Cara Tepat dan Aman Menyamarkan Linea Nigra yang Mengganggu

Bukan sesuatu yang mengkhawatirkan namun dapat mengganggu

26 Maret 2020

Cara Tepat Aman Menyamarkan Linea Nigra Mengganggu
Freepik/Antoniogravante

Banyak perempuan yang mengalami perubahan pada tubuh saat masa kehamilan. Salah satunya yang sering muncul adalah garis memanjang pada perut yang berwarna hitam.

Linea nigra, garis hitam yang biasanya memanjang vertikal dari pusar hingga tulang kemaluan. Linea nigra biasanya muncul pada saat trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Sebagian besar perempuan yang sedang hamil memiliki garis ini, tapi sekitar 25 persen perempuan tidak memiliki linea nigra selama masa kehamilannya. Namun hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Ukuran garis panjang vertikal linea nigra bisa berbeda pada setiap perempuan

Kali ini Popmama.com akan membahas informasi seputar linea nigra dan cara merawatnya dibawah ini ya!

1. Linea nigra garis kehitaman yang muncul akibat produksi melanosit yang membuat sel kulit jadi lebih gelap

1. Linea nigra garis kehitaman muncul akibat produksi melanosit membuat sel kulit jadi lebih gelap
Freepik/Jcomp

Linea nigra adalah garis kehitaman yang seringkali muncul pada perut perempuan hamil, yang memanjang dari pusar hingga ke kemaluan. Namun, panjang garis vertikal bisa berbeda pada setiap perempuan, ada yang memanjang vertikal hingga melewati batas pusar, dan ada juga yang sampai menyentuh area payudara.

Penyebab munculnya linea nigra selama kehamilan, dipicu oleh peningkatan produksi hormon esteogen dan progesteron, yang meningkatkan produksi melanin oleh sel melanosit. Produksi melanosit ini dapat membuat sel-sel kulit tampak lebih gelap.

Kemunculan linea nigra, bukan suatu kelainan. Sehingga tidak diperlukan penanganan secara khusus untuk mengatasinya. Pada saat kondisi hormonal telah normal pasca persalinan, linea nigra akan samar dengan sendirinya.

2. Warna garis yang dapat berbeda pada setiap perempuan, namun tidak perlu dikhawatirkan

2. Warna garis dapat berbeda setiap perempuan, namun tidak perlu dikhawatirkan
Freepik/Alexkoral

Sekitar 70 persen perempuan hamil, memiliki linea nigra. Linea nigra bisa sangat mudah terlihat pada perempuan dengan warna kulit yang gelap, karena memiliki kadar melanin yang tinggi dalam tubuhnya. Sementara pada perempuan yang memiliki kulit lebih terang, warna linea nigra juga bisa lebih terang. 

Garis kecoklatan dapat menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia kehamilan. Terlihat tidaknya garis linea nigra ini tidak memengaruhi kondisi janin dalam kandungan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Editors' Picks

3. Proses hilangnya linea nigra bisa memakan waktu tiga sampai empat bulan

3. Proses hilang linea nigra bisa memakan waktu tiga sampai empat bulan
Freepik/Onlyyouqj

Pasca persalinan, linea nigra memang bisa hilang dengan sendirinya. Biasanya dalam kurun waktu tiga hingga empat bulan, ditandai dengan warna garisnya yang semakin memudar. Namun, proses hilangnya garis ini berbeda pada setiap perempuan. Pada perempuan yang memiliki kulit gelap, proses hilangnya linea nigra bisa memakan waktu lebih lama.

Pada beberapa kasus, linea nigra bisa bertahan pada waktu yang cukup lama seusai persalinan. Hal ini disebabkan karena faktor genetik, kekencangan otot perut yang berkurang setelah melahirkan akibar jarang olahraga, serta kondisi hormonal seperti menggunakan pil KB. Pada sebagian perempuan, hal ini tentunya bisa sangat mengganggu.

4. Hydroquinone dapat membantu mencerahkan kulit kehitaman, namun perlu pengawasan dari dokter

4. Hydroquinone dapat membantu mencerahkan kulit kehitaman, namun perlu pengawasan dari dokter
Freepik/Grooveriderz

Jika hal ini mengganggu, Hydroquinone merupakan obat yang bekerja untuk menghambat enzim tytosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen kulit oleh sel melanosit. Walaupun obat ini dapat membantu mencerahkan kulit yang kehitaman, termasuk linea nigra. Namun krim ini tergolong sebagai obat yang keras. Sehingga tidak dapat digunakan sendiri tanpa pengawasan dokter. 

Dikhawatirkan akan muncul efek samping seperti alergi. Terlebih, apabila digunakan oleh perempuan yang sedang menyusui. Maka sebaiknya penggunaan obat ini tidak dilakukan kecuali dengan alasan yang sangat mendesak.

Bila hal ini menimpamu, sebaiknya periksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Rajin menjaga kebersihan diri, makan makanan bergizi, hingga olahraga yang mengencangkan otot perut

5. Rajin menjaga kebersihan diri, makan makanan bergizi, hingga olahraga mengencangkan otot perut
Freepik/Yanalya

Cara yang aman untuk menyamarkan linea nigra, sebaiknya rajin menjaga kebersihan diri. Dengan mandi teratur serta mengenakan pakaian yang bersih.

Hindari kulit perut untuk terpapar sinar matahari yang berlebihan. Konsumsi makan makanan yang bergizi, terutama yang memiliki kandungan tinggi asam folat. 

Serta jangan lupa ya, untuk rutin berolahraga ringan yang mengencangkan otot perut, seperti sit up, back up, jogging, leg crunch, ball crunch, bersepeda, renang, dan lain-lain, untuk membantu menghilangkan linea nigra yang mengganggu.

Itulah cara aman dan tepat mengurangi linea nigra, garis hitam yang muncul saat kehamilan. Dicoba yuk, biar kulit terlihat makin menyenangkan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.