film yang belum pernah ditonton sebelumnya, agar terasa lebih seru dan menyenangkan.

Jangan lupa siapkan camilan seperti di bioskop. Misalnya seperti popcorn dengan aneka rasa yang bahan-bahannya aman untuk ibu hamil.

2. Pergi liburan

2. Pergi liburan
Pexels/Pixabay

Momen pergantian tahun juga bisa dimanfaatkan Mama untuk babymoon dengan si Papa, lho. Biasanya beberapa hotel atau tempat wisata memang menyiapkan paket acara khusus untuk menghabiskan tahun baru.

Tarif khusus yang lebih terjangkau pun banyak disediakan oleh tempat spa atau restoran di sekitar hotel atau tempat wisata, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Mama dan Papa.

Selama berada di tempat liburan, Mama bisa menghabiskan waktu untuk menanti pergantian tahun dengan melihat kembang api, makan di restoran, atau menyaksikan pertunjukkan yang disediakan oleh hotel.

Mama juga bisa berjalan-jalan romantis menikmati pemandangan di sekitar tempat menginap bersama Papa.

Jangan lupa selalu ajak bicara si Kecil ya, Ma. Ini supaya bonding antara Mama, Papa dan si Kecil juga tetap terjaga dan ia terasa sedang diajak berpergian. Seru!

Editors' Picks

3. Ajak para sahabat ke rumah

3. Ajak para sahabat ke rumah
Pexels/JESHOOTS.com

Saat hamil besar, Mama mungkin juga tidak memiliki cukup energi untuk pergi jalan-jalan dan memilih untuk tetap di rumah saja.

Agar tetap terasa ramai, bagaimana jika Mama mengadakan pesta pergantian tahun baru di rumah? Undang anggota keluarga lain atau para sahabat Mama.

Mama bisa menyiapkan hidangan yang simpel, atau minta juga para undangan membawa camilan masing-masing. Berbagai hal pun bisa dilakukan, mulai dari bermain game, mengobrol bersama, hingga makan-makan.

Menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang akan membuat waktu terasa cepat berlalu lho, Ma. Dengan begitu, Mama juga tetap bisa bersenang-senang tanpa merasa lelah berlebihan.

Mama juga tidak perlu berdesak-desakan di jalanan atau di luar rumah dengan orang lain yang ingin merayakan malam tahun baru.

Ide ini bisa menjadi pilihan ideal terutama jika Mama sedang dianjurkan untuk istirahat dan tidak boleh pergi keluar rumah oleh dokter.

4. Menulis surat untuk si Kecil

4. Menulis surat si Kecil
Pexels/Tirachard Kumtanom

Apabila berpesta atau bepergian rasanya tidak ingin Mama lakukan untuk menghabiskan malam tahun baru, Mama bisa mencoba untuk lebih mendekatkan diri dengan si Kecil.

Sesaat lagi mungkin Mama akan segera bertemu dengan dirinya, sehingga waktu pun terasa lebih istimewa dan ingin dihabiskan bersama keluarga tercinta di rumah.

Jika demikian, Mama bisa memanfaatkan waktu pergantian tahun ini dengan merefleksikan kehidupan baru Mama yang akan datang. Pikirkan mengenai tantangan atau hambatan yang mungkin timbul terkait kehidupan Mama.

Tulis juga surat cinta untuk si Kecil, sampaikan apa harapan Mama untuknya dan cobalah untuk mengekspresikan perasaan Mama dalam surat tersebut.

Dengan begitu, Mama bisa menghabiskan malam tahun baru sambil tetap meningkatkan bonding dengan si Kecil.

5. Berbagi dengan sesama

5. Berbagi sesama
Pexels/Freestocks.org

Ada banyak hal yang terjadi pada hidup Mama selama setahun belakangan. Akhir tahun pun bisa menjadi momen untuk bersyukur, Ma.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah saling berbagi dengan sesama. Misalnya dengan berbagi makanan.

Pilih tempat yang sesuai dengan kondisi Mama untuk berbagi, contohnya di panti asuhan. Siapkan beberapa menu makanan yang mudah dimasak, atau mungkin Mama bisa memesan dengan jasa katering.

Berbagi akan membuat batin Mama lebih tenang dan bahagia, tak lupa rasa syukur pun akan semakin terasa. Jangan lupa memanjatkan doa dan harapan tentang apa yang ingin Mama lakukan di tahun berikutnya.

Momen pergantian tahun baru pun akan menjadi lebih bermanfaat, baik bagi diri Mama sendiri maupun bagi orang lain yang sangat membutuhkan.

Apapun cara yang Mama pilih untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru, pastikan Mama memerhatikan kondisi fisik juga. Jangan paksakan diri jika terasa sudah lelah, sempatkan untuk tetap beristirahat dan makan teratur.

Saat berpesta, hindari berlebihan makan makanan berlemak dan minum minuman manis ya, Ma. Tetap utamakan makanan sehat dan minum air putih agar kesehatan tetap terjaga.

Selamat bersenang-senang, Ma!