hanco

17 Nama Bayi Perempuan yang Diambil dari Bahasa Sansekerta

Terkesan unik, pilihan nama-nama ini pasti beda dari yang lain!

17 Oktober 2019

17 Nama Bayi Perempuan Diambil dari Bahasa Sansekerta
Freepik/Freepic.diller

Sedang bingung memilih nama untuk anak perempuan? Ada banyak pilihan bahasa yang bisa menjadi pilihan Mama, salah satunya bahasa sansekerta.

Menjadi bahasa sejarah yang mirip antara bahasa Latin, Yunani, serta Indo-Eropa, nama dari bahasa sansekerta pun jarang digunakan dan terkesan lain dari yang lain.

Selain itu, nama si Kecil kelak bisa memiliki makna dalam karena di dalamnya terdapat doa dan harapan dari Mama dan Papa, bukan?

Berikut rangkuman nama-nama bayi perempuan dari bahasa Sansekerta yang bisa menjadi pilihan Mama dari Popmama.com:

1. Aretha

1. Aretha
Pexels/J Carter

Aretha memiliki arti yakni berbudi baik dan saleh. Dengan memberikan nama Aretha, diharapkan kelak si Kecil bisa selalu berperilaku baik, saleh dan disenangi banyak orang. Selain itu, Aretha juga memiliki makna baik dan santun.

Nama Aretha digunakan oleh seorang penyanyi, penulis lagu sekaligus pianis asal Amerika Serikat, yakni Aretha Franklin. Salah satu lagu yang mempopulerkan namanya yakni ‘A Natural Woman’.

Salah satu contoh nama bayi perempuan yang bisa Mama pakai dengan nama Aretha misalnya Aretha Dhira Kalyani. Nama indah ini memiliki arti anak perempuan cerdas, sabar dan memiliki budi pekerti baik.

2. Nabila

2. Nabila
Freepik/Phduet

Nabila menjadi salah satu nama anak perempuan dari bahasa sansekerta yang banyak digunakan. Nama Nabila memiliki makna sebagai keturunan bangsawan.

Diharapkan dengan memberikan nama ini, kelak nantinya saat dewasa sang putri Mama bisa bersikap anggun dan tidak sombong dengan orang lain, ya.

Ada beberapa selebriti yang menggunakan nama Nabila, Ma. Di antaranya seperti Nabila Syakieb dan presenter Nabila Putri. Sebagai nama panggilan, bisa dipilih antara Nabil atau Bila. Sama-sama unik, Ma!

Contoh nama dengan Nabila yang bisa Mama gunakan misalnya Adistia Nabila. Nama ini memiliki arti anak perempuan seperti keturunan bangsawan yang selalu penuh semangat dan bersinar seperti matahari.

3. Anandita

3. Anandita
Pixabay/3194556

Nama Anandita juga tak kalah populernya dengan nama Nabila. Memiliki makna muda, diharapkan dengan membeikan nama ini kelak si Kecil selalu bersemangat, ceria dan berjiwa muda.

Salah satu selebriti yang menggunakan nama ini adalah istri dari Mario Irwinsyah, yakni Ratu Anandita. Selebriti cantik ini kini sudah mantap berhijab dan memilih untuk serius menekuni dakwah.

Ada beberapa contoh kombinasi nama dari Anandita yang bisa Mama jadikan alternatif. Salah satunya seperti Keisha Anandita Raveena. Nama unik ini memiliki arti anak perempuan yang selalu ceria dan cantik.

4. Vanesha

4. Vanesha
Pexels/Wayne Evans

Vanesha memiliki makna baik yakni murni dan bersih. Penulisan lain dari nama ini bisa juga ditulis sebagai Vanisha atau Vanessa. Keduanya memiliki arti yang sama kok, Ma.

Siapa tak kenal dengan Vanesha Prescilla? Aktris muda ini namanya kian bersinar sejak memerankan tokoh Milea dalam film ‘Dilan 1990’. Sebelum dikenal sebagai aktris, Vanesha adalah seorang model dan bintang iklan.

Contoh kombinasi nama Vanesha yang bisa menjadi pilihan Mama di antaranya Keisha Vanesha. Nama ini memiliki arti anak perempuan yang suci dan dikagumi banyak orang.

5. Kanya

5. Kanya
Freepik/Phduet

Unik ya, Ma. Nama Kanya termasuk menjadi nama yang cukup jarang digunakan. Padahal nama ini memiliki arti yakni anak perempuan muda.

Artis cantik Dinya Kanyadewi adalah salah satu dari sedikit selebriti yang menggunakan nama ini. Diharapkan dengan memberikan nama Kanya, nantinya anak Mama bisa selalu bersemangat dan juga berjiwa muda.

Kombinasi nama dari Kanya yang juga bisa menjadi pilihan Mama untuk si Kecil misalnya Kanya Savita Lavanya. Ini berarti anak perempuan cantik dan ceria, yang selalu menyinari kehidupannya seperti matahari.

6. Malini

6. Malini
Pixabay/Cherylholt

Nama Malini memiliki makna wangi. Dengan memberikan nama ini, diharapkan kelak si Kecil bisa terus menebarkan pesona kebaikan dan disukai oleh orang-orang di sekitarnya ya, Ma.

Salah satu tokoh yang diketahui menggunakan nama Malini yakni aktris senior sekaligus produser dari India, yakni Hema Malini. Dikenal anggun dan cantik, ia menjadi contoh pemilik nama Malini yang memiliki banyak penggemar.

Nama Malini bisa Mama kombinasikan dengan beberapa nama lain, salah satunya seperti Arsha Malini Ashadiya. Nama indah ini memiliki makna anak perempuan yang selalu menebarkan kebaikan dan ketenangan.

7. Syafira

7. Syafira
Pexels/Pixabay

Syafira memiliki makna terhormat dan istimewa. Nama ini pun cocok diberikan untuk putri kesayangan Mama nanti. Diharapkan nantinya ia bisa bersikap anggun dan terhormat seperti namanya ya, Ma.

Salah satu selebriti yang diketahui menggunakan nama ini adalah penyanyi muda bernama Syafira Maharani. Memiliki suara merdu, nama Syafira kini kian bersinar lho, Ma.

Jika Mama ingin menggunakan nama Syafira, salah satu contoh kombinasi yang bisa Mama gunakan misalnya Syafira Akasha. Nama ini memiliki arti anak pererempuan yang istimewa dan memiliki wawasan luas seperti langit di angkasa.

8. Lakshita

8. Lakshita
Pixabay/Profile

Jika Mama sering menonton serial dari India, nama Lakshita mungkin sudah sering terdengar sebagai nama salah satu tokoh perempuannya ya, Ma. Ya, dalam bahasa sansekerta, Lakshita berarti terhormat dan terkenal.

Diharapkan kelak nantinya apabila Mama menggunakan nama ini, si Kecil akan dikenal sebagai anak yang suka berperilaku baik dan terhormat.

Salah satu kombinasi nama yang bisa Mama gunakan dengan nama Lakshita misalnya Arsha Lakshita Atmaja. Nama ini memiliki makna baik, yakni anak perempuan terhormat yang senantiasa berdoa kepada Tuhan.
 

Editors' Picks

9. Khirani

9. Khirani
Pixabay/Sylviebliss

Nama Khirani atau Khiran memiliki makna kebahagiaan dan kesenangan. Jika Mama ingin kelak si Kecil bisa selalu berbahagia dan murah senyum, mungkin Mama bisa mengawalinya dengan memberikan nama Khirani.

Seperti yang dilakukan oleh Mayangsari. Ia memberikan nama putrinya dengan Bambang Trihatmodjo yakni Khirani Siti Hartina Trihatmodjo. Nama panggilannya pun adalah Khirani, Ma. Unik, ya?

Selain nama itu, contoh kombinasi nama lainnya dari Khirani misalnya Nanda Khirani Naratama. Ini berarti anak perempuan yang selalu membawa kebaikan dan cahaya kebahagiaan.

10. Venya

10. Venya
Pexels/Singkham

Venya atau Vennya memiliki makna dalam bahasa sansekerta yakni dicintai. Dengan begitu, harapannya kelak si Kecil akan selalu disayang dan dicintai oleh orang-orang di sekitarnya.

Salah satu selebriti yang menggunakan nama ini adalah selebgram Rachel Vennya. Memiliki banyak bisnis, diharapkan juga nanti anak perempuan Mama akan jago berbisnis seperti Rachel, ya!

Nama yang bisa Mama gunakan untuk Venya misalnya Venya Lakshita. Nama ini memiliki arti anak perempuan yang terhormat dan akan selalu dicintai oleh orang di sekitarnya.

11. Enzi

11. Enzi
Pexels/Pixabay

Ingin punya anak dengan nama yang unik? Enzy atau Enzi bisa menjadi salah satu pilihan utama Mama, lho. Nama ini memiliki arti kekuasaan tertinggi. Wah, semoga kelak dengan memberikan nama ini nantinya anak Mama bisa memiliki wibawa yang baik, ya.

Siapa tak kenal dengan aktris sekaligus pembawa acara Enzy Storia? Selebriti yang dikenal lucu dan cantik ini memulai karirnya sebagai seorang model. Berdarah Aceh dan Polandia, Enzy memiliki kepribadian yang unik dan berparas cantik.

Nah, salah satu kombinasi nama Enzy yang bisa Mama pilih di antaranya Enzy Ashaputri Trika. Nama ini memiliki makna anak perempuan harapan orang tua yang selalu bersinar seperti bintang dan memiliki kehormatan yang tinggi.

12. Aruna

12. Aruna
Pexels/Pixabay

Nama Aruna kian melejit sejak dijadikan sebagai nama tokoh utama dalam film berjudul sama yakni ‘Aruna dan Lidahnya’. Tokoh ini diperankan oleh aktris Dian Sastrowardoyo dan sempat booming beberapa waktu lalu.

Nama Aruna dalam bahasa sansekerta memiliki arti fajar atau cahaya matahari. Dengan begitu, diharapkan nantinya kehadiran si Kecil bisa selalu memberikan kehangatan pada keluarga, sahabat dan orang-orang di sekitarnya, ya.

Kombinasi nama Aruna yang bisa Mama pilih misalnya Aruna Asha Kamaniya. Nama ini memiliki makna anak perempuan berparas cantik yang selalu bersinar dan memberikan harapan bagi semua orang.

13. Priyanka

13. Priyanka
Pexels/Pixabay

Priyanka mulai menjadi salah satu nama dari bahasa sansekerta yang difavoritkan setelah aktris India, Priyanka Chopra, menggunakan nama ini. Ia kemudian menikah dengan Nick Jonas, yang membuat nama ini pun menjadi semakin disukai para orang tua.

Priyanka sendiri dalam bahasa sansekerta memiliki arti yang disukai atau difavoritkan. Kelak semoga nantinya si Kecil akan selalu disukai oleh orang-orang di sekitarnya ya, Ma. Terutama karena sikap dan perilakunya yang sopan dan santun.

Nama Priyanka bisa dikombinasikan dengan nama-nama dari bahasa sansekerta lainnya dan memiliki makna yang indah. Salah satunya yakni Priyanka Neena Naladhipa.

Arti dari nama ini yakni anak perempuan yang disukai karena memiliki mata indah dan jantung hati yang selalu bersinar cerah.

14. Ishana

14. Ishana
Pexels/Melina Engard

Ishana atau Isyana dalam bahasa sansekerta memiliki arti kaya dan makmur. Nah, penggunaan nama ini pun bisa Mama berikan jika kelak ingin si Kecil bisa hidup berkemakmuran nantinya.

Dian Sastrowardoyo tampaknya paham betul dengan arti ini, oleh sebab itu ia pun memberi nama anak keduanya dengan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo. Menurut Dian, Ariandra memiliki makna seperti singa alias gagah dan berani.

Selain Dian Sastrowardoyo, nama Isyana juga dimiliki oleh penyanyi cantik Isyana Sarasvati.

15. Gita

15. Gita
Pexels/Bruce Lam

Dalam bahasa sansekerta, Gita memiliki makna baik, cerdas dan beruntung. Wah, nama ini pun menjadi ideal untuk diberikan pada anak ya, Ma. Diharapkan kelak semua arti ini juga bisa dimiliki oleh si Kecil nantinya.

Nama Gita cukup banyak digunakan oleh para selebriti dan tokoh. Salah satunya yakni putri dari komposer musik Erwin Gutawa, yakni Gita Gutawa.

Kombinasi lain dari Gita yang juga bisa Mama gunakan misalnya Gita Dinda Ashwina. Ini berarti anak perempuan baik dan tersayang yang selalu bersinar seperti bintang.

16. Ataya

16. Ataya
Pexels/Pixabay

Ataya juga menjadi salah satu nama unik dari bahasa sansekerta yang memiliki makna baik. Arti dari Ataya yakni anugerah, Ma. Nama ini pun cocok diberikan bagi sang buah hati yang tentunya adalah anugerah bagi kehidupan Mama dan Papa.

Selebriti Cynthia Lamusu dan Surya Saputra menggunakan nama ini untuk salah satu anak kembarnya, yakni Ataya Tatjana Aisyah Putri.

Selain nama itu, nama Ataya juga bisa dikombinasikan menjadi Ataya Kananta Arsyakayla. Nama ini bermakna anak perempuan anugerah yang suci, serta indah seperti bunga yang berwarna-warni.

17. Sahira

17. Sahira
Freepik/Yanalya

Sahira dalam bahasa sansekerta berarti gunung. Ini berarti kelak diharapkan anak akan selalu kuat dan mampu bertahan dalam segala masalah yang dihadapinya, Ma. Kadang nama lain yang mirip dengan ii adalah nama Saira yang memiliki arti nama bahagia dalam agama islam.

Selebriti yang menggunakan nama ini misalnya aktris Sahira Anjani. Selain itu, Indra Bekti juga diketahui memberikan nama ini untuk putrinya, yakni Dafania Sahira Indrabekti.

Menurut Indra, Dafania memiliki arti cantik dan Indrabekti adalah namanya. Sehingga makna dari nama sang putri adalah anak perempuan Indra Bekti yang cantik dan kuat seperti gunung.

Kombinasi lain dari Sahira yang juga bisa Mama gunakan misalnya Sahira Kaneishia Adsila. Ini berarti anak anak perempuan yang selalu memiliki kehidupan yang indah seperti kebun dan gunung yang sedang berbunga.

Nah, Itulah 17 nama bayi perempuan dengan bahasa Sansekerta. Mana yang jadi pilihan Mama dan Papa? 

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Temukan juga pilihan nama bayi lainnya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!