Sering Merasa Tidak Nyaman pada Trimester Terakhir? Coba Lakukan Ini

Masalah kehamilan trimester ketiga memang kadang membuat nggak nyaman.

28 Maret 2020

Sering Merasa Tidak Nyaman Trimester Terakhir Coba Lakukan Ini
thedailybrunch.com

Usia kehamilan mama dibagi menjadi tiga periode, yaitu kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga. Pada kehamilan trimester ketiga berlangsung pada minggu ke-28 hingga ke-40.

Biasanya akan muncul beberapa masalah umum yang dialami ibu hamil. Nah, mama dapat mengatasi masalah kehamilan trimester ketiga dengan menerapkan tips berikut ini.

Tips Mengatasi Masalah pada Trimester Ketiga Kehamilan

Editors' Picks

1. Bertambahnya berat badan

1. Bertambah berat badan
Freepik/yanalya

Pada trisemester ketiga bertambahnya berat badan pada ibu hamil dapat menyebabkan kelelahan. Untuk mengatasinya, mama bisa menerapkan beberapa hal, yaitu:

  • Perbanyak waktu istirahat, mama dapat tidur lebih awal di malam hari dan melakukan tidur ketika siang hari. Apabila mama masih bekerja, maka ambillah waktu istirahat beberapa menit.
  • Perbanyak konsumsi makanan berprotein dan berkarbohidrat tinggi seperti roti, sayur dan buah-buahan.
  • Rutin berolahrga seperti berenang, berjalan kaki maupun yoga selama 20-30 menit sehari.
  • Minumlah air putih sesering mungkin agar tidak mengalami dehidrasi.

2. Ibu hamil sesak napas

2. Ibu hamil sesak napas
Freepik/yanalya

Sesak napas pada ibu hamil disebabkan oleh otot paru-paru terhimpit rahim yang makin membesar. Kondisi ini dapat menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk bernapas. Sesak napas pada ibu hamil dapat diatasi dengan memperbaiki posisi, menopang kepala dan bahu dengan bantal ketika tidur.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Heartburn Selama Kehamilan Trimester Kedua

3. Nyeri Punggung

3. Nyeri Punggung
Freepik/shayne_ch13

Masalah kehamilan trimester ketiga lainnya yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah nyeri punggung. Rasa nyeri dapat disebabkan karena ibu hamil trimester ketiga harus menopang bobot tubuh yang lebih berat.

Rasa nyeri tersebut juga dapat disebabkan oleh berkembangnya hormon relaksin selama periode masa kehamilan. Hormon ini dapat mengendurkan persendian pada tulang punggung dan memicu rasa nyeri.

Rasa nyeri ini dapat mama atasi dengan tiga cara, yaitu:

  • Latihan panggul. Pastikan posisi punggung mama tetap lurus. Setelah itu, posisikan tubuh mama seperti hendak merangkak. Lalu, goyangkan panggul ke atas dan ke bawah.
  • Tidur Miring. Pertama, posisikan tubuh mama menyamping lalu letakkan bantal di belakang punggung. Kemudian, selipkan bantal diantara sela bagian kaki.
  • Pakailah sepatu yang nyaman untuk berjalan. Ketika hamil mama disarankan untuk memakai sepatu berhak rendah.

4. Sering buang air kecil

4. Sering buang air kecil
Freepik/Dragana_Gordic

Memasuki trimester ketiga kehamilan, maka mama juga akan semakin dekat dengan persalinan. Pada periode terakhir ini, kondisi janin mama akan bergerak semakin turun ke area panggul. Kondisi ini tentu akan menyebabkan tekanan pada begian kantung kemih.

Tekanan pada kantung kemih ini dapat menyebabkan intensitas buang air kecil mama meningkat. Tapi mama dapat mengatasi masalah ini dengan mudah, yaitu:

  • Jangan minum minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman bercola karena dapat menyebabkan mama sering buang air kecil.
  • Jika ingin buang air kecil hendaknya jangan ditahan karena hanya akan meningkatkan frekuensinya.
  • Lakukanlah senam kegel.

Berbagai tips tadi bisa mama lakuakn dalam kesehariannya. Dengan demikian, harapannya semoga mama dapat tetap merasa nyaman melalui trimester ketiga kehamilan sebelum menuju tahap persalinan.

Di samping itu, pihak suami maupun keluarga juga harus proaktif dalam menenangkan menyiapkan mental mama sebelum persalinan

Namun, apabila beberapa tips mengatasi masalah tadi sudah Mama lakukan namun tidak menyelesaikan masalah, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Kehamilan trimester ketiga ini merupakan tahap terakhir menuju persalinan. Oleh karena itu, wajar saja jika Mama mengalami banyak masalah di fase ini.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.