Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Benarkah Terlilit Tali Pusar di Leher Bisa Sebabkan Janin Tercekik?

Yuk, simak penjelasannya secara medis di sini!

28 Januari 2023

Benarkah Terlilit Tali Pusar Leher Bisa Sebabkan Janin Tercekik
Freepik/Dragana_Gordic

Tali pusar atau yang memiliki istilah medis Nuchal Cord merupakan tali yang menghubungkan janin dengan plasenta, atau lapisan yang berfungsi menjaga asupan darah dari ibu hamil ke janin.

Namun, tahukah Mama? Meski sangat penting bagi keberlangsungan hidup janin dalam kandungan, terdapat beberapa komplikasi kehamilan yang berkaitan dengan tali pusar.

Salah satunya ialah kondisi di mana tali pusar melilit tubuh janin. Hal ini berisiko menyebabkan terhambatnya asupan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi.

Terdapat juga anggapan awam bahwa lilitan tali pusar di leher bisa sebabkan janin tercekik.

Lantas, benarkah terlilit tali pusar di leher bisa sebabkan janin tercekik?Penjelasannya bisa Mama simak pada ulasan Popmama.com berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Janin Terlilit Tali Pusar?

Apa Dimaksud Janin Terlilit Tali Pusar
Flickr/Biles

Tali pusar menjaga keberlangsungan hidup janin dalam kandungan serta memastikannya mendapat cukup suplai nutrisi dan darah agar dapat berkembang optimal.

Terdiri dari 3 pembuluh darah dan memiliki panjang sekitar 21 inci, sifatnya cukup panjang dan mirip tali. Sehingga ibu hamil seringkali merasa cemas akan kemungkinan kondisi janin terlilit tali pusar.

Meluruskan hal ini, Dr. Robyn Horsager-Boehrer, seorang obgyn di UT Southwestern Medical Centre mengeklaim bahwa sekitar 20-30 persen kehamilan mengalaminya. 

Kondisi ini ditandai dengan tali pusar yang melilit area leher bayi sebanyak 360 derajat.

Editors' Picks

Gejala Janin Terlilit Tali Pusar

Gejala Janin Terlilit Tali Pusar
Flickr/Marek Bereza

Tak ada gejala fisik yang bisa dirasakan dan diketahui secara langsung oleh ibu hamil dengan janin yang melilit tubuhnya.

Untuk mengetahui kondisi bayi yang terlilit oleh tali pusar hanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan secara rutin ke dokter. 

Namun, Mama bisa memerhatikan dan mencatat pergerakan tubuh janin dan frekuensinya. Sehingga apabila terjadi perubahan yang tidak biasa, Mama bisa segera konsultasi medis sebelum terlembat.

Penyebab Janin Terlilit Tali Pusar di Bagian Leher

Penyebab Janin Terlilit Tali Pusar Bagian Leher
Unsplash/Raymart Arniño

Berikut beberapa penyebab janin terlilit tali pusar di bagian leher:

  • Panjang tali pusar. Secara umum, kisaran ukuran tali pusar janin ialah sekitar 50-60 cm. Lebih panjang dari ukuran ini, tali pusar berisiko melilit janin.

  • Tidak memiliki lapisan pelindung. Lapisan pelindung tali pusar disebut dengan Wharton's Jelly, yang berfungsi menjaga tali pusar agar tak mudah melilit janin.

  • Kurangnya elastisitas tali pusar. Umumnya, tali pusar bersifat elastis agar tak mebahayakan janin saat bergerak. Namun, pada beberapa kasus, elastisitas tali pusar buruk sehingga dapat melilit janin. 

  • Hamil anak kembar. Jumlah tali pusar lebih dari satu juga bisa berisiko membuatnya kusut sehingga melilit tubuh janin.

Benarkah Terlilit Tali Pusar di Leher Bisa Sebabkan Janin Tercekik?

Benarkah Terlilit Tali Pusar Leher Bisa Sebabkan Janin Tercekik
Pixabay/Medical Prudens

Menurut Dr. Jeff Hersh dari Metro West Daily News, lilitan tali pusar pada leher bayi baru dapat dikatakan berisiko apabila lingkarnya sudah mencapai sempurna 360 derajat di leher janin.

Pada sekitar 80% kasus, hanya terdapat 1 lilitan pada janin. Namun pada beberapa kasus yang cukup jarang, janin bisa terperangkap dalam beberapa lilitan tali pusarnya sendiri.

Meski begitu, Dr. Jeff melanjutkan bahwa tali pusar yang melilit janin tak akan mencekik lehernya secara langsung. Sebab bayi tak bernapas melalui hidung maupun mulut selama berada di dalam rahim. 

Penanganan Medis yang Diperlukan

Penanganan Medis Diperlukan
Freepik/Dcstudio

Tingkat keparahan komplikasi yang diakibatkan oleh adanya lilitan tali pusar hanya bisa ditentukan dari seberapa kencang lilitannya dan juga dilihat dari posisinya. 

Diagnosis dan tindakan lanjutan yang diambil oleh tenaga medis yang menangani Mama nantinya akan dibuat berdasarkan hasil pemeriksaan rutin. 

Pada sejumlah kasus, lilitan tali pusar pada leher janin berisiko menghambat asupan darah ke otak, atau komplikasi yang menghalangi persalinan pervaginam.

Tindakan caesar umumnya diambil apabila persalinan normal tak memungkinkan.

Jadi, pertanyaan soal benarkah terlilit tali pusar di leher bisa sebabkan janin tercekik sudah terjawab, ya, Ma. Meski tali pusar yang melilit janin tak akan mencekik lehernya secara langsung, tetapi Mama tetap harus waspada, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk