7 Tips agar Ibu Hamil Tetap Sehat saat Musim Hujan dan Angin Kencang

Jaga pola makan dan aktivitas sehari-hari demi tubuh sehat

31 Januari 2019

7 Tips agar Ibu Hamil Tetap Sehat saat Musim Hujan Angin Kencang
Pexels/Min An

Memasuki musim hujan dan angin yang kencang, penyakit lebih mudah menyerang ya, Ma? Agar hal ini tidak terjadi, Mama perlu melakukan beberapa tips tertentu.

Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat, sampai melakukan beberapa perubahan pada kebiasaan sehari-hari Mama.

Apa saja ya tips yang bisa Mama lakukan agar tetap sehat di musim hujan ini? Berikut rangkuman informasinya dari Popmama.com untuk Mama.

1. Terapkan diet gizi seimbang

1. Terapkan diet gizi seimbang
Pexels/Navada Ra

Memenuhi kebutuhan nutrisi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh Mama saat musim hujan. Sebab di waktu ini, sistem imun biasanya sedang berada di titik yang rendah.

Tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi pun diyakini dapat memberikan Mama sistem imun yang lebih kuat. Terutama jika Mama mengonsumsi makanan tinggi protein.

Buatlah sayur hangat yang terbuat dari kaldu daging untuk membantu memberikan nutrisi sehat. Jangan lupa tetap minum suplemen prenatal jika diberikan oleh dokter.

2. Jaga kebutuhan cairan tubuh

2. Jaga kebutuhan cairan tubuh
Pexels/Daria Shevtsova

Saat musim hujan, kelembapan di lapisan atmosfer meningkat. Situasi inipun kerap ‘menipu’ tubuh dengan membuatnya berpikir bahwa hidrasi tak pernah kurang karena suhu yang lembap.

Padahal meski sedang musim hujan, Mama tetap harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Jika tidak, Mama bisa jadi sering mual, sakit kepala, dan bahkan pingsan.

Agar kebutuhan cairan tubuh Mama tetap terjaga dan tidak bosan, air putih bisa Mama ganti dengan air kelapa, ya.

3. Lebih baik pilih masakan rumahan

3. Lebih baik pilih masakan rumahan
Pexels/Pixabay

Saat musim hujan, lingkungan luar rumah biasanya lebih rentan tidak higienis. Selain itu, ketidakpastian kebersihan sumber air yang digunakan dalam makanan di luar rumah juga bisa berbahaya bagi janin.

Hindari juga kebiasaan mengonsumsi jajanan yang terlalu pedas meskipun sedang naik daun ya, Ma. Kebiasaan ini juga bisa berbahaya bagi janin.

Agar lebih aman, sediakan stok bahan makanan sendiri dan masak di rumah. Selain bahan-bahannya lebih terjaga kebersihannya, proses memasaknya pun lebih aman untuk kesehatan kehamilan.

Jangan lupa siapkan stok buah-buahan segar untuk menu camilan Mama di rumah, ya!

Editors' Picks

4. Selalu jaga kebersihan diri

4. Selalu jaga kebersihan diri
Pexels/Burst

Musim hujan identik dengan peningkatan risiko infeksi dan penyakit baru. Oleh sebab itu mengabaikan aspek kebersihan diri, semudah mencuci tangan sebelum beraktivitas, dapat menjadi jalan masuk kuman untuk mencapai tubuh Mama.

Dalam kasus terburuk, hal ini pun juga bisa mengganggu kesehatan janin. Terutama ketika kekebalan tubuhnya masih sangat rendah.

Jangan lupa untuk rutin mencuci tangan sebelum beraktivitas, rutin mandi terutama setelah seharian beraktivitas di luar rumah, dan selalu jaga kebersihan pakaian serta rumah.

Jika dirasakan berat, jangan ragu untuk meminta bantuan dari anggota keluarga lain untuk membersihkan rumah. Ingat, Ma, pencegahan adalah tindakan terbaik bagi kesehatan Mama dan juga janin.

5. Waspada keberadaan nyamuk

5. Waspada keberadaan nyamuk
Pexels/icon0.com

Musim hujan juga seringkali menjadi musim nyamuk. Di waktu ini, nyamuk jenis tertentu berkembang biak lebih banyak dan rentan memasuki rumah secara massal.

Awasi tempat-tempat genangan air di sekitar rumah, sebab di tempat seperti inilah nyamuk biasanya senang menetap dan berkembang biak.

Jika perlu, gunakan obat antinyamuk di rumah secara cukup dan tidak berlebihan. Mama juga bisa menggunakan kelambu atau selimut saat tidur agar terhindari dari gigitan nyamuk.

Baca juga: Waspada Demam Berdarah! Ini Langkah Mudah Mencegah dan Atasinya

6. Pilih alas kaki yang aman

6. Pilih alas kaki aman
Pexels/Divyansh Gupta

Saat Mama harus beraktivitas di luar ruangan di musim hujan, hati-hati permukaan jalanan yang licin dan rentan membuat jatuh.

Terutama jika kehamilan Mama sudah besar dan keseimbangan saat berjalan sudah terasa mengganggu. Memakai alas kaki yang alasnya tipis dan licin bisa berbahaya, karena Mama jadi lebih rentan jatuh.

Gunakan alas kaki yang tidak licin ya, Ma. Jika perlu, ganti sandal Mama saat alasnya sudah tipis dan menjadi licin.

7. Gunakan pakaian yang hangat

7. Gunakan pakaian hangat
Pexels/Rawpixel.com

Meningkatnya kelembapan dan suhu dingin saat hujan juga kerap kali membuat Mama jadi mudah mual dan merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, Mama sebaiknya menggunakan pakaian yang berbahan katun supaya kulit tetap bisa bernapas sekaligus membuat tetap hangat. Misalnya, pilih pakaian longgar berbahan katun dan berlengan panjang.

Hindari dulu penggunaan pakaian ketat dan berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat dan bisa menyebabkan ruam pada kulit. Jika perlu, sediakan selalu jaket saat cuaca mendadak dingin ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;