Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat, Baik untuk Ibu Hamil

Insomnia sangat mengganggu bagi ibu hamil, atasi dengan cara yang berikut ini Ma

22 Mei 2019

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Tanpa Obat, Baik Ibu Hamil
Freepik/boryanam

Kondisi tidak bisa tidur atau sering juga dikenal sebagai insomnia, adalah gangguan tidur di mana orang sulit tidur, dan mereka mungkin mengalami kesulitan untuk tetap tertidur selama yang diinginkan atau mereka mengalami kesulitan tidur.

Jika kamu sebagai ibu hamil memiliki masalah ini, kamu tentu telah mendengar banyak nasihat tentang cara memperbaikinya, tetapi tetap saja, bagaimana pun kamu kesulitan menumakan solusi.

Kamu perlu menemukan produk obat yang paling sesuai, tapi ngeri juga ya jika saat ini kamu sedang hamil. Berikut ini Popmama.com bagikan cara mengatasi insomnia secara alami tanpa obat atau pil tidur.

1. Percaya pada kekuatan minyak esensial

1. Percaya kekuatan minyak esensial
Unsplash/Kelly Sikkema

Pernah dengar minyak esensial? Ini efektif kalau kamu bisa percaya hal ini. Kadang disebut sebagai esential oil atau bisa juga disebut aromatic oil.

Caranya adalah menemukan minyak yang paling sesuai dengan kamu. Coba minyak lavender, minyak chamomile karena kamu bisa menemukan ketenangan dari mencium aromanya.

2. Gabungkan meditasi dan melatonin

2. Gabungkan meditasi melatonin
Unsplash/Rafal Jedrzejek

Belajar bermeditasi setidaknya 15 menit sehari dan gunakan suplemen melatonin. Kedua hal ini bisa membuat keajaiban bagi biorhythm kamu. Jika dua hal ini menjadi kebiasaan, kamu akan segera memiliki mimpi indah di malam hari.

3. Hindari sesuatu yang membuat otak kamu berpikir keras dan merasa tertantang

3. Hindari sesuatu membuat otak kamu berpikir keras merasa tertantang
Freepik

Tubuh manusia berevolusi untuk tidur sepanjang malam dan bangun ketika sudah terang. Namun, dengan teknologi saat ini, kami mengganggu bioritme kami. Jadi jangan menonton TV atau gunakan ponsel kamu beberapa jam sebelum tidur.

Paparan cahaya dari layar gadget bisa berpengaruh juga untuk kesehatan kamu. Selain itu, lebih baik membaca novel untuk bisa membuat kamu cepat mengantuk.

Hindari kegiatan yang memberikan tantangan dan membuat kamu berpikir keras, kamu bisa lebih tenang jika terus mencoba pejamkan mata dan menghitung mundur.

Editors' Picks

4. Makan dan minum sesuatu yang mengandung magnesium

4. Makan minum sesuatu mengandung magnesium
Freepik/ijeab

Jika hal-hal ini tidak berhasil dan kamu tidak dapat mengalahkan insomnia secara alami, cobalah suplemen magnesium. Magnesium membantu otak kamu untuk tenang, dan mungkin kekurangan magnesium dalam tubuh kamu adalah apa yang membuat kamu terjaga di malam hari.

5. Ganti kasur baru yuk

5. Ganti kasur baru yuk
Freepik/katemangostar

Ketika kamu mengalami insomnia, kamu memiliki banyak faktor tersembunyi yang berkontribusi pada masalah medis ini. Untuk mengobatinya kamu perlu mengisolasi semua faktor yang berkontribusi terhadap insomnia.

Jika kamu tidak dapat tidur meskipun sudah lelah karena berolahraga, mengurangi kafein dan mengubah pola makan, kamu harus mempertimbangkan tentang mengganti kasur tidur.

Tidur sangat penting untuk kesehatan kamu, oleh karena itu kamu harus berinvestasi di kasur yang sesuai yang akan memberi kenyamanan pada waktu tidur yang berkualitas.

6. Bantal hamil

6. Bantal hamil
groupon.com

Ini dia yang kadang dinilai nggak penting, padahal ini justru sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Posisi tidur kamu jadi lebih ditopang dengan baik oleh bantal hamil ini, sehingga perut dan punggung kamu terasa lebih nyaman.

Itulah 6 hal yang perlu Mama perhatikan untuk mengatasi insmonia di kehamilan trimester ketiga. Semoga penjelasan di atas bisa Mama ikuti ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!