Ngeri! Ibu Hamil Ini Digigit Anjing Hingga Luka Berlubang

Malang sekali nasib Emily Myrick

9 Januari 2019

Ngeri Ibu Hamil Ini Digigit Anjing Hingga Luka Berlubang
Dok. Katu

Miris, seorang pengemudi pengiriman barang yang sedang hamil sembilan bulan terkena gigitan anjing. 

Emily Myrick yang sedang hamil memang bekerja sebagai seorang pengemudi Amazon Flex. 

Pada hari Minggu sore, Emily Myrick sedang mengantarkan sebuah paket ke rumah di Washington County di Old Cornelius Pass Road. Di pintu garasi rumah yang ingin diantarkan paket terdapat tanda peringatan jika ada anjing. 

Ketika Emily Myrick berjalan melewati garasi, dirinya mengatakan kalau ada seekor anjing besar menyebu dan membuatnya jatuh ke tanah. Anjing itu sempat menggigit Emily Myrick sekali dan kemudian dua kali ketika sang Pemilik mencoba menarik anjingnya.

Luka gigitan yang dialami Emily Myrick sangat parah, sehingga mengharuskan dirinya dibawa ke rumah sakit. 

"Saat lengan sudah berdarah dan terdapat lubang akibat gigitan anjing. Hal pertama yang terlintas di dalam benakku dan kutakan adalah 'aku sedang hamil' hanya itu yang saya pedulikan," curhat Emily Myrick. 

Dilansir dari Katu, pemilik anjing mengatakan kalau hewan peliharaannya ini merupakan campuran anjing husky-bulldog yang sudah berusia enam setengah tahun. Mereka pun mengatakan bahwa anjing peliharaannya ini tidak pernah menggigit siapapun sebelum kejadian yang menimpa Emily Myrick.  

Setelah kejadian buruk yang menimpanya, Emily Myrick mengalami kontraksi ringan setelah digigit anjing. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana kondisi kesehatan ibu hamil bila tergigit oleh anjing. Untuk Mama yang penasaran, berikut penjelasan dari Popmama.com

1. Pertolongan Pertama Saat Digigit Anjing

1. Pertolongan Pertama Saat Digigit Anjing
Unsplash/rawpixel

Hal pertama yang ditakuti setiap gigitan anjing ialah tertularnya penyakit rabies. 

Penyakit satu ini bisa tertular akibat virus dari air liur hewan yang telah terjangkit rabies. Bila virus mencapai otak, maka sistem saraf akan terganggu bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Ketika gigitan anjing ini terjadi saat sedang hamil, secara tidak langsung akan memengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan. 

Untuk pencegahan terbaik terhadap penyakit rabies, ada baiknya untuk langsung mencuci luka gigitan memakai air mengalir dan sabun. Setelah dibersihkan luka gigitan bisa dibilas dengan air hangat selama beberapa menit dengan kain bersih. 

Jika luka gigitan anjing belum berdarah, sebaiknya pegang luka dengan hati-hati agar darah dapat keluar. Ini bertujuan agar mencegah bakteri masuk ke dalam luka. 

Lalu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan USG. Ini berguna agar dapat melihat kondisi kesehatan janin hingga air ketuban secara menyeluruh. Dengan begitu, kesehatan ibu hamil dan janin bisa dipastikan. 

Perlu diingat, usahakan untuk tidak sampai menunda terlalu lama karena gigitan anjing khususnya terinfeksi rabies dapat berdampak buruk. 

Baca juga: Sering Bentol-bentol Digigit Nyamuk Saat Hamil? Coba Lakukan Hal Ini

Editors' Picks

2. Ciri-ciri terjadinya infeksi setelah digigit anjing

2. Ciri-ciri terjadi infeksi setelah digigit anjing
Unsplash/Tadeusz Lakota

Perasaan was-was terhadap kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan pasti akan terus terjadi. Apalagi bila luka akibat gigitan anjing semakin membuat kondisi selama hamil terasa kurang nyaman. 

Untuk Mama yang sempat mencurigai atau merasa takut bila diri sendiri terinfeksi rabies, ada baiknya untuk segera mencari bertolongan medis. 

Terkadang, tanpa disadari gigitan hewan yang telah terinfeksi virus salah satunya rabies dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan. Ada kemungkinan tubuh mengalami keracunan darah atau infeksi yang terjadi pada organ vital seperti jantung hingga lapisan luar otak. 

Berikut beberapa tanda-tanda yang berikan tubuh dalam menunujukkan adanya infeksi seperti: 

  • Terjadi pembengkakan di sekitar luka gigitan. 
  • Luka gigitan akan memerah walau sudah dibersihkan. 
  • Tubuh terasa lemas karena otot-otot tubuh melemah. 
  • Mulai mengalami demam dan tubuh terasa menggigil.
  • Keluarnya cairan atau nanah dari luka bekas gigitan anjing. 

Semoga beberapa informasi mengenai solusi saat ibu hamil yang terkena gigitan anjing bisa berguna ya, Ma. 

Baca juga: Ngeri! Bayi 5 Bulan Tewas Digigit Anjing Penjaganya

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Pada Hewan Peliharaan dari Shareefa Daanish