12 Inspirasi Nama Bayi Berdasarkan Batu Mulia

Selain bentuknya yang indah, artinya juga luar biasa

10 Oktober 2019

12 Inspirasi Nama Bayi Berdasarkan Batu Mulia
Freepik/Freepic.diller

Setiap nama adalah doa. Termasuk jika Mama hendak menamakan calon buah hati berdasarkan nama dari batu mulia. 

Di mana batu mulia memiliki sifat dan karakternya yang berbeda dan tentu penuh makna. Rasanya, menamakan anak berdasarkan batu mulia bisa jadi pilihan yang menarik.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com jabarkan nama-nama berdasarkan batu mulia, beserta penjelasan dari batu tersebut.

1. Garnet

1. Garnet
Freepik/Wavebreakmedia

Garnet atau Biduri Delima adalah batu mulia untuk anak kelahiran bulan Januari. Nama Garnet ini berasal dari bahasa Latin yang berarti "seperti biji" yang mengarah pada biji buah delima. 

Warna yang terkenal dari Garnet adalah merah. Sedangkan batu ini juga memiliki arti kekuatan. Sangat cocok dinamakan untuk buah hati yang laki-laki. 

2. Amethyst

2. Amethyst
Freepik/V.ivash

Untuk bayi kelahiran bulan Februari diwakilkan oleh batu Amethyst atau batu kecubung. Batu mulia ini terkenal dengan sifatnya yang cantik dan mampu mengendalikan perasaan yang mengenakannya. 

Energi dari batu ini adalah semangat, kreativitas, dan penuh energi. Anak perempuan akan sangat cocok diberikan nama Amethyst sebagai doa dari sosok yang cantik, kreatif, dan juga penuh lemah lembut. 

3. Aquamarine

3. Aquamarine
Pixabay/DivvyPixel

Berwarna biru muda, batu mulia Aquamarine melambangkan kemurnian hati dan ketenangan jiwa. Batu ini juga jadi perwakilan bayi yang lahir pada bulan Maret. 

Menurut mitos, Aquamarine dipercaya sebagai batu berharga milik puteri duyung dan sering jadi jimat keberuntungan para pelaut. 

Mama bisa menamakan si Kecil Aquamarina atau Aqua untuk kesan yang lebih kuat. 

4. Diamond

4. Diamond
Pixabay/Regina_Zulauf

Diamond atau intan berlian adalah batu mulia yang paling terkenal di dunia. Bahkan, sudah banyak orangtua yang menamakan anak mereka intan. 

Untuk membuat kesan berbeda, Mama bisa menamakan calon buah hati Diamond. Apalagi jika mereka kebetulan lahir pada bulan April. Sangat cocok dengan nama tersebut. 

5. Emerald

5. Emerald
Pixabay/1041483

Nama lain dari Emerald adalah Zamrud. Tentu akan lebih menarik jika si Kecil dinamakan Emerald, kan?

Nama ini sangat cocok untuk bayi perempuan. Batu mulia ini memiliki nilai yang sama tingginya dengan berlian. Selain itu, batu ini mampu memberikan perasaan nyaman dan pemandangan yang meneduhkan mata. 

6. Pearl

6. Pearl
Freepik/maybeiii

Pearl atau Mutiara bisa jadi inspirasi nama selanjutnya. Di mana mutiara merupakan batu perwakilan untuk bayi yang lahir pada bulan Juni. 

Mutiara terkenal dengan keindahannya. Di balik keindahannya, tersimpan kekuatan yang membentuk batu tersebut. Untuk nama yang berbeda, Mama bisa menamakan si Kecil Pearl karena sudah banyak orangtua yang menamakan anaknya Mutiara. 

Editors' Picks

7. Ruby

7. Ruby
Pexels.com

Selanjutnya ada batu mirah delima atau yang memiliki nama lain Ruby. Mama bisa menamakan si Kecil dengan nama Ruby atau Rubi. Terlebih jika ia lahir pada bulan Juli, jadi cocok sekali dengan nama serta perwakilan batu mulianya. 

Rubi terkenal dengan nilainya yang hampir mirip berlian, zamrud, dan mutiara. Sehigga batu ini melambangkan kecantikan dan harga diri. 

8. Olivin

8. Olivin
Pixabay/predvopredvo

Olivin memiliki nama lain peridot atau krisolit. Batu ini berwarna hijau muda dan menjadi perwakilan batu untuk anak yang lahir pada bulan Agustus. 

Olivin memiliki arti nama emas. Selain itu, keindahan dari batu ini membuat Raja Mesir jatuh cinta dan menyuruh untuk mengumpulkan semua olivin hanya untuk dirinya. 

Jika Mama berharap si Kecil bertumbuh sebagai pribadi yang emas, bisa mencoba memberikan nama ini. 

9. Sapphire

9. Sapphire
Freepik/Prostooleh

Safir atau Sapphire adalah sebuah nama yang cantik untuk anak perempuan.  Batu mulia yang jadi perwakilan kelahiran anak bulan September ini memiliki warna biru yang sangat cantik. 

Saking cantiknya, sampai ada mitos yang bercerita bahwa birunya langit berasal dari pantulan batu safir. Nama Sapphire berarti kecantikan dan kekuatan. 

10. Opal

10. Opal
Freepik/V.ivash

Selanjutnya ada batu Opal yang menjadi perwakilan untuk kelahiran bulan Oktober. Nama Opal sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "batu berharga". Sementara di bahasa Yunani, Opal berarti "perubahan warna". 

Warna dari batu ini memang seperti warna-warni dan penuh kilap cantik. Memberikan nama anak Opal diharapkan bisa mewakili sifat dari batu mulia tersebut yaitu setia dan penuh keyakinan. 

11. Topaz

11. Topaz
Freepik/Oleshkoart

Untuk orangtua yang tengah mencari nama anak unik dan tidak biasa, bisa mengintip nama yang satu ini. Topaz adalah nama batu mulia yang memiliki simbol kasih sayang dan penuh lemah lembut. 

Dalam bahasa Yunani, Topaz berarti "api" yang berani. Nama ini cocok untuk anak laki-laki yang diharapkan menjadi anak berani namun tetap penuh kasih sayang terhadap sesama.

12. Turqoise

12. Turqoise
pexels/pixabay

Nama terakhir yang tak kalah unik adalah Turqoise yang diambil dari batu mulia turqoise atau pirus. Batu ini memiliki warna yang sama dengan namanya yaitu toska. 

Untuk artinya, batu Turqoise melambangkan kesehatan, perlindungan dan kebijaksanaan. Untuk Mama yang ingin memiliki buah hati dengan nama unik dan arti yang bagus, bisa menamakannya Turqoise. 

Itulah 12 pilihan nama berdasarkan batu mulia. Berniat menamakan calon buah hati dengan nama-nama ini?

Mama saat ini juga bisa mencari dengan mudah mengenai nama-nama bayi, semuanya lengkap di sini. Tools pada website Popmama.com memuat informasi nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki-laki.

Dari seluruh nama di atas, mana nih nama favorit Mama?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!