Eksklusif: Tips Babymoon Aman a la Radhini, Jangan Terlalu Ambisius

Ada yang punya rencana untuk babymoon?

18 Juli 2019

Eksklusif Tips Babymoon Aman a la Radhini, Jangan Terlalu Ambisius
Instagram.com/radhini_

Musisi lokal Radhini Aprilya Hapsari tentu sudah tidak asing di telinga pecinta musik ya, Ma. Penyanyi yang sempat berkolaborasi bersama Ramengvrl ini sebentar lagi akan resmi menjadi orangtua karena kehamilannya sudah mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir). 

Saat menjalani masa-masa kehamilan di trimester kedua, mantan penyiar radio ini sempat melakukan babymoon ke Jepang.

Babymoon memang bisa dijadikan salah satu momen yang dapat menghibur suasana hati selama masa kehamilan. 

Setiap ibu hamil yang melakukan babymoon tentu memiliki cerita tersendiri, termasuk Radhini saat berada di Jepang karena harus tetap fokus terhadap kondisi kehamilannya. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cerita traveling sekaligus babymoon Radhini saat hamil trimester kedua, kali ini Popmama.com telah mewawancarai secara eksklusif. 

Penasaran sama cerita Radhini? Disimak yuk, Ma?

1. Radhini berangkat ke Jepang sebagai pengalaman perdana babymoon

1. Radhini berangkat ke Jepang sebagai pengalaman perdana babymoon
Instagram.com/radhini_

Pertama kali ngerasain yang namanya babymoon, makin kesini menjadi makin kenal sama diri sendiri. Dulu kalau liburan bisa jalan berjam-jam non-stop, minum pun jarang-jarang karena keasikan menikmati suasana baru dan ambisius untuk memenuhi itinerary. Tapi sekarang, kalau kaki udah agak pegal dan perut sedikit kencang, langsung duduk dulu dan minum air putih yang banyak. Belajar berkompromi sama diri sendiri, malah sampai nggak bikin list musti ke mana aja karena pengen sesantai itu.

 Jalan-jalan saat sedang hamil atau yang sering disebut sebagai babymoon memang semakin populer bahkan beberapa artis pun memiliki pilihan destinasi tersendiri.

Saat menjalani kehamilan trimester kedua, Radhini pun melakukan babymoon bersama sang Suami ke Jepang. 

Pelantun lagu Sampai  Nanti ini mengatakan bahwa babymoon saat masa kehamilan sangat penting untuk dilakukan.

Tujuannya untuk membangun bonding bersama pasangan dan bayi walau masih berada di dalam perut. 

Perlu diingat bahwa bonding ketiganya harus tetap dijaga karena ini tanpa disadari dapat membantu proses persalinan.

Apalagi bila sering berkomunikasi, sehingga dapat membantu mempererat hubungan batin antara Mama dan bayi.

Selama berada di negara orang lain, Radhini termasuk tipe ibu hamil yang tidak terlalu ambisius untuk memenuhi berbagai keinginan pribadi karena mau menjelajahi berbagai tempat.

Dirinya seolah paham bahwa kondisinya sedang hamil, sehingga perlu belajar berkompromi dengan tubuh sendiri dan fokus terhadap bayi di dalam kandungan.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Babymoon 

Editors' Picks

2. Radhini konsultasi dengan dokter kandungan sebelum terbang untuk liburan

2. Radhini konsultasi dokter kandungan sebelum terbang liburan
Instagram.com/radhini_

Keinginan untuk berlibur pasti dimiliki setiap orang, termasuk ibu hamil. Namun, saat ingin traveling dalam kondisi hamil sebaiknya mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum keberangkatan. 

Saat trimester kedua kehamilan, Radhini tidak merasa takut saat ingin melakukan babymoon ke Jepang. Justru baginya, babymoon bisa menjadi waktu yang menyenangkan karena dapat menghabiskan waktu bertiga. 

"Prinsipku selama dokter memperbolehkan, aku akan berangkat. Aku juga mendengarkan beberapa saran dari dokter seperti harus minum ekstra vitamin dan obat untuk berjaga-jaga. Aku kalau mulai kecapean atau agak nyeri sedikit, selain istirahat ya minum obat penguat janin dari dokterku. Selain itu, disarankan juga untuk meminum air putih karena diusahakan jangan sampai kurang. Lalu diingatkan agar tidak terlalu lelah saat traveling, just have fun and be happy," ucap Radhini. 

Selain mendengarkan saran dari dokter, Radhini pun tetap mendengarkan sinyal-sinyal dari tubuhnya sendiri selama traveling saat hamil. 

"Emang harus dengar kata badan dan kata bayi maunya apa. Makanya babymoon kemarin nggak ada rencana perjalanan apa-apa sama sekali. Benar-benar ngikutin alurnya aja mau kemana mau ngapain," tambahnya.  

Selama pergi ke Jepang untuk babymoon, Radhini tidak ingin egois untuk terus jalan-jalan tanpa memikirkan kehamilannya. Kompromi sama diri sendiri itu perut, menurutnya jika ada tujuan yang belum terpenuh karena sudah lelah sebaiknya dibawa santai saja. 

Radhini selalu berpegang teguh bahwa yang terpenting dalam babymoon yaitu harus santai dan bahagia, sehingga tidak perlu memaksakan diri bila kondisi tidak memungkinkan. Cara seperti ini tentu ampuh sebagai salah satu siasat agar kesehatan bayi dan sang Mama selama liburan masih tetap terjaga.

Ada yang memiliki pengalaman babymoon serupa seperti Radhini? 

Baca juga: Hamil 6 Bulan, Sandra Dewi Babymoon ke Melbourne Bareng Suami dan Anak

3. Radhini didampingi suami siaga saat babymoon, "Sangat berkesan"

3. Radhini didampingi suami siaga saat babymoon, "Sangat berkesan"
Instagram.com/radhini_

Si yang selalu nanya “perutnya nggak apa-apa?”, “capek nggak?”, “ini air putih yang banyak”, “ini vitaminnya diminum ya”, malam-malam bikin teh honey lemon, dan masih banyak lagi yang bikin geli-geli perut (yah GR deh dia nih)

Terima kasih ya untuk selalu mengusahakan segalanya. Definitely the best birthday present ever (yet)!

Begitulah ungkapan dari Radhini kepada sang Suami melalui Instagram pribadinya. Perjalanan ke Jepang menjadi spesial untuk Radhini karena ini menjadi sebuah hadiah ulang tahun dari orang yang dicintainya sekaligus melakukan babymoon. 

Saat diwawancari Popmama.com, Radhini pun mengungkapkan bahwa suaminya termasuk tipe yang sangat siaga untuk menjaga kesehatanya dan bayi di dalam kandungan. 

"Dia ngejaga banget dan suportif banget. Bawa kursi lipet kemana-mana, jadi kalau mau duduk dan nggak ada tempat duduk bisa gampang, ingetin minum air putih terus karena aku saat itu ditahap yang selalu kehausan dan pastiin ngemil makan terus hehe," curhat Radhini. 

Sebagai ibu hamil yang pernah melakukan babymoon ke negara orang, Radhini juga ingin berbagi tips yang perlu ibu hamil ketahui saat ingin memiliki rencana melakukan traveling selama masa-masa kehamilan. 

"Tipsnya jangan ambisius dengan berbagai rencana perjalanan, bahkan kalau bisa nggak usah bikin biar mengalir santai aja babymoon-nya. Lalu dengarkan sinyal dari badan sendiri. Kalau lelah ya istirahat, kalau belum mau keluar hotel mau males-malesan yaudah males-malesan aja dan paling penting konsultasi dulu dengan dokter kandungan masing-masing dan bawa vitamin-vitamin atau obat ekstra," kata Radhini. 

Itulah beberapa cerita menarik dari Radhini ketika sudah memiliki pengalaman menarik saat melakukan babymoon ke Jepang. Semoga ini bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk siapa saja yang ingin memiliki rencana untuk babymoon ya, Ma.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;