hanco

Agar Tetap Nyaman, Begini 6 Tips Memilih Baju Renang Untuk Ibu Hamil

Utamakan keamanan dan kenyamanan saat memilih ya, Ma!

20 Oktober 2019

Agar Tetap Nyaman, Begini 6 Tips Memilih Baju Renang Ibu Hamil
Pexels/Pixabay

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil. Selain cukup mudah, berenang juga membantu melatih kelenturan otot-otot tubuh tanpa memberikan tekanan berlebih.

Aktivitas ini juga sangat disukai oleh ibu hamil karena menyegarkan dan bisa dilakukan dengan santai.

Tetapi yang terpenting, jangan lupa mencari kolam renang yang bersih dan tidak terlalu ramai, ya. Ini supaya perut Mama tetap aman dan tidak berisiko tertendang orang lain.

Nah, selain mencari kolam renang yang tepat, hal lain yang tidak boleh diabaikan juga yakni mencari baju renang yang tepat dan sesuai. Ini supaya Mama pun tetap nyaman dan percaya diri saat berenang.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak memilih baju renang untuk ibu hamil? Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, yuk intip tips-tipsnya berikut ini:

1. Perhatikan pola dan bentuk di area dada

1. Perhatikan pola bentuk area dada
Pixabay/Pexels

Saat hamil, ukuran payudara akan membesar. Kondisi ini wajar dan terjadi hampir pada semua ibu hamil. Oleh sebab itu, Mama perlu mencari baju renang yang bisa membuat kenyamanan di area dada.

Di antaranya seperti cari baju renang yang memiliki bagian leher tinggi dan memiliki cup yang besar. Jika perlu, pilih baju renang dengan warna gelap atau tanpa motif di bagian dada, karena dapat membantu mengurangi perhatian berlebih pada area dada, Ma.

2. Pilih yang memiliki sedikit rok di area pinggul

2. Pilih memiliki sedikit rok area pinggul
healthylnb.com

Selain payudara yang ukurannya membesar, area pinggul juga umumnya akan terlihat semakin besar saat hamil. Untuk mengalihkan perhatian dari pinggul, gunakan baju renang dengan bukaan kaki berpotongan rendah.

Pilih juga baju renang yang tidak terlalu memiliki banyak motif di area pinggul. Sebagai alternatif, cobalah untuk memilih baju renang dengan tambahan rok pendek di area pinggul untuk sedikit menutupinya.

3. Pastikan ukurannya sesuai dan tidak sempit

3. Pastikan ukuran sesuai tidak sempit
Pexels/Pixabay

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat memilih baju renang saat hamil adalah pastikan ukurannya sesuai dan tidak sempit ya, Ma. Memang harus melekat pas dengan tubuh, tetapi jika terlalu sempit dikhawatirkan akan menekan perut.

Jadi, pastikan Mama mencoba baju renang saat membelinya, ya. Dengan demikian, bisa ketahuan dengan pasti apakah ukurannya sudah sesuai atau belum. Setidaknya lebih baik menggunakan baju renang yang sedikit kebesaran dibandingkan kekecilan.

Editors' Picks

4. Motif apapun boleh yang penting bikin percaya diri

4. Motif apapun boleh penting bikin percaya diri
aquamagazine.com

Sebagian besar baju renang memiliki banyak motif yang cantik dan unik, tetapi seringkali Mama justru tidak percaya diri dan memilih yang polos. Ma, kehamilan memang membuat ukuran tubuh tampak lebih besar dan kadang membuat tidak percaya diri, tetapi tak ada salahnya tetap memilih baju renang yang bermotif lucu, lho.

Jadi, jangan ragu untuk memilih model atau motif baju renang yang cerah. Yang terpenting, Mama tetap percaya diri saat menggunakannya. Demikian dikutip dari Parents.

Memilih warna gelap juga boleh, kok. Saat ini juga sudah banyak dijual baju renang dengan warna gelap, tetapi dengan motif yang tak kalah menarik. Apapun warna dan motif baju renang yang Mama pilih, pastikan itu dapat membuat Mama bahagia, ya!

5. Gunakan yang panjang talinya bisa diatur

5. Gunakan panjang tali bisa diatur
Pexels/Artem Bali

Perhatikan, apakah jika menggunakan baju renang model biasa terlihat ada bekas jiplakan tali pada bahu Mama? Jika ya, itu berarti tali bahu baju renang Mama terlalu pendek.

Supaya berenang saat hamil tetap nyaman, Mama bisa memilih baju renang dengan model adjustable strap di bahunya. Ini berarti panjang talinya bisa disesuaikan dengan tubuh Mama. Penggunaan baju renang model seperti ini dapat mengurangi tekanan berlebih pada baju.

Dengan demikian, baju tersebut bisa digunakan kembali saat Mama nanti sudah melahirkan.

6. Sesuaikan model baju renang dengan kepribadian

6. Sesuaikan model baju renang kepribadian
mumsnet.com

Baju renang saat ini memiliki banyak model, termasuk untuk ibu hamil. Ada jenis tankini (yang terdiri dari tank top dan celana) atau one piece. Untuk Mama yang muslim, Mama juga bisa memilih baju renang khusus muslimah yang menutup seluruh bagian tubuh.

Apapun jenis model baju renang yang dipilih, pastikan tidak ketat, mampu menopang seluruh bagian tubuh dengan baik, serta membuat Mama tetap percaya diri.

Jangan lupa tetap utamakan kenyamanan dan keamanan ya, Ma, saat memilih baju renang!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!