Manfaat Daun Sirih Untuk Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Manfaat sirih untuk kesehatan itu banyak, tapi ini yang paling tinggi khasiatnya untuk ibu hamil

17 Mei 2019

Manfaat Daun Sirih Ibu Hamil Pasca Melahirkan
plukme.com

Ma, pasti pernah dengar kan kalau daun sirih memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, khususnya untuk kesehatan. Selain itu, daun sirih juga memiliki banyak manfaat untuk digunakan bagi Mama pasca persalinan.

Bagaimana caranya dan apa manfaatnya daun sirih?

Rebusan daun sirih juga bermanfaat bagi bayi dalam kandungan. Oleh karenanya, rebusan daun sirih perlu menjadi obat alami yang dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Pada daun sirih terkandung minyak atsiri yang meliputi minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Berikut Popmama.com akan menyebutkan 6 manfaat daun sirih untuk ibu hamil dan pasca melahirkan:

1. Mengatasi keputihan

1. Mengatasi keputihan
checkpregnancy.com

Keputihan ini merupakan hal yang wajar dialami oleh para perempuan, terutama bagi ibu hamil yang sudah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga. Biasanya keputihan dialami sebelum atau sesudah menstruasi jika sedang tidak hamil.

Keputihan memiliki gejala seperti bau dan warna cairan putih. Oleh karenanya untuk mengatasi masalah keputihan pada ibu hamil sebaiknya diatasi dengan mengonsumsi rebusan daun sirih karena mengandung antiseptik dan anti jamur yang sangat baik.

Tapi Ma, tidak perlu berlebihan ya, cukup minum sehari sekali. Coba lihat apakah ada perubahan atau tidak. Lakukan selama 2 hari berturut-turut. Jika dianggap belum ada perbedaan Mama bisa konsultasi ke dokter kandungan segera. 

Selain diminum, untuk mengurangi rasa gatal dan lembab yang tidak nyaman maka bisa juga sebagai air cebok atau untuk membersihkan area kewanitaan.

Baca Juga: Fakta Tentang Kesadaran Perempuan Dalam Menjaga Kebersihan Area Intim

2. Menghilangkan gatal pada organ intim

2. Menghilangkan gatal organ intim
mika-kenko.com

Gatal pada organ intim ibu hamil yang disebabkan oleh bakteri, kelembaban, atau jamur bisa diatasi dengan rebusan daun sirih yang mengandung antiseptik dan anti jamur.

Manfaat daun sirih ini memang sederhana untuk bisa ikut Mama coba di rumah. Cukup rebus 10 lembar daun sirih, gunakan 3 gelas air bersih. Setelah air mendidih dan berubah warna kecokelatan, Mama bisa saring atau sisihkan daunnya dan airnya setelah suhunya hangat bisa dipakai untuk membersihkan area kewanitaan.

3. Obat sariawan dan bau mulut

3. Obat sariawan bau mulut
Pixabay/AlbanyColley

Ibu hamil yang sedang terkena sariawan serta memiliki masalah bau mulut bisa mengatasi dua keluhan tersebut dengan cara berkumur dengan rebusan daun sirih.

Editors' Picks

4. Mengatasi masalah kelebihan asi

4. Mengatasi masalah kelebihan asi
medicalnewstoday.com

Dengan menggunakan rebusan daun sirih, bisa membuat potensi ASI yang berlebihan pada seorang ibu hamil menjadi berkurang.

Semua terkendali dalam jumlah yang cukup, tidak membuat kering juga. Maka itu tidak disarankan untuk diminum secara berlebih dan rutin juga.

5. Mengatasi kram pada persendian

5. Mengatasi kram persendian
Freepik/shayne_ch13

Sudah umum, ibu hamil biasanya mengalami keram atau nyeri di bagian persendian. Oleh karena itu Ma, meminum air rebusan daun sirih dapat meredakan kram dan nyeri di bagian persendian. Cukup minum sekali saja saat Mama benar-benar merasa nyeri.

6. Manfaat daun sirih untuk Menghilangkan keringat berlebih

6. Manfaat daun sirih Menghilangkan keringat berlebih
www.pexels.com
Tampil cantik saat hamil

Salah satu penyebab bau badan tak sedap adalah karena keringat berlebih, keringat berlebih sering kalinya dialami oleh kaum pria.

Nah, tapi ibu hamil terutama jika sudah di kehamilan trimester ketiga biasanya mengalami keringat berlebih juga nih. Untuk mengatasinya Mama bisa menggunakan daun sirih.

Caranya Mama bisa menggosokkan daun sirih yang sudah dipanaskan dan layu ke area tubuh yang sering mengalami keringat berlebih. Selain itu Mama juga bisa mengguyurkan air rebusan ke tubuh Mama untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap.

Ini bisa Mama terapkan saat sedang hamil maupun saat mengalami keringat berlebih setelah persalinan.

Itulah 6 manfaat daun sirih untuk ibu hamil dan pasca melahirkan. Semoga bermanfaat ya Ma, daripada tergantung sama obat-obatan, sesekali nggak ada salahnya menggunakan yang alami kok Ma. 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;