8 Tips Penting Aman Saat Bekerja untuk Ibu Hamil yang Super Sibuk

Mama bekerja harus baca, ya!

11 Desember 2019

8 Tips Penting Aman Saat Bekerja Ibu Hamil Super Sibuk
Freepik/yanalya

Memilih tetap bekerja sah-sah saja bagi perempuan yang sedang hamil. Namun, ini tentu merupakan hal yang sulit dilakukan.

Dengan sejumlah perubahan dan keluhan yang terjadi pada tubuh, bukan sesuatu yang mudah untuk menyelesaikan semua tugas pekerjaan dan merawat diri sendiri secara bersamaan dalam kondisi hamil.

Meskipun masa kehamilan adalah momen yang indah, tetapi akan banyak tantangan yang harus Mama hadapi. Morning sickness, perubahan suasana hati, sakit kepala, sakit punggung, kelelahan, dan keluhan lainnya akan menjadi ‘teman akrab’ selama hamil.

Semua itu seringkali menghambat produktivitas Mama dalam bekerja.

Mama jangan menyerah! Ada beberapa tips aman bekerja selama kehamilan yang bisa membantu Mama lebih mudah menghadapinya, lho.

1. Luangkan waktu beristirahat

1. Luangkan waktu beristirahat
Freepik/yanalya

Hindari bekerja terus menerus selama berjam-jam. Tugas-tugas Mama memang penting, tetapi kesehatan Mama dan bayilah yang lebih penting.

Luangkan waktu untuk beristirahat paling tidak selama lima atau sepuluh menit ketika Mama mulai merasa lelah atau pusing, lalu lanjutkan pekerjaan dengan pikiran yang segar.

Beristirahat akan membuat energi terisi ulang untuk menghadapi tantangan sepanjang hari.

Baca juga: 5 Posisi Yoga Terbaik untuk Ibu Hamil

2. Sedia camilan sehat

2. Sedia camilan sehat
Freepik/yanalya

Selama hamil, Mama seringkali merasa kelaparan sepanjang hari. Bawalah camilan ringan yang sehat yang bisa mengobati rasa lapar Mama. Camilan bisa berupa buah segar, buah kering, salad, dan lainnya. Makanlah sedikit demi sedikit, terutama ketika rasa mual datang.

Baca Juga: 10 Superfood Untuk Meningkatkan Kualitas ASI Mama

3. Tetap terhidrasi

3. Tetap terhidrasi
freepik

Minumlah air putih yang cukup agar Mama tetap terhidrasi sepanjang hari. Bawalah air minum dari rumah, yang lebih terjamin kebersihannya. Terkadang, kebersihan dispenser di kantor kurang terjaga.

Selain sering minum air putih, Mama juga bisa memenuhi cairan melalui jus buah segar dengan sedikit atau tanpa gula. Kurangi minuman bersoda dan kafein, yang dapat membahayakan bayi di dalam kandungan.

Baca Juga: Jangan Main-Main, Ini 6 Efek Berbahaya Jika Ibu Hamil Kurang Minum

4. Bicarakan pada atasan dan rekan kerja

4. Bicarakan atasan rekan kerja
babycenter.com

Kehamilan memang menguras energi dalam tubuh dan pikiran, bahkan mungkin perasaan Mama. Mungkin di suatu kondisi, performance Mama dalam bekerja tidak akan maksimal 100 persen.

Jujurlah pada diri sendiri dan akui bahwa Mama merasa tidak sehat.

Bicarakan pada atasan atau rekan kerja Mama tentang apa yang dirasakan dan dikhawatirkan selama kehamilan. Kondisi ini mungkin akan lebih sering terjadi menjelang akhir kehamilan, ketika Mama lebih sulit bergerak karena beban yang bertambah dan kelelahan.

Editors' Picks

5. Terima bantuan saat bekerja

5. Terima bantuan saat bekerja
mommyish.com

Meski Mama merasa seperti wanita super yang sanggup melakukan semua hal sendiri, tidak ada salahnya menerima bantuan pekerjaan selama hamil. Bagilah tugas-tugas kecil yang bisa dilakukan orang lain.

Mama bisa memanfaatkan pasangan atau rekan kantor yang bersedia menawarkan tenaganya. Misalnya, meminta bantuan teman kantor untuk titip membelikan makan siang saat Mama merasa lelah untuk berjalan keluar, atau membawakan tas berat ketika kamu merasakan keluhan.

Mama juga dapat mengurangi pekerjaan rumah tangga tertentu dengan meminta bantuan pasangan.

6. Olahraga tetap perlu

6. Olahraga tetap perlu
Freepik/yanalya

Jadwal kantor yang padat membuat Mama kesulitan untuk meluangkan waktu berolahraga. Ini bukan alasan untuk tidak berolahraga sama sekali ya, Ma. Mama bisa melakukan olahraga sederhana, seperti berjalan kaki dua kali sehari.

Jika sempat, nikmati latihan yoga kehamilan yang dapat dilakukan di rumah dengan video tutorial. Sedikit aktivitas fisik akan membuat Mama lebih energik dan segardi tempat kerja.

Jika di kantor menyediakan kelas kebugaran prenatal untuk ibu hamil, jangan ragu untuk ikutan ya, Ma!

Baca juga: 10 Hal Penting yang Harus Dijadikan Panduan Olahraga Saat Hamil

7. Konsumsi vitamin

7. Konsumsi vitamin
Freepik/onlyyouqj

Sesibuk apa pun, jangan tinggalkan konsumsi obat atau suplemen kehamilan yang diresepkan dokter, karena itu pasti penting bagi kesehatan Mama dan bayi. Jika takut lupa, Mama bisa memanfaatkan teknologi, seperti memasang alarm dalam ponsel.

Bacajuga Ini yang terjadi pada Ibu Hamil ketika Mengonsumsi Vitamin Prenatal

8. Jangan lewatkan pemeriksaan prenatal

8. Jangan lewatkan pemeriksaan prenatal
Freepik/pressfoto

¹Jadwal pemeriksaan prenatal sangat penting untuk memantau perkembangan bayi dan kondisi kehamilan. Tes kehamilan juga perlu untuk mengevaluasi setiap komplikasi yang mungkin terjadi dan perlu penanganan segera.

Jadi sesibuk apa pun, luangkan waktu untuk memenuhi jadwal pemeriksaan kehamilan Mama, ya!

Bekerja selama hamil memang merupakan tantangan tersendiri. Mama harus tetap optimis sambil menjaga kesehatan Mama dan bayi.

Itulah 8 tips aman bekerja dan mudah menjaga kesehatan bagi ibu hamil. Hal yang terpenting, jauhi stres, jangan memaksakan kemampuan Mama, dan nikmatilah masa kehamilan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!