11 Pilihan Nama Baptis Katolik Laki-Laki Inisial A Beserta Artinya

Penggunaan rangkaian nama baptis perlu dikombinasikan dengan baik agar tetap modern dan unik

1 Agustus 2021

11 Pilihan Nama Baptis Katolik Laki-Laki Inisial A Beserta Artinya
Unsplash/Paul Hanaoka

Pemilihan nama baptis memang perlu dipikirkan dengan baik sebelum diberikan kepada si Kecil, bahkan sejak dalam kandungan. Untuk keluarga Katolik memang penting sekali mempersiapkan nama baptis sebelum nantinya melaksanakan sakramen baptis. 

Sakramen baptis adalah tanda dan sarana dalam mengungkapkan iman akan Yesus Kristus. Momen ini akan menjadi pintu gerbang bagi sakramen lain, sehingga bisa dikatakan bahwa pembaptisan merupakan syarat mutlak untuk menyambut sakramen lain secara sah. Sakramen baptis pun menjadi sakramen pertama yang diterima oleh seseorang ketika hendak menjadi anggota Gereja Katolik. 

Orang yang dibaptis memiliki nama baptis yang diambil dari nama orang kudus yang dapat ditemukan pada Ensiklopedi Orang Kudus, Puji Syukur, Kalender Liturgi dan Kitab Suci.

Jika Mama ingin mencari referensi nama baptis Katolik laki-laki berinisial A, kali ini Popmama.com telah merangkum beserta arti serta rangkaiannya. 

Tidak hanya punya makna, namun terdapat rekomendasi rangkaian nama yang unik dan keren. 

Penasaran? Yuk Ma, disimak agar bisa memberikan inspirasi dalam menentukan rangkaian nama untuk jagoan kecil nanti!

1. Abraham

1. Abraham
Unsplash/Pranav Kumar Jain

Abraham menjadi berkat tersendiri ketika digunakan sebagai nama baptis.

Kisah Abraham memberikan banyak pembelajaran positif ketika rela mengorbankan putranya yang bernama Ishak untuk disembelih demi ketaatannya kepada Tuhan. Namun, Tuhan akhirnya mengganti Ishak dengan seekor domba jantan sebagai tanda kedatangan Mesias.

Abraham Alister Bagaskara dapat menjadi rekomendasi rangkaian nama untuk jagoan kecil mama yang akan dilahirkan. Abraham Alister Bagaskara artinya seperti cahaya matahari yang bersinar, sosoknya akan menjadi penjaga dan penolong orang lain. 

  • Abraham (Kristiani): Bapak segala bangsa 
  • Alister (Yunani): Penjaga dan penolong
  • Bagaskara (Jawa): Matahari bersinar

2. Adrianus 

2. Adrianus 
Unsplash/Rainier Ridao

Pemberian nama baptis memang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum nanti jagoan kecil mama menjalani proses pembaptisan. 

Adrianus termasuk salah satu nama baptis laki-laki berinisial A yang dapat diberikan untuk si Kecil. Dalam bahasa Latin, nama Adrianus memiliki arti air atau lautan. 

Adrianus termasuk nama Santo, beliau adalah seorang perwira tentara Romawi yang menjadi martir Kristus pada masa penganiayaan kaisar Galerius Maximianus (286-305). Walau sempat ditangkap dan digiring ke dalam penjara karena telah menolak perintah, namun Adrianus menerima pelajaran agama dan dibaptis dalam penjara.

Nama baptis Adrianus dapat dirangkai bersama penamaan lainnya, sehingga lebih modern dan unik. 

Adrianus Dylan Sanders bisa menjadi pilihan sebagai rangkaian nama anak laki-laki. Adrianus Dylan Sanders memiliki arti anak laki-laki yang tenang seperti air lautan dan senang membela orang lain. 

  • Adrianus (Latin): Air atau lautan
  • Dylan (Amerika): Anak laut atau pantai
  • Sanders (Eropa): Pembela manusia 

3. Agathus

3. Agathus
Pixabay/Pexels

Santo Paus Agathus adalah seorang Paus Gereja Katolik ke-79. Ia memimpin gereja sejak 27 Juni 678 sampai hari kematiannya pada 10 Januari 681. 

Dilansir dari Info Katolik, Paus Agathus diperkirakan berasal dari Yunani sebagai seorang biarawan di sebuah biara daerah Palermo, Sisilia. Dari biara tersebut, dirinya kemudian diangkat menjadi pemimpin biara karena pandai dan memiliki kesalehan hidup. 

Agathus bisa menjadi nama baptis berinisial A, lalu diberikan kepada si Kecil saat proses pembaptisan. Nama baptis Agathus dapat dirangkai bersama nama si Kecil yang telah diberikan sejak lahir. 

Agathus Mahavir Bramantio artinya anak laki-laki yang akan tumbuh menjadi sosok penuh semangat, baik, hebat, dan selalu memiliki pemikiran cemerlang. 

  • Agathus (Yunani): Baik dan indah 
  • Mahavir (Sansekerta): Pahlawan yang hebat
  • Bramantio (Jawa): Semangat

4. Agustinus

4. Agustinus
Freepik/cookie_studio

Santo Agustinus dikenal juga sebagai Augustine, beliau memiliki kecerdasan yang tinggi sejak kecil. Sang Papa memang mencita-citakan agar ia menjadi seorang yang terkenal, sehingga dikirim untuk belajar bahasa latin dan macam-macam tulisan latin di Madauros.

Setelah dipilih menjadi Uskup Hippo, ia menghabiskan hidupnya dengan menulis berbagai kidung. Tulisan-tulisannya hingga kini dianggap oleh para ahli filsafat dan teologi sebagai sumber penting dari pengetahuan rohani.

Santo Agustinus diperingati setiap tanggal 28 Agustus sebagai pelindung para seminaris atau calon Imam. Nama Agustinus memiliki arti “yang agung dan mulia”.

Santo Agustinus bisa dipilih sebagai nama baptis untuk si Kecil, lalu dirangkai dengan nama modern lainnya. 

Agustinus Elvan Narendra bisa menjadi rekomendasi rangkaiannya. Agustinus Elvan Narendra memiliki arti anak yang diagungkan untuk memiliki kecerdasan dan keberuntungan.

  • Agustinus (Inggris): Yang agung dan mulia
  • Elvan (Indonesia): Kekuatan
  • Narendra (Indonesia): Cerdas dan cenderung beruntung

Editors' Picks

5. Albertus

5. Albertus
Pixabay/Profile

Dilansir dari Katakombe.org, Santo Albertus Magnus (Albertus Agung) dikenal sebagai pribadi yang senang belajar terkait ilmu pengetahuan. 

Santo Albertus tertarik untuk mempelajari ilmu pengetahuan alam, terutama fisika, geografi, dan biologi. Tak hanya itu, Santo Albertus juga termasuk orang yang senang memperdalam pengetahuan tentang agama Katolik dan Kitab Suci. 

Sejarah dari Santo Albertus yang positif bisa menjadi pilihan sebagai nama baptis untuk si Kecil. Rangkaian Albertus Bagas Pamungkas pun bisa diberikan kepada si Kecil karena tetap ada unsur Indonesia serta kesan modern. 

Albertus Bagas Pamungkas artinya berkah Tuhan sebagai anak laki-laki terakhir yang kelak akan selalu bersinar. 

  • Albertus (Jerman): Bangsawan yang selalu bersinar atau cemerlang
  • Bagas (Indonesia): Berkah Tuhan
  • Pamungkas (Indonesia): Terakhir

6. Alfonsus

6. Alfonsus
Pixabay/Profile

Ya, Yesus yang terkasih, biarkan Darahmu membasuh aku dari segala dosaku, dan jadikan aku bersemangat dengan kasih kepada-Mu, Allahku, yang rela mati karena mencintaiku. Semoga Engkau, Ya Ibu yang menderita, yang berdiri di kaki salib, mendoakan aku kepada Yesus.

Begitulah salah satu doa yang sempat dipanjatkan oleh Santo Alfonsus Marie de Ligouri. Nama beliau cukup dikenal karena merupakan seorang uskup dan pujangga Gereja. Alfonsus bisa diambil sebagai nama baptis sekaligus pelengkap rangkaian nama si Kecil. 

Alfonsus bisa dipilih sebagai nama baptis dengan rangkaian seperti Alfonsus Galen Adibrata. Jika dirangkai menjadi satu, maka Alfonsus Galen Adibrata memiliki arti anak laki-laki yang akan selalu berjuang dalam ketenangan dan memiliki tingkah laku baik. 

  • Alfonsus (Italia): Bangsawan perang
  • Galen (Latin): Tenang
  • Adibrata (Jawa): Tingkah laku yang unggul

7. Alexis 

7. Alexis 
Unsplash/Ryan Franco

Alexis diakui sebagai orang kudus dan dikenal sebagai Santo Alexis. Alexis bisa menjadi nama baptis berinisial A yang dapat diberikan kepada si Kecil. 

Tidak hanya unik, namun Alexis mempunyai makna dan sejarah yang bagus. Diharapkan nama baptis tersebut menjadi berkat tersendiri untuk perjalanan hidup si Kecil. 

Dilansir dari katolisitas.org, Santo Alexis termasuk sosok yang meninggalkan kemewahan hidupnya. Beliau memberikan teladan ketidakterikatannya akan segala hal duniawi, sehingga mengarahkan hati sepenuhnya kepada hal-hal surgawi.

Keteguhan batin dan keterpautan hati Santo Alexis kepada Tuhan begitu total dan luar biasa. 

Dalam bahasa Jerman, nama Alexis memiliki arti menolong dan menjaga. Jika sedang mencari rangkaian yang cocok untuk nama baptis ini, maka Alexis Dae Radim dapat menjadi salah satu alternatif. 

Alexis Dae Radim artinya anak laki-laki hebat yang senang menolong dan memberikan damai kebahagiaan. 

  • Alexis (Jerman):Menolong dan menjaga
  • Dae (Asia):Kehebatan 
  • Radim(Eropa): Damai bahagia

8. Alexius

8. Alexius
Pixabay/NewportBaptistChurchNC

Santo Alexius dikenal juga dengan nama Alexis yang merupakan seorang rahib kudus yang hidup sebagai pengemis di abad keempat. 

Santo Alexius dikenal sebagai orang kudus yang memiliki kesucian hidup dan dedikasinya kepada Kristus. 

Dilansir dari Katakombe.org, kisah hidup Santo Alexius menurut Tradisi Yunani yakni seorang pemuda bangsawan, putera seorang Senator yang dihormati di kota Roma. Ia merasa jenuh dengan kehidupannya yang penuh kemewahan dan kemegahan duniawi. 

Baginya, semua harta dunia tidak dapat memberikan kebahagiaan sejati dan kekal. Pemikiran tersebutlah yang membuat Santo Alexius menjadi seorang pertapa dan mempersembahkan seluruh hidupnya bagi Yesus.  

Nama Alexius termasuk modern dan cocok diberikan sebagai nama baptis untuk si Kecil. Rangkaian yang bisa diberikan yakni Alexius Ravindra Mikko.

Alexius Ravindra Mikko artinya jagoan kecil yang memiliki kekuatan dan jejak langkah mengikuti Tuhan dengan segala perlindungan. 

  • Alexius (Yahudi): Pelindung
  • Ravindra (Sansekerta): Kekuatan
  • Mikko (Kristiani): Seperti Tuhan

9. Aloysius

9. Aloysius
Pixabay/u_jqskahw9

Sosok Aloysius sebagai orang kudus memiliki prestasi yang tinggi dalam pelajaran ilmu-ilmu kemanusiaan serta ilmu pengetahuan. 

Dilansir dari imankatolik.or.id, kawan-kawan dari Aloysius cukup menyeganinya karena sosok yang rendah hati dan baik kepada semua orang. Kesalehan hidupnya dan ketabahannya dalam menghayati hidup membiara membuat dia menjadi tokoh teladan bagi orang lain. 

Dari kisah hidupnya, nama Aloysius bisa diberikan dalam rangkaian nama si Kecil.

Rangkaian nama Aloysius Sammy Balindra bisa menjadi pilihan tersendiri. Aloysius Sammy Balindra artinya anak laki-laki yang akan selalu berbakti dan selalu berjuang sesuai dengan kehendak Tuhan. 

  • Aloysius (Jerman): Pejuang terkenal 
  • Sammy (Indonesia): Kehendak Tuhan
  • Balindra (Jawa): Berbakti pada junjungan

10. Andreas

10. Andreas
Pixabay/1095178

Dalam sejarah, Andreas dipilih Yesus menjadi salah seorang dari 12 rasul-Nya yang utama. Kisah ini telah dicatat di semua Injil dan Kisah Para Rasul. Andreas selalu berada di sisi Yesus dalam semua perjalanan-Nya.

Setelah Yesus naik ke surga, Andreas termasuk orang yang ada di antara rasul-rasul lainnya di ruang atas untuk menantikan turunnya Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus. 

Dilansir dari Katakombe.org, Santo Andreas termasuk orang kudus yang dihormati sebagai Santo Pelindung untuk Negara Scotlandia. 

Andreas sebagai orang kudus bisa dirangkai sebagai nama baptis untuk si Kecil. Andres Adyatma Bachtiar bisa diberikan sebagai nama dengan doa kepada jagoan kecil mama. 

Andres Adyatma Bachtiar artinya anak laki-laki kuat yang selalu hidup dalam keberuntungan. 

  • Andreas (Yunani): Kuat 
  • Adyatma (Melayu-Indonesia): Menjadi yang utama
  • Bachtiar (Indonesia): Beruntung

11. Antonius

11. Antonius
Pixabay/Pexels

Santo Antonius atau Antonio dari Lisboa dapat dipilih sebagai nama baptis untuk anak laki-laki. Sebagai nama baptis, Antonius memiliki kisah hidup yang menginspirasi sebagai orang kudus. 

Santo Antonius merupakan seseorang yang menghabiskan hidupnya sebagai seorang pertapa. Namun meninggalkan pertapaannya hanya untuk menghadiri Misa dan biara yang ada di dekatnya. 

Antonius dikenal sebagai seorang ahli KeTuhanan, pengkhotbah dan pujangga yang pandai memainkan kata-kata. Pengajarannya yang penuh semangat cinta kepada Tuhan dan sesama membawa hasil yang luar biasa.

Antonius sebagai nama baptis bisa dirangkai dengan pilihan nama yang telah ada, sehingga memiliki makna baik. Antonius Mahatma Pratama bisa menjadi rangkaian nama yang cocok untuk jagoan kecil mama. 

Antonius Mahatma Pratama artinya anak laki-laki yang kehadirannya begitu berharga. Kelak dirinya akan tumbuh menjadi sosok yang berjiwa besar dan selalu beruntung. 

  • Antonius (Kristiani): Berharga dan tak ternilai.
  • Mahatma (Indonesia): Berjiwa besar
  • Pratama (Jawa): Paling untung

Itulah 11 pilihan nama baptis Katolik laki-laki inisial A beserta rangkaian dan artinya. Pilihan nama baptis tersebut dapat dirangkai kembali dengan beberapa nama modern dan unik lainnya. 

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com memiliki tools untuk membantu dalam mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Semoga bisa membantu ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.