Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Makanan Penambah Berat Janin di Trimester Ketiga Kehamilan

Terlihat simpel, makanan berikut mampu menambah berat badan janin di akhir kehamilan

29 November 2022

8 Makanan Penambah Berat Janin Trimester Ketiga Kehamilan
Freepik.com/gpointstudio

Memasuki trimester ketiga kehamilan, janin yang Mama kandung semakin bertambah pesat berat badannya.

Selama periode ini, paru-paru janin berkembang sepenuhnya, rambut dan kukunya tumbuh, gerakannya meningkat, dan masih banyak lagi perkembangan pesatnya.

Trimester ketiga juga merupakan periode ketika lemaknya mulai menumpuk untuk membantu menjaga suhu tubuh serta energi.

Untuk mendukung semua pertumbuhan si Kecil, umumnya para dokter akan menyarankan ibu hamil untuk menambah asupan makanan.

Berikut Popmama.com rangkum 8 makanan penambah berat badan janin di trimester ketiga kehamilan. Langsung saja disimak selengkapnya, yuk, Ma! 

Penyebab Berat Badan Janin Tak Bertambah di Trimester Ketiga

Penyebab Berat Badan Janin Tak Bertambah Trimester Ketiga
Pixabay/mojzagrebinfo

Memasuki kehamilan trimester ketiga, rata-rata berat janin yang Mama kandung akan bertambah sekitar 1,3 hingga 2,3 kilogram.

Dari yang tadinya berkisar antara 1,3 kilogram akan mencapai 2,5 hingga 4 kilogram menjelang waktu persalinan. 

Apabila berat badan janin mama masih kurang atau di bawah rata-rata yang disebutkan, ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebabnya seperti berikut:

  • Kebiasaan makan yang tidak teratur.

  • Kebutuhan nutrisi yang tak tercukupi dari asupan makanan yang dikonsumsi.

  • Kondisi medis tertentu yang membutuhkan konsultasi ke ahlinya.

  • Stres berkepanjangan.

  • Adanya gangguan metabolisme tubuh.

  • Olahraga yang berlebihan.

Makanan Penambah Berat Badan Janin di Trimester Ketiga

Makanan Penambah Berat Badan Janin Trimester Ketiga
Unsplash/Pablo Merchán Montes

Melansir laman American Pregnancy Association, berat bayi mama bertambah sekitar 266,6 gram setiap minggu mulai bulan ke-9 kehamilan.

Hal ini pun membutuhkan nutrisi dan pemantauan yang cukup untuk memastikan pertumbuhan sang Calon buah hati tidak terhambat.

Salah satu penghambat kenaikan berat badan janin adalah nutrisi yang tak tercukupi.

Berikut beberapa makanan yang dapat memenuhi nutrisi dan menambah berat badan janin di trimester ketiga kehamilan: 

1. Yoghurt

1. Yoghurt
Freepik/jcomp

Yoghurt dilengkapi dengan prebiotik, protein, dan kalsium yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral ibu hamil beserta janinnya.

Apabila Mama kurang berselera untuk mengonsumsi yoghurt plain, hal ini bisa diakali dengan menambahkan oat maupun buah-buahan segar kesukaan mama untuk menambah cita rasa. 

2. Ikan

2. Ikan
Pexels/Krisztina Papp

Daging ikan dapat mendukung perkembangan janin karena kandungan Omega-3 dan asam folat yang membantu perkembangan otak bayi. Selain itu juga mengandung protein yang baik untuk kulit, rambut, otot, dan sel-sel lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ikan harus dicuci bersih dan dimasak hingga matang sempurna sebelum dikonsumsi ibu hamil. Serta hindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi, seperti tuna big eye. 

Editors' Picks

3. Buah-buahan dan kacang-kacangan yang dikeringkan

3. Buah-buahan kacang-kacangan dikeringkan
Pixabay/PublicDomainPictures

Meski terlihat lebih cocok dijadikan makanan ringan, buah-buahan dan kacang-kacangan yang dikeringkan memiliki banyak manfaat bagi perkembangan janin.

Kandungan nutrisinya antara lain terdiri dari zat besi, potasium, magnesium dan vitamin E. Mama bisa mengonsumsinya sebagai snack atau mencampurnya dengan smoothie untuk sarapan. 

4. Alpukat

4. Alpukat
Pexels/Ready made

Tahukah Mama bahwa alpukat merupakan buah yang mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat menambah berat badan janin dengan sehat.

Kandungan nutrisi buah alpukat meliputi vitamin C, folat, dan vitamin B6. Mama bisa menjadikannya olesan roti tawar atau smoothie sehat nan lezat di pagi hari. 

5. Daging ayam dan telur

5. Daging ayam telur
Freepik/Timolina

Daging ayam beserta telurnya merupakan sumber protein yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan perkembangan janin di trimester ketiga kehamilan. 

Kedua makanan kombo yang cukup mudah ditemukan ini juga mengandung asam lemak omega yang membantu menaikkan berat badan janin serta memiliki tingkat kolesterol yang rendah apabila dikonsumsi sesuai batasnya. 

6. Kacang kedelai

6. Kacang kedelai
Pixabay/bigfatcat

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber utama protein yang berasal dari nabati, sehingga cocok bagi ibu hamil yang vegetarian atau mengalami alergi terhadap daging unggas.

Selain mengandung protein, kacang kedelai juga kaya akan kandungan zat besi, berbagai mineral, serat, serta lemak sehat yang dapat menambah berat badan janin. 

7. Brokoli

7. Brokoli
Freepik/8photo

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin B, kalsium, mineral, serta memiliki fungsi yang krusial dalam pembentukan vitamin A pada tubuh janin.

Mengonsumsi brokoli yang tercukupi secara rutin dapat menambah berat badan bayi. Mama bisa mengolahnya menjadi sup krim brokoli maupun sayur bening yang sering menjadi andalan bumil. 

8. Buah beri

8. Buah beri
Pixabay/Conger Design

Buah beri, seperti stroberi, bluberi dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat selama masa kehamilan trimester ketiga, sekaligus menjadi asupan yang dapat menambah berat badan janin.

Buah beri mengandung antioksidan, vitamin C, dan karbohidrat sehat yang diperlukan bagi perkembangan janin dalam kandungan. Buah ini juga bisa diolah menjadi smoothie yang lezat atau jus tanpa gula jika Mama ingin lebih praktis. 

Nah, itu tadi makanan penambah berat badan janin di trimester ketiga kehamilan. Yuk, Ma, mulai konsumsi asupan makanan yang bernutrisi supaya bayi terlahir dengan berat badan yang sehat! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk