7 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Aman untuk Ibu Hamil

Ini dia cara yang tepat Ma

19 Mei 2019

7 Cara Menggunakan Minyak Kelapa Kesehatan, Aman Ibu Hamil
encian.hr

Cara menggunakan minyak kelapa ini telah teruji berdasarkan penelitian. Minyak kelapa diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada banyak minyak kelapa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak kelapa sangat ampuh karena dipercaya sebagai sumber serat, vitamin, mineral, dan asam amino kelapa di dalamnya.

Apa kandungan yang ada pada minyak kelapa?

Minyak dari kelapa ini juga memiliki banyak kalsium, potasium, dan magnesium. Minyak kelapa biasa digunakan dalam makanan, dalam kosmetik, manfaat minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan, dan banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari lainnya.

1. Minyak kelapa meningkatkan kesehatan tulang

1. Minyak kelapa meningkatkan kesehatan tulang
hairlossandcare.com

Menurut sebuah penelitian di tahun 2012, menambahkan minyak kelapa ke dalam diet kamu dapat secara signifikan mengurangi risiko osteoporosis. Kok bisa ya? Itu dia seperti yang telah disebut, minyak kelapa kaya akan kalsium.

Para ilmuwan menambahkan minyak kelapa untuk diet tikus dan mempelajari tulang mereka untuk jangka waktu 6 minggu. Tikus memiliki volume tulang yang lebih besar dan indikasi positif lainnya untuk kesehatan mereka juga meningkat.

Minyak kelapa juga membantu orang yang menderita radang sendi. Kamu tidak harus mengkonsumsi minyak kelapa secara lisan, itu cukup untuk memijat bintik-bintik yang menyakitkan untuk menghilangkan gejala radang sendi.

2. Minyak kelapa mengurangi lemak sekitar perut

2. Minyak kelapa mengurangi lemak sekitar perut
Freepik

Percaya nggak, orang minum 1 sendok makan minyak kelapa setiap hari bisa jadi kurusan?

Sebenanrnya nggak tiba-tiba jadi kurus, ini perlu jadi agenda rutin kamu sehari-hari. Minyak kelapa memiliki kemampuan melancarkan pencernaan dan membawa libah dalam usus. Setidaknya kamu bisa lancar buang air dan di sini minyak kelapa bermanfaat untuk mengurangi lemak di sekitar perut.

Anehnya, sebuah studi dari 2009 menemukan bahwa dengan menambahkan 2 sendok makan minyak kelapa dalam menu diet harian, diikuti dengan latihan, mengurangi lingkar pinggang dalam waktu 12 minggu.

Sekelompok perempuan yang mengonsumsi minyak kedelai bukan minyak kelapa tidak mengurangi lingkar pinggang.

Setiap orang yang berpartisipasi dalam penelitian berjalan 50 menit sehari, jadi bukan hanya minyak kelapa yang bertanggung jawab atas hasilnya. Namun, para ilmuwan percaya bahwa ada kontribusi dari melakukan minum minyak kelapa secara berkelanjutan.

3. Melembabkan kulit dengan minyak kelapa

3. Melembabkan kulit minyak kelapa
mtc-academy.com

Mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang kering dan kasar dapat meningkatkan kelembapan dan ketegangan yang terjadi pada permukaan kulit kamu.

Sebuah penelitian tertentu dari tahun 2004 menunjukkan bahwa minyak kelapa dan mineral meningkatkan kondisi kulit. Para ilmuwan memperhatikan bahwa orang yang tinggal di tempat tropis selama berabad-abad menggunakan minyak kelapa untuk memperbaiki kondisi kulit mereka.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Editors' Picks

4. Manfaatkan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe

4. Manfaatkan minyak kelapa menghilangkan ketombe
aula-natural.com

Karena minyak kelapa bisa meningkatkan kelembaban kulit, ini juga efektif jika digunakan sebagai cara mengatasi ketombe yang bandel dan gatal.

Menerapkan minyak kelapa ke kulit kepala sebelum tidur akan mengembalikan kelembapan dan membuatnya kurang “terkelupas.”

Selain itu, minyak kelapa meningkatkan keindahan penampilan rambut.

Sebuah penelitian tertentu dari tahun 2003 menunjukkan bahwa minyak kelapa mencegah kerontokan rambut.

5. Percepat penyembuhan luka-luka ringan

5. Percepat penyembuhan luka-luka ringan
encian.hr

Satu penelitian menunjukkan bahwa luka yang diobati dengan minyak kelapa lebih cepat sembuh. Percobaan dilakukan pada tikus, tetapi kulit mereka sangat mirip dengan kita, jadi hasilnya harus diterapkan pada manusia.

6. Mengatasi ruam popok pada anak bayi

6. Mengatasi ruam popok anak bayi
Freepik/valeria_aksakova

Biasanya sekitar selangakangan dan pantat bayi suka mengalami ruam efek penggunaan popok instan yang terlalu lama. Kasihan sekali nih Ma, kalau Si Kecil kesakitan lama-lama.

Oleskan minyak kelapa segera. Minyak kelapa kaya akan mineral juga, jadi cepat mengatasi ruam popok pada bayi.

7. Minyak kelapa menyembuhkan lecet dan baret di kulit

7. Minyak kelapa menyembuhkan lecet baret kulit
Freepik/dashu83

Area kewanitaan ibu hamil terkadang memiliki kelembaban berlebih. Ini bisa mengundang terjadinya keputihan. Ini juga bisa meninggalkan rasa gatal yang luar biasa.

Terkadang bisa sampai menyebabkan lecet atau baret karena gesekan kulit dengan pakaian dalam. Gunakan minyak kelapa untuk menyembuhkan lecet dan baret di kulit termasuk di area kewanitaan.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa minyak kelapa mengandung beberapa komponen biologis aktif yang dapat memfasilitasi penyembuhan luka. Jangan lupa bersihkan area kulit yang luka dan keringkan ya sebelum kamu oleskan minyak kelapa.

Itulah 7 cara menggunakan minyak kelapa dan penjelasan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan dianggurin, kalau di rumah ada minyak kelapa, yuk digunakan sebaik-baiknya Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;