Aplikasi Smartphone Ini Bisa Deteksi Kondisi Janin Jelang Persalinan

Gunakan gadget untuk mempermudah tahu keadaan janin dengan cara ini.

3 Juli 2019

Aplikasi Smartphone Ini Bisa Deteksi Kondisi Janin Jelang Persalinan
newsapi.com.au

Kemajuan teknologi digital memicu kemunculan berbagai aplikasi canggih pada smartphone atua ponsel pintar. Bahkan saat ini juga telah hadir aplikasi kehamilan dengan berbagai fitur yang sangat modern dan bermanfaat untuk ibu hamil.

Aplikasi ini tentunya dibuat untuk memudahkan wanita hamil memantau perkembangan bayi dalam kandungan. Siapa sangka juga bahwa ada aplikasi ini ternyata pernah membuat nyawa bayi dalam kandungan terselamatkan?

Penasaran tentang aplikasi yang satu ini? Simak ulasan selengkapnya dari Popmama.com berikut ini.

1. Menghitung gerakan si Kecil dengan Aplikasi “Count the Kicks”

1. Menghitung gerakan si Kecil Aplikasi “Count the Kicks”
scarymommy.com

Kehamilan memang merupakan satu hal yang paling dinanti setia pasangan. Jika kehamilan mama sudah memasuki 28 minggu, ini adalah saat yang tepat bagi mama untuk mulai menghitung tendangan si kecil.

Jumlah tendangan si kecil dalam kandungan ternyata berpengaruh terhadap kesehatan kandungan mama. Oleh karena itu, mulailah untuk menghitungnya setiap hari saat kandungan mulai masuk di trimester ketiga.

Aplikasi “Count the Kicks” hadir untuk membantu mama menghitung berapa banyak tendangan bayi dalam kandungan. Aplikasi ini merupakan bentuk kampanye bagi para wanita hamil agar menghitung tendangan sang bayi tiap harinya.

Aplikasi Count the Kicks dibuat dengan tujuan agar para mama bisa lebih waspada terhadap jumlah tendangan bayi dalam kandungan. Sehingga, hal ini bisa mencegah kondisi kematian janin atau kelahiran yang tidak diinginkan.

Editors' Picks

2. Aplikasi Count The Kicks menjadi penyelamat seorang bayi di Amerika

2. Aplikasi Count The Kicks menjadi penyelamat seorang bayi Amerika
scarymommy.com

Seorang wanita bernama Emily Eekhoff merupakan orang yang sangat rajin sekali menghitung gerakan bayinya ketika hamil. Emily memanfaatkan salah satu aplikasi kehamilan, Couth the Kicks, yang terinstall di smartphone miliknya.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Mama hanya perlu menekan tombol dengan ikon kaki bayi setiap mama merasakan adanya gerakan di perut. Pada aplikasi ini, terdapat fitur stopwatch yang terus berjalan ketika mama terus menghitung.

Dalam kondisi normal, pada umumnya bayi sedang sangat agresif sehingga bisa bergerak 10 kali dalam 7-10 menit. Selain menghitung gerakan bayi, Count the Kicks juga memiliki fitur untuk mencatat jumlah gerakan setiap waktunya. Dengan begitu, mama bisa lebih mudah untuk melakukan perbandingan.

Meskipun tergolong aplikasi kehamilan yang sederhana, ternyata Count the Kicks saat berarti bagi Emily. Di minggu ke-33 masa kehamilannya, Emily merasakan sesuatu yang tidak biasanya terjadi pada gerakan sang bayi. Tendangannya menjadi semakin jarang, bahkan hanya ada 3 gerakan selama 30 menit.

Hal ini tentu membuatnya khawatir dan langsung bergegas untuk mengeceknya ke dokter kandungan. Ternyata, menurunnya jumlah gerakan pada bayi Emily terjadi akibat sang bayi terlilit tali pusar.

3. Nyawa bayi Emily hampir tidak tertolong

3. Nyawa bayi Emily hampir tidak tertolong
scarymommy.com

Kondisi bayi yang terlilit tali pusar memang sangat membahyakan. Apalagi, bayi Emily dikatakan terlilit sebanyak tiga kali. Akibatnya, sang bayi jadi sulit bernafas dan juga bergerak. Itulah kenapa jumlah gerakan di perut menjadi menurun. Hal ini tentu merupakan kondisi yang sangat mengkhawatirkan.

Bahkan, dokter mengatakan jika Emily telat memeriksakannya ke dokter, bayinya bisa saja kehilangan nyawa.

Untuk mengtasi kondisi ini, akhirnya bayi Emily terpaksa dilahirkan 7 minggu lebih cepat dari prediksi waktu kehalirannya. Bayi Emily dilahirkan melalui proses sesar dan harus mendapatkan perawatan intensif.

Meskipun begitu, bayi Emily tetap lahir dalam keadaan sehat. Bahkan, Emily sangat bersyukur dengan adanya aplikasi kehamilan ini. Count the Kicks secara tidak langsung sangat berperan dalam menjaga keselamatan sang bayi dan dirinya.

Cerita tersebut tentu menjadi alasan betapa pentingnya mama untuk menghitung gerakan bayi setiap harinya. Menjadi calon mama tentu tidak hanya memerlukan kasih sayang, tetapi juga pengetahuan yang cukup akan kesehatan janin.

Banyak hal yang saat ini bisa digunakan untuk mengecek kesehatan janin, termasuk dengan menggunakan aplikasi Count the Kick. Aplikasi ini bisa diunduh pada Google PlayStore di smartphone mama.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;