5 Trik agar Kehamilan Trimester Ketiga Jadi Momen Paling Menakjubkan

Trimester ketiga tak seram kok, Ma. Ada triknya agar momen ini terasa istimewa untuk Mama!

6 Juli 2018

5 Trik agar Kehamilan Trimester Ketiga Jadi Momen Paling Menakjubkan
Pixabay/PublicDomainPictures

Bagi ibu hamil, trimester ketiga seringkali dianggap sebagai fase yang paling menakutkan. Nyatanya ada lho trik-trik yang bisa Mama lakukan agar momen ini tetap terasa menyenangkan!

Seperti disampaikan pakar kesehatan Dr Biljani, ibu hamil harus lebih banyak bersantai dan mengambil napas panjang, terutama saat memasuki trimester ketiga. Selain beban fisik semakin berat, Mama juga perlu merasa santai agar janin juga tak stres.

Tenang, Ma.

Ada beberapa trik sederhana yang akan Popmama.com berikan, ini bisa Mama lakukan jelang trimester ketiga agar kehamilan tetap terasa menyenangkan. Apa saja ya?

1. Mulai berlatih napas

1. Mulai berlatih napas
Pixabay/1041483

Saat proses persalinan, salah satu hal penting yang perlu Mama perhatikan adalah teknik bernapas. Dengan teknik yang tepat, proses persalinan akan terasa lebih menenangkan.

Dr Biljani menyebutkan bahwa latihan napas dapat membuat Mama menjadi lebih siap menghadapi proses persalinan, sehingga membantu mengurangi stres. Carilah pakar yang memahami tentang teknik ini dan pelajari dengan rutin ya, Ma.

2. Rutin temui dokter

2. Rutin temui dokter
Pixabay/hioahelsefag

Jika pada waktu tertentu Mama merasa benar-benar khawatir, tak ada salahnya menyediakan sedikit waktu untuk berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan apa saja yang Mama kurang pahami, sehingga Mama tak terlalu cemas dan khawatir menjelang hari persalinan.

Editors' Picks

3. Berbincang dengan suami

3. Berbincang suami
Pixabay/estebantroncosofoto0

Jangan lupa bahwa Papa adalah pasangan hidup Mama, sehingga apapun yang sedang dihadapi harus selalu dibicarakan bersama. Termasuk rasa takut menjelang proses persalinan. Sediakan waktu untuk berbincang dengan Papa, buatlah rencana persalinan sebaik mungkin.

Mulai dari tempat bersalin hingga menentukan siapa pendamping persalinan. Hal ini akan membuat Mama menjadi lebih siap dan tenang.

4. Siapkan tas perlengkapan

4. Siapkan tas perlengkapan
Pixabay/TerriC

Apabila Mama sedang punya waktu senggang, tak ada salahnya lho untuk mulai mencicil menyiapkan tas perlengkapan yang akan dibawa saat bersalin. Selain membantu Mama mengisi waktu, hal ini juga akan meminimalkan adanya barang yang tertinggal.

Mempersiapkan semua keperluan sejak jauh hari juga akan membantu mengurangi beban Papa sebagai pendamping persalinan, lho.

Baca Juga: Tidak Semua Ibu Hamil Senang Saat Orang Lain Memegang Perutnya

5. Pastikan pekerjaan sudah selesai

5. Pastikan pekerjaan sudah selesai
Pixabay/StartupStockPhotos

Mama yang bekerja pasti paham betul bahwa pekerjaan harus selesai tepat waktu sebelum memulai cuti melahirkan. Maka dari itu, memasuki trimester ketiga Mama bisa membuat rencana untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Selain membantu mengurangi stres, beban ‘utang pekerjaan’ Mama juga akan berkurang.

Yang tak kalah penting, Mama perlu ingat bahwa semua akan terasa indah jika Mama mau berkomunikasi dengan keluarga. Jangan ragu untuk bercerita dengan Papa dan sampaikan yang Mama rasakan selama menjalani kehamilan. Jadikan momen jelang bertemu Si Kecil sebagai waktu yang menyenangkan ya!

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Kenapa Persalinan Sebaiknya Didampingi Suami

Baca Juga: Ingin Suami Terlibat Pada Awal Kehamilan? Lakukan 7 Tips Ini!

Baca Juga: Menjelang Hari Persalinan, Penting Diskusikan 5 Hal Ini Bersama Suami

Topic: