Fakta Kehamilan Trimester Ketiga yang Harus Mama Ketahui

Apa yang kamu bayangkan Ma, mungkin bisa dilihat faktanya berikut ini..

12 Juni 2018

Fakta Kehamilan Trimester Ketiga Harus Mama Ketahui
Unsplash/ziago

Halo trimester ketiga! Saat ini mungkin Mama merasa BESAR tapi sekarang adalah waktu yang sangat dekat untuk ‘akhirnya’ bertemu dengan bayi Mama. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang apa yang terjadi selama kehamilan trimester ketiga - akhir kehamilan Mama.

Apakah kamu tahu bahwa bayi kamu yang belum lahir minum (dan kemudian buang air kecil) cairan amnion? Seluruh jumlah diresirkulasi dan diisi ulang setiap tiga jam sekali, jadi pastikan Mama meminum banyak air agar cairan untuk janin tetap terjaga.

Perkembangan janin 28 minggu

Perkembangan janin 28 minggu
Freepik/yanalya

Pada 28 minggu, mata bayi kamu yang belum lahir terbuka, dan selain membedakan cahaya dari kegelapan, dia belajar untuk fokus - meskipun dia hanya bisa melihat benda-benda hingga sekitar 15 cm jauhnya setelah kelahiran.

Perkembangan janin 29-32 minggu

Perkembangan janin 29-32 minggu
Freepik

Antara minggu ke 29 kehamilan dan minggu ke 32 bayi kamu mendapatkan penambahan berat sekitar 500 gram setiap minggu. Ini sama dengan berat margarin. Jadi itu menjelaskan mengapa kamu tiba-tiba  merasa pakaian hamil kamu sesak atau tidak muat lagi.

Pada suhu 37,5 °C, cairan amnion sedikit lebih hangat daripada suhu tubuh normal Mama, agar bayi di dalam kandungan tetap hangat saat dia sedang membangun tumpukan lemak di tubuhnya.

Perkembangan janin 32-35 minggu

Perkembangan janin 32-35 minggu
freepik

Pertumbuhan berat badan bayi Mama mulai melambat sekarang, dan bayi di dalam kandungan bertambah sekitar 250 gram seminggu. Setiap kehamilan berbeda-beda, tapi ini bisa menjadi patokan untuk Mama.

Kemampuan mencium bayi telah berkembang pada usia 32 minggu, namun karena tidak ada udara di dalam rahim untuk membawa aroma, bayi saat ini belum bisa mencium apa pun.

Otak bayi pun tumbuh sangat cepat sehingga lingkar kepalanya meningkat sekitar 2,5 cm seminggu pada tahap ini, dan kamulah yang harus mendorongnya keluar nanti saat proses persalinan!

Paru-paru bayi berkembang semakin cepat. Bayi yang lahir pada usia 34 minggu kemungkinan akan memerlukan sedikit bantuan untuk bernapas, namun pada usia 36 minggu dia hampir pasti akan bisa bernafas sendiri.

Editors' Picks

Perkembangan janin 35 minggu

Perkembangan janin 35 minggu
Freepik

Bobot rata-rata bayi yang belum lahir pada usia 35 minggu adalah 2,46 kg. Tidak heran punggungmu terasa sakit!

Jika bayi Mama lahir sekarang, dia memiliki kesempatan bertahan 99 persen. Pada minggu ini kebanyakan bayi telah menempati posisi yang akan mereka masuki untuk jalan lahir nanti.

Posisi longitudinal berarti bayi kamu berbaring secara vertikal di rahim, baik kepala bagian bawah (cephalic) atau bawah / kaki ke bawah yang sering disebut posisi sungsang. Posisi transverse berarti dia berbaring secara horisontal, dan miring berarti dia terbaring diagonal.

Bayi yang sungsang, posisi melintang dan miring bisa membuat persalinan sulit, tapi bayi kamu mungkin masih bisa mengubah posisi, sesuai dengan kemauannya sendiri atau dengan diputar secara manual oleh konsultan.

Dengan usia 40 minggu, 95 persen bayi cephalic, 4 persen sungsang, dan hanya 1 persen yang melintang atau miring.

Pemindaian otak telah menunjukkan bukti bahwa bayi mengalami masa REM, dan bayi mulai bisa bermimpi saat ia tidur dari bulan kedelapan kehamilan dan seterusnya.

Bayi berusia 35 minggu, meski masih berada di dalam kandungan, sekarang telah benar-benar mengalami pendengaran. Teruslah mengobrol dengannya Mama.

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, sistem pencernaan bayi terisi dengan mekonium. Ini adalah zat hitam kehijauan gelap yang terbuat dari sel kulit mati, lanugo dan ekskresi dari usus, hati dan kandung empedunya. Ini akan membentuk kotorannya yang pertama kali dan ini sangat lengket.

Tulang bayi kamu mengeras, tapi tengkoraknya tetap lembut dan lentur sehingga lebih mudah baginya untuk menyusuri jalan lahir. Ini bisa membantu Mama saat mengejan di proses persalinan nanti.

Perkembangan janin 36 minggu

Perkembangan janin 36 minggu
Unsplash/kellysikkema

Pada 36 minggu kepala bayi dalam kandungan bergerak turun ke panggul kamu. Ketika hanya dua perlima kepalanya berada di atas tulang panggul, dia dianggap pas dan siap untuk dilahirkan.

Perkembangan janin 37-39 minggu

Perkembangan janin 37-39 minggu
Freepik/yanalya

Bayi Mama benar-benar matang pada usia 37 minggu dan aman untuk lahir kapan saja. Proses persalinan akan memulai jantung dan sistem pernafasannya bekerja sehingga dia bisa hidup dan bernafas di dunia yang luas dan besar ini.

Janin 40 minggu

Janin 40 minggu
Freepik/pressfoto

Pada 40 minggu plasenta kamu seukuran piring makan besar. Ketebalannya 2-3 cm, beratnya 650 gram dan dihitung sebagai keseluruhan organ ekstra.

Pada akhir kehamilan, rahim kamu 500-1000 kali ukuran normalnya! Merasa lebih dari itu? Ingat saja bahwa hanya 5 persen bayi yang sampai pada tanggal jatuh tempo.

Inilah waktunya memutuskan nama bayi, Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools Baby Names Finder.

Topic: