Penglihatan Kabur Saat Hamil, Apakah Normal?

Secara tiba-tiba, pandangan terasa kabur dan berkabut, kenapa ya?

17 September 2019

Penglihatan Kabur Saat Hamil, Apakah Normal
Freepik

Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah perubahan pada pandangan mata. 

Meski sudah mengenakan kacamata, pandangan terasa kabur dan seperti berkabut. Adakah ini hubungannya dengan hormon kehamilan?

Ditengok dari Motherly, ternyata ada. Salah satu keluhan yang banyak diungkapkan ibu hamil trimester akhir adalah pandangan yang suka kabur atau berkabut. 

Seperti apa penjelasannya? Berikut Popmama.com rangkumkan untuk Mama:

1. Penyebab utamanya adalah hormon

1. Penyebab utama adalah hormon
huffingtonpost.com

Saat hamil, ovarium bekerja setiap saat untuk meningkatkan hormon seks seperti estrogen dan progesteron. Hormon estrogen berpengaruh pada semua formasi tulang dan fungsi paru-paru.  

Sementara hormon progesteron merupakan hormon utama saat kehamilan. Hormon ini berperan besar pada perkembangan dan persiapan payudara untuk menyusui, memastikan asupan sempurna untuk placenta dan lainnya. 

Hormon ini bekerja melalui aliran darah dan menuju ke berbagai organ tubuh. Sehingga banyak perubahan tubuh yang terjadi, termasuk mata. 

Dengan banjirnya hormon, cairan yang berlebih saat hamil, membuat tekanan ke bola mata. Pada akhirnya, menghasilkan efek pandangan kabur dan berkabut. 

2. Kornea mata juga bengkak saat hamil

2. Kornea mata juga bengkak saat hamil
Freepik

Kaki adalah bagian tubuh yang sering terlihat bengkak selama kehamilan. Nyatanya,banyak juga bagian tubuh lain yang bengkak, salah satunya kornea mata. 

Kornea adalah bagian transparan di mata yang melindungi iris, pupil dan bilik mata depan. Kornea mata memiliki fungsi melengkungkan cahaya. 

Saat kornea mata menebal, mereka mulai membengkok karena itulah pandangan jadi berubah saat hamil. 

Editors' Picks

3. Migrain saat hamil bisa disebabkan karena pandangan kabur

3. Migrain saat hamil bisa disebabkan karena pandangan kabur
Freepik/wavebreakmedia

Migrain bisa jadi salah satu alasan keluhan penglihatan saat hamil. Saat stres dan rasa tidak nyaman makin tinggi di minggu-minggu akhir kehamilan, hormon lain pun menekan tubuh. 

Seperti hormon kortisol yang kelelahan mengendalikan stres, seks hormon yang meningkat dan menekan otak serta bagian lain di tubuh, menyebabkan migrain. 

Hasilnya, migrain bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti cahaya yang terlalu terang, blind spot, cahaya zigzag, dan kehilangan pandangan secara temporer. Ini termasuk pandangan yang kabur dan berkabut.

4. Pandangan kabur bisa jadi tanda preeklamsia

4. Pandangan kabur bisa jadi tanda preeklamsia
Freepik/Vgstockstudio

Preeklamsia adalah salah satu hal yang menakutkan saat hamil. Beberapa tanda Mama mungkin mengalami preeklamsia adalah pandangan kabur, sensitif pada cahaya, pandangan dobel, dan kebutaan sementara.

Semua hal itu disebabkan oleh tingginya tekanan darah yang menyebabkan iritasi di sistem syaraf utama. Namun jangan kuatir, karena perubahan pandangan ini hanya sementara.

Saat tekanan darah turun, pandangan bisa kembali seperti sedia kala. 

Baca juga:

5. Perbaiki pandangan mata dengan cara alami

5. Perbaiki pandangan mata cara alami
onties.com

Jika Mama mengalami hal ini, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Jika mata sudah berkabut, ada baiknya Mama menghentikan kegiatan di depan komputer dan ponsel. 

Kemudian, perbanyak asupan omega 3 seperti ikan, flaxseed, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

Jika pandangan mata kabur secara berulang dan tidak ada tanda membaik, jangan ragu untuk segera mengonsultasikan hal ini pada dokter, ya. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!