Catat! Ini 7 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir Jelang Persalinan

Demi mempercepat proses persalinan, ini perlu dilakukan!

20 Juli 2019

Catat Ini 7 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir Jelang Persalinan
Pixabay/Distel2610

Mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) tak jarang ibu hamil merasa khawatir karena tidak ada tanda-tanda kontraksi menjelang persalinan. Padahal cepat atau lambatnya proses persalinan itu semua bergantung pada pembukaan jalan lahir. Secara normal seharusnya mulut rahim atau serviks akan lunak serta melebar ketika jelang persalinan. 

Sebagian ibu hamil mengalami proses pembukaan yang terbilang cukup lambat. Dilansir dari Baby Centre, beberapa kasus ibu hamil mengalami pembukaan yang cukup lambat seperti posisi bayi masih belum ideal, masih terlalu jarang terjadi kontraksi hingga ada rasa takut atau cemas menjelang waktu-waktu persalinan. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cara mempercepat pembukaan jalan lahir, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa langkah yang tepat. 

Semoga bisa membantu proses persalinan menjadi lebih mudah ya, Ma. 

1. Sering berjalan kaki untuk membantu bayi menemukan jalan lahir

1. Sering berjalan kaki membantu bayi menemukan jalan lahir
Pexels/Leah Kelley

Belum ada tanda-tanda pembukaan padahal waktu persalinan telah kunjung tiba seringkali membuat ibu hamil cemas. Untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, Mama dapat mengusahakannya dengan lebih sering berjalan kaki. 

Menurut Birthing Naturally, berjalan kaki lebih sering akan membantu janin menjadi lebih cepat turun ke arah jalan lahir. Tak perlu jauh-jauh, cukup hanya berjalan kaki di sekitar rumah atau taman agar tidak terlalu membosannya. 

Perlu Mama ketahui bahwa kepala janin yang mengalami tekanan ke arah mulut rahim dapat membantu pembukaan menjadi lebih cepat. Selain itu, seringnya jalan kaki juga dapat menstimulasi kontraksi serta mendorong proses pembukaan lebih cepat. 

Jika jalan-jalan terasa membosankan, cobalah minta suami atau kerabat terdekat untuk mendampingi. Buatlah aktivitas mempercepat proses pembukaan menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 5 Posisi Meredakan Nyeri dan Sakit Saat Kontraksi Menjelang Persalinan

2. Buang air kecil teratur mempercepat pembukaan 

2. Buang air kecil teratur mempercepat pembukaan 
Freepik/Jcomp

Jelang persalinan seringkali ibu hamil merasa haus karena semakin panik. Walau wajar terjadi, namun ini dapat berdampak karena menghambat pembukaan menjelang proses persalinan. 

Perlu Mama ketahui bahwa kandung kemih yang penuh, namun tidak dikeluarkan secara rutin karena ini dapat menghambat kontraksi. Semakin terus ditahan, maka tekanan pada serviks akan semakin memperlambat pembukaan. 

Untuk itu, saat sudah ingin buang air kecil pastikan tidak ditahan. Seringlah buang air kecil secara teratur untuk mempercepat pembukaan. 

Baca juga: Calon Mama Wajib Tahu, Seperti Ini Lho Rasanya Kontraksi!

3. Mandi menggunakan air hangat agar tubuh lebih rileks

3. Mandi menggunakan air hangat agar tubuh lebih rileks
Freepik

Ketegangan jelang persalinan perlu dilakukan diminimalisir dengan baik agar mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir si Kecil. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mandi menggunakan air panas. 

Jika Mama memiliki bathtub pada salah satu kamar mandi di rumah, cobalah untuk berendam atau berbaring menggunakan air hangat. Mandi air hangat serta suasana yang nyaman di dalam kamar mandi dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Walau sederhana, namun cara ini dapat membantu dalam mempercepat pembukaan jelang persalinan. 

Baca juga: Begini Cara Bedakan Kontraksi Palsu dan Kontraksi Tanda Persalinan

Editors' Picks

4. Melakukan olahraga ringan karena dapat meregangkan jalan lahir

4. Melakukan olahraga ringan karena dapat meregangkan jalan lahir
freepik

Cara lain yang bisa digunakan ibu hamil untuk mempercepat pembukaan menjelang persalinan yaitu dengan berolahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan yang ringan seperti berjalan kaki atau latihan naik turun tangga secara perlahan. 

Olahraga ringan memang diperbolehkan untuk mempercepat proses pembukaan karena dapat meregangkan serviks sebagai jalan lahir si Kecil, namun pastikan tidak terlalu ambisius agar pembukaan lebih cepat terjadi karena perlu juga memahami kondisi tubuh sendiri. 

Usahakan tetap berhati-hati dan fokus terhadap janin di dalam kandungan ya, Ma!

Baca juga: 4 Jenis Kontraksi yang Akan Dihadapi Saat Persalinan

5. Stimulasi kontraksi menggunakan ball birth

5. Stimulasi kontraksi menggunakan ball birth
babycenter.in

Ball birth yang berbentuk seperti bola gym dengan ukuran yang berat dan fleksibel dapat digunakan untuk membantu ibu hamil selama proses persalinan. Bola yang satu ini dipercaya dapat melancarkan persalinan serta mengurangi rasa sakit saat kontraksi. 

Jika ball birth rutin digunakan, Mama pasti akan menyadari bahwa bola ini dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung saat terjadi kontraksi. Jelang persalinan setiap ibu hamil perlu menyiapkan otot tubuh agar proses persalinan terasa lebih mudah karena mempercepat proses pembukaan. 

Mama tidak perlu khawatir atau bingung saat menggunakan ball birth karena ini relatif mudah. Lakukanlah posisi duduk di atas bola, sehingga dapat membuat otot panggul menjadi lebih rileks. Selain itu, Mama juga dapat duduk di atas ball birth dengan kaki diluruskan agar lebih terasa nyaman.  

Baca juga: Fakta Kontraksi Palsu yang Bermanfaat untuk Persalinan

6. Melakukan stimulasi puting susu untuk meningkatkan kontraksi rahim 

6. Melakukan stimulasi puting susu meningkatkan kontraksi rahim 
hansplace.com

Mempercepat pelebaran mulut rahim dapat dilakukan dengan stimulasi puting susu. Cara seperti ini cukup alami karena dapat membantu proses persalinan menjadi lebih cepat karena memicu pelepasan hormon oksitosin, sehingga menimbulkan kontraksi rahim. 

Stimulasi puting susu dapat dilakukan oleh semua perempuan secara manual. Mama bisa menggunakan alat bantu seperti pompa payudara atau meminta bantuan suami untuk melakukan stimulasi puting susu ini. 

Saat melakukan ini pastikan kalau satu stimulasi pada masing-masing payudara hanya berlangsung selama lima menit sekali, lalu beristirahatlah sebentar disela-sela masa kontraksi. Usahakan tidak melakukan stimulasi secara berlebihan ya, Ma. 

Selain itu, saat stimulasi Mama juga perlu bersantai seperti mendengarkan musik yang menenangkan dan memicu rasa nyaman. Dengan begitu, cara ini dapat menghasilkan efek yang sama untuk mempercepat pembukaan saat persalinan. 

Baca juga: Sebelum Melahirkan Anak Keempat, Nadia Mulya Sempat Menanti Kontraksi

7. Mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang sebagai camilan sehat

7. Mengonsumsi buah pepaya sudah matang sebagai camilan sehat
healthandmindcare.com

Pepaya termasuk salah satu buah yang dapat menjadi camilan sehat, setuju nggak? 

Apalagi buah yang satu ini mengandung berbagai vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral, potassium dan betakaroten yang diperlukan tubuh dalam meningkatkan sistem imun. Di dalam buah pepaya juga terdapat enzim papain yang mempu merangsang terjadinya kontraksi. 

Dilansir dari Healthline, pepaya yang sudah matang aman dikonsumsi ibu hamil. Meskipun buah pepaya dapat mempercepat pembukaan, namun perlu disadari bahwa asupannya harus tetap memerhatikan agar tidak terlalu berlebihan saat dikonsumsi. 

Itulah beberapa cara mempercepat pembukaan jalan lahir jelang persalinan agar lebih mudah. Untuk Mama yang ingin sedang menanti kelahiran si Kecil tetap semangat ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;