Eksklusif: Jelang Persalinan, Nina Zatulini Ingin Melewati Masa Nifas yang Menyenangkan

Nina Zatulini ingin ciptakan bonding yang hangat bersama anak bungsunya saat masa nifas

1 November 2020

Eksklusif Jelang Persalinan, Nina Zatulini Ingin Melewati Masa Nifas Menyenangkan
Instagram.com/ninazatulini22

Nina Zatulini termasuk salah satu artis perempuan yang sedang menanti kelahiran anak ketiganya. Walau belum memberitahukan jenis kelamin dari anak bungsunya secara resmi, namun Nina telah merangkai nama si Kecil dengan tiga kata. 

"Sebenarnya saya sudah menemukan untuk nama tengah dan nama belakangnya, tetapi nama depannya yang berinisial huruf K tersebut masih galau. Sudah ada beberapa pilihan, bahkan Kenzie dan Khanza pun sudah ada pilihan tersendiri untuk nama adik mereka," jelas Nina saat diwawancarai secara eksklusif bersama Popmama.com pada Senin (12/10/2020) lalu. 

Untuk nama tengah anaknya, Nina pun sudah membuat kombinasi antara namanya dengan nama sang Suami. Hal ini dikarenakan agar unik, mudah diucapkam dan tentunya disesuaikan dengan arti namanya. 

Menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir), Nina sudah membayangkan berbagai hal menyenangkan ketika sudah berkumpul dengan si Kecil sebagai anggota baru di rumah. Salah satu momen yang telah dibayangkannya, yakni masa nifas. 

Jika Mama ingin mengetahui curahan hati dari Nina ketika mendambakan dapat melewati masa nifas yang menyenangkan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk Ma, simak cerita dari dari Nina Zatulini sebagai Millennial Mama of the Month edisi Oktober 2020 melalui wawancara eksklusif secara virtual!

Editors' Picks

1. Masa nifas akan menjadi momen penyesuaian antara Nina Zatulini bersama anak bungsungnya 

1. Masa nifas akan menjadi momen penyesuaian antara Nina Zatulini bersama anak bungsungnya 
Instagram.com/ninazatulini22

Mungkin sudah banyak yang tidak asing lagi dengan istilah masa nifas ya, Ma. 

Masa nifas adalah masa yang dihitung sejak pasca persalinan hingga 6 minggu sesudahnya. Pada mas nifas, Mama akan mengalami beragam perubahan pada tubuh, sehingga organ-ogan yang berperan dalam masa kehamilan (seperti rahim, serviks, vagina) akan kembali seperti semula saat sebelum hamil. 

Terkait dengan masa nifas, Nina Zatulini yang sebentar lagi melahirkan anak ketiganya di bulan November juga telah mempunyai bayangan momen-momen pasca persalinan. Di momen masa nifas, Nina mendambakan bisa melewati masa nifas yang menyenangkan. 

"Masa nifas menjadi momen penyesuaian karena sebagai seorang Mama, kita juga ibaratnya perlu menciptakan bonding bersama anak. Apalagi harus menyesuaikan kebiasaan dia yang baru dengan rutinitas kita, mengingat setiap anak pasti akan berbeda-beda kebiasaannya," jelas Nina.   

Menurut Nina, masa nifas selama 40 hari tersebut perlu diperhatikan dengan baik. 

2. Walau nanti akan terasa berat, Nina Zatulini akan menjalani masa nifas dengan ikhlas

2. Walau nanti akan terasa berat, Nina Zatulini akan menjalani masa nifas ikhlas
Dok. Pribadi/Nina Zatulini

Menghabiskan waktu dengan si Kecil memang perlu dilakukan selama menjalani masa nifas.

Kepada Popmama.com ketika diwawancarai secara eksklusif, Nina Zatulini ingin menciptakan banyak momen menyenangkan sekaligus berkesan bersama anak bungsunya. Sebagai seorang Mama, Nina ingin lebih dekat dengan si Kecil selama menjalani masa nifas. 

"Masa nifas selama 40 hari tersebut perlu diperhatikan dengan baik. Selain fase penyesuaian tetap perlu ada bonding yang tercipta bersama anak," kata Nina. 

Walau sederhana seperti sebuah gendongan, dekapan, sentuhan atau sekedar menemani bermain selama masa nifas bisa menciptakan pengalaman bonding yang hangat bersama si Kecil. 

Meskipun tetap harus menjaga dua buah hatinya yang lain, namun Nina ingin mempunyai momen yang spesial bersama anak bungsunya.

"Saya berharapnya masa nifas ini bisa berjalan dengan lancar, tetap kalau misalnya ada halangan berarti mau tidak mau harus dinikmati dan dijalani," tambahnya. 

3. Nina Zatulini juga akan tetap fokus terhadap pemulihan diri sendiri

3. Nina Zatulini juga akan tetap fokus terhadap pemulihan diri sendiri
Instagram.com/ninazatulini22

Selama masa nifas, perempuan biasanya akan mengalami perubahan hormon. Hormon estrogen dan progesterone akan menurun secara drastis, sehingga terjadi peningkatan kadar hormon prolactin dan oksitosin.

Walau harus mengurus si Kecil pasca persalinan, Nina Zatulini juga akan tetap fokus terhadap pemulihan dirinya sendiri selama masa nifas berlangsung. 

"Fase tersebut juga di mana kita tetap harus memikirkan pemulihan diri sendiri, bukan hanya ke anak saja. Sebagai seorang Mama, kita juga membutuhkan waktu untuk proses pemulihan di masa nifas ini," kata Nina.  

Menurut Nina, seorang Mama tetap perlu sehat secara fisik dan mental usai pasca persalinan. Selain beradaptasi untuk mengurus si Kecil yang menjadi sebuah priotitas, namun tetap harus bisa menyeimbangkan dengan kebutuhan sendiri. 

"Di momen masa nifas nanti, saya ingin berusaha menjalani dan melakukan yang terbaik. Semoga juga banyak dukungan dari keluarga, termasuk kerja sama dari anak-anak di rumah," ucap Nina.  

Itulah beberapa cerita dari Nina terkait keinginannya saat menjalani masa nifas selama 40 hari pasca persalinan. 

Doakan yang terbaik agar persalinan ketiga Nina Zatulini bisa berjalan lancar, sehingga dapat menjalani masa nifas sesuai dengan keinginannya. 

#MillennialMama of the Month Edisi Oktober 2020 – Nina Zatulini

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Content Writer – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah, Karsa Adiguna
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Baskoro Bayu Harymurti 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Nina Zatulini
Millennial Mama

Nina Zatulini

"Pilihan persalinan caesar atau normal, saya berharap yang terbaik untuk saya dan si Kecil"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.