10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Trimester Ketiga

Jangan lupa tetap penuhi kebutuhan nutrisi jelang persalinan

13 November 2019

10 Makanan Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Trimester Ketiga
Freepik

Memasuki trimester ketiga, biasanya Mama akan mulai merasa tidak nyaman untuk beraktivitas karena ukuran perut yang sudah semakin besar. Termasuk di antaranya untuk makan.

Padahal makan tetap menjadi aktivitas penting, mengingat saat ini tubuh Mama memerlukan asupan nutrisi yang memadai.

Oleh sebab itu, Mama perlu lebih cermat memilih jenis bahan makanan untuk dikonsumsi. Dengan demikian, kesehatan dan kebutuhan nutrisi harian Mama di trimester ketiga pun bisa tetap terpenuhi.

Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut 10 makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil trimester ketiga:

1. Stroberi dan melon

1. Stroberi melon
Freepik/ikrolevetc

Buah menjadi salah satu asupan yang sebaiknya tetap rutin dikonsumsi, terutama di trimester ketiga, Ma. Sebagian besar buah mengandung vitamin C dan serat, yang baik untuk kesehatan pencernaan Mama.

Dengan demikian, Mama terhindari dari risiko gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan sembelit.

Beberapa contoh buah yang bisa Mama pilih di antaranya seperti stroberi, melon, kiwi dan pepaya. Selain enak dan bermanfaat, buah-buahan ini juga praktis dijadikan menu camilan di sela waktu makan. Demikian dikutip dari Baby Centre.

2. Kacang-kacangan

2. Kacang-kacangan
Freepik/Alexgrec

Selain buah, camilan praktis dan bergizi lain yang bisa Mama pilih untuk mengisi perut di kehamilan trimester ketiga adalah kacang-kacangan. Kacang mengandung tiamin dan asam lemak omega 3 esensial yang baik untuk si Kecil.

Mama juga bisa mengonsumsi sereal atau biji-bijian yang kandungan nutrisinya hampir sama. Agar lebih enak, tambahkan potongan buah segar seperti raspberry atau kiwi untuk tambahan vitamin C.

3. Ikan

3. Ikan
Freepik

Untuk menu lauk, Mama bisa memilih ikan. Ikan mengandung zat besi, yang penting untuk tubuh Mama maupun si Kecil selama kehamilan. Seperti diketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang kemudian memicu rasa mudah lelah dan pusing pada ibu hamil.

Selain itu, ikan juga memiliki nutrisi penting lainnya seperti protein, yang membuat asupan ini menjadi salah satu asupan sehat untuk ibu hamil trimester ketiga.

4. Daging merah

4. Daging merah
Unsplash/amirali mirhashemian

Selain ikan, menu lauk lainnya yang bisa Mama pilih yakni olahan daging merah, misalnya daging sapi. Daging jenis ini juga merupakan sumber zat besi dan protein.

Kedua mineral ini sangat penting bagi ibu hamil, karena membantu menunjang tumbuh kembang bayi. Konsumsi daging merah juga dapat meningkatkan kesehatan Mama, karena mengandung mineral yang membuat Mama tetap berenergi selama hamil dan terhindari dari anemia.

5. Pisang

5. Pisang
Pexels/Dom J

Ingin mencari menu camilan yang praktis, bisa bikin kenyang dan bergizi? Pisang jawabannya, Ma. Pisang menjadi salah satu buah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil.

Beberapa kandungan nutrisi dalam pisang di antaranya kalium, kalsium, dan zat besi. Rasanya yang manis legit dan mengenyangkan juga menjadi alasan buah ini baik untuk Mama. Konsumsi pisang pun dapat membantu menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit, sehingga akan membantu Mama tetap nyaman di trimester ketiga.

Editors' Picks

6. Susu dan olahannya

6. Susu olahannya
Freepik/Fabrikasimf

Susu menjadi salah satu sumber alami dari vitamin dan mineral, termasuk di antaranya kalsium, kalium, dan protein. Komponen-komponen ini diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral harian Mama.

Dengan demikian, tubuh Mama pun tidak kekurangan nutrisi tersebut jika kemudian ‘diambil’ oleh si Kecil yang sedang bertumbuh pesat.

Selain dari susu murni, kandungan nutrisi-nutrisi ini juga dimiliki oleh produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt.

7. Sayuran berdaun hijau

7. Sayuran berdaun hijau
Pexels/Jacqueline Howell

Sayuran berdaun hijau diperkaya serat yang penting untuk ibu hamil, karena membantu mencegah sembelit akibat sekresi hormon berlebihan selama trimester ketiga.

Tak cuma tinggi serat, sayuran juga mengandung banyak mineral lain seperti zat besi, kalium dan kalsium.

8. Selai kacang

8. Selai kacang
Pixabay/Cgdsro

Mama doyan roti yang diisi dengan selai kacang? Jika ya, lanjutkan kebiasaan ini ya, Ma. Selai kacang juga menjadi salah satu asupan yang baik dikonsumsi ibu hamil trimester ketiga karena mengandung lemak baik. DI antaranya asam lemak omega-3, yang diketahui baik bagi perkembangan otak janin. Tapi pastikan dulu Mama tidak alergi kacang sebelum mengonsumsinya, ya.

9. Jeruk

9. Jeruk
Freepik/Spkphotostock

Selain memiliki banyak serat, jeruk juga mengandung vitamin C dalam jumlah besar, yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil trimester ketiga. Vitamin C baik dikonsumsi ibu hamil karena bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C lainnya termasuk seperti tomat dan lemon.

10. Alpukat

10. Alpukat
Pexels/Valeria Boltneva

Seperti diketahui, makanan kaya zat besi dan omega-3 tetap menjadi fokus saat kehamilan trimester ketiga, yang bisa didapat dari buah alpukat. Selain kaya akan lemak baik, alpukat juga membuat kenyang sehingga baik untuk ibu hamil.

Selain pada alpukat, lemak baik untuk ibu hamil juga banyak terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan sereal gandum.

Demikian beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil trimester ketiga. Selain konsumsi makanan bergizi, jangan lupa untuk tetap rutin konsultasi ke dokter untuk memeriksa kondisi si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!