Bagaimana Cara Menghemat Uang untuk Persiapan Kelahiran Bayi?

Sudah mulai menghitung berapa biaya yang bakal dikeluarkan untuk kelahiran bayi mama?

4 Januari 2021

Bagaimana Cara Menghemat Uang Persiapan Kelahiran Bayi
Popmama.com/Putri Syifa N
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Bukan jumlah yang sedikit jika dihitung-hitung, uang yang harus Mama keluarkan sebelum dan saat kelahiran si Kecil nanti. Tak peduli apakah Mama punya asuransi atau tidak, biaya memiliki bayi memang besar.

Untuk itu, di sini Popmama.com akan memberikan tips cara menghemat uang untuk persiapan kelahiran bayi. Dilansir dari Very Well Family, berikut ini beberapa hal yang bisa Mama lakukan:

1. Harus tahu apa saja yang ditanggung asuransi

1. Harus tahu apa saja ditanggung asuransi
Pexels/Andrea Piacquadio

Mencari tahu apa saja yang ditanggung dan tidak oleh asuransi lebih baik dilakukan sebelum Mama memutuskan untuk hamil. Jangan berasumsi bahwa semua yang berhubungan dengan persalinan akan dilindungi asuransi, tanpa tahu detailnya dari pihak asuransi terlebih dahulu.

Mama harus mengajukan pertanyaan spesifik, apakah akan ada pembayaran yang tetap harus dilakukan atau dikurangi dengan yang ditanggung asuransi. Cari tahu juga prosedur dan tes apa saja yang ditanggung selama kehamilan, pada saat persalinan, dan untuk bayi yang baru lahir.

Bergantung pada penyedia asuransi yang Mama pilih, dan jenis pertanggungan tempat mama terdaftar, ada potensi menghemat uang untuk tagihan rumah sakit. Namun biasanya premi bulanan lebih tinggi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Pastikan saja Mama menanyakan detail tentang program asuransi yang Mama pilih.

Editors' Picks

2. Periksa tagihan rumah sakit

2. Periksa tagihan rumah sakit
Pexels/Pixabay

Ada kemungkikan Mama akan menemukan beberapa kesalahan pada tagihan rumah sakit. Ketika Mama memeriksa dengan rinci tagihan tersebut, bahkan jika Mama sudah punya asuransi dan tidak perlu membayar apapun, Mama bisa mengajukan aduan atas kesalahan apapun dan meminta pihak rumah sakit untuk memperbaikinya.

Bisa jadi secara tidak sadar Mama dikenakan biaya untuk perawatan yang tidak Mama terima. Atau mungkin juga Mama ditagih dua kali untuk satu perawatan atau obat yang sama. Bisa juga pihak rumah sakit salah mengkategorikan Mama ke dalam pasien operasi caesar, sedangkan Mama melahirkan secara normal.

Jadi, pastikan Mama memeriksa dengan teliti, ya.

3. Nego harga untuk perawatan dan paket persalinan

3. Nego harga perawatan paket persalinan
Freepik/bearfotos

Jika Mama membayar sendiri untuk seluruh biaya perawatan selama masa kehamilan dan persalinan, coba cari tahu pada dokter atau rumah sakit tempat mama ditangani, apakah ada kemungkinan harga khusus. Beruntung jika Mama bisa mendapat potongan harga.

Tanyakan juga, apakah akan jauh lebih murah jika Mama membayar segala biaya di muka, untuk segala perawatan yang sudah bisa ditentukan harganya. Cari tahu juga apakah ada diskon di rumah sakit tertentu yang direkomandasikan.

Mama sebaiknya melakukan survey untuk biaya konsultasi dokter hingga persalinan, di beberapa tempat praktek atau rumah sakit. Namun jangan sampai mengabaikan kualitas produk dan pelayanan mereka juga ya, Ma.

4. Cari tahu manfaat semua perawatan yang Mama terima

4. Cari tahu manfaat semua perawatan Mama terima
Pixabay/medical prudens

Saat Mama mendapatkan perawatan atau segala macam tes sepanjang proses kehamilan dan sebelum persalinan, pastikan Mama tahu manfaatnya sebelum setuju menerima tindakan tersebut. Apapun itu.

Cari tahu mengapa hari itu Mama harus menjalani amniosentesis, pemeriksaan darah, atau USG. Mama harus tahu apakah segala tes dan tindakan tersebut benar-benar diperlukan dan berapa biayanya.

Dalam hal ini, Mama juga harus tahu tes mana yang harus rutin dilakukan selama masa kehamilan dan mana yang hanya tambahan dan tidak diperlukan. 

5. Pilihan vitamin sepanjang masa kehamilan

5. Pilihan vitamin sepanjang masa kehamilan
Pexels/Anna Shvets

Poin ini sering sekali dilupakan. Dokter atau bidan tempat mama konsultasi di masa kehamilan mungkin menuliskan resep untuk vitamin prenatal, tapi beberapa dari vitamin yang dibutuhkan itu bisa dibeli tanpa resep.

Sebagian besar Mama tidak keberatan dengan vitamin generik yang dijual bebas. Banyak produk bagus yang bisa dipilih dari deretan vitamin generik ini. Mama bisa lebih hemat, tapi ingat untuk tetap konsultasikan dengan dokter.

Selain 5 poin di atas, masih ada banyak cara menghemat uang untuk persiapan kelahiran bayi. Pastikan saja seperti apa proses persalinan yang Mama inginkan, dan cari tahu berapa besar biayanya. Dengan begitu, Mama bisa bersiap dari awal untuk menabung.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.