Jangan Konsumsi Berlebihan, Ini 11 Manfaat Kayu Manis untuk Kehamilan

Boleh dikonsumsi namun harus diperhatikan dosisnya juga ya, Ma!

20 Agustus 2019

Jangan Konsumsi Berlebihan, Ini 11 Manfaat Kayu Manis Kehamilan
En.wikipedia.org

Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah aromatik yang diambil dari kulit pohon kayu manis. Walaupun namanya kayu manis, jika Mama mengonsumsinya secara langsung memang terasa manis, tetapi begitu dikunyah bisa meninggalkan mulut dengan rasa panas yang menyengat.

Kayu manis, juga disebut dengan Dalchini yaitu rempah yang populer kedua setelah lada hitam, biasanya digunakan untuk memasak. Terutama digunakan untuk makanan yang dipanggang. Kayu manis ini juga memiliki manfaat obat yang luas biasa dan merupakan obat rumahan untuk menyembuhkan sakit pilek dan radang sendi.

Sementara itu, kayu manis juga dapat membantu diet seseorang selama kehamilan, namun banyak pertanyaan akan dampak dan keamanannya selama masa fase kehamilan.

Kali ini, Popmama.com akan membahas tentang 11 manfaat kayu manis untuk kehamilan beserta efek samping yang dirasakan saat mengonsumsi kayu manis secara berlebihan.

1. Anti-oksidan alami

1. Anti-oksidan alami
Freepik/Phduet

Kayu manis mengandung anti-oksidan yang alami. Anti-oksidan yang terkandung dalam kayu manis tidak hanya dapat bermanfaat untuk kehamilan, namun untuk segala kalangan. Kayu manis merupakan sumber anti-oksidan yang baik jika dikonsumsi secara umum yang dapat membantu melawan infeksi bakteri, jamur, dan parasit.

Jika Mama terserang penyakit flu atau pilek, Mama dapat meracik kayu manis, lemon, dengan campuran madu. Caranya tambahkan 2 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, lalu tambahkan kayu manis dan lemon secukupnya.

2. Mencegah penyakit diabetes gestasional

2. Mencegah penyakit diabetes gestasional
Freepik/Katemangostar

Kulit kayu manis adalah pilihan yang sangat baik untuk perempuan dengan diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah suatu kondisi yang menyerang perempuan hamil. Selama fase kehamilan, kebutuhan gula darah terus berubah berdasarkan perubahan hormon.

Sangat penting untuk menyesuaikan kadar gula darah karena level yang terlalu tinggi dan terlalu rendah dapat menimbulkan kekhawatiran, kayu manis telah terbukti mengurangi kebutuhan insulin bagi perempuan dengan diabetes gestasional.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi

3. Mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Emosi yang tidak stabil dan kurangnya istirahaat saat kehamilan terkadang menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi sehingga menjadi cukup umum. Kayu manis memiliki beberapa efek yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang dibatasi agar tidak berlebihan.

4. Membantu meredakan mual dan muntah

4. Membantu meredakan mual muntah
Freepik

Mual dan muntah adalah gejala umum yang paling sering dirasakan saat kehamilan. Kayu manis yang digunakan secara tepat dengan formulasi tertentu yang dianjurkan oleh dokter dapat memiki efek yang membantu menghilangkan masalah mual dan muntah.

Meskipun kayu manis dikenal memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik bagi tubuh, namun beberapa penelitian tidak merekomendasikannya untuk perempuan yang sedang hamil. Agar Mama lebih yakin dan mengetahui dosis yang pasti, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan ya, Ma.

5. Bumbu masakan yang alami dan menyehatkan

5. Bumbu masakan alami menyehatkan
Freepik/Minervastudio

Kayu manis memiliki rasa yang kuat, dan juga rendah gula. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan kayu manis sebagai pengganti bumbu masakan yang tentunya menjadi lebih alami dan sehat untuk Mama yang sedang hamil agar mengurangi penggunaan bumbu-bumbu masakan yang mengandung perisa makanan dan pengawet buatan.

6. Mencegah pembekuan darah pada tubuh

6. Mencegah pembekuan darah tubuh
Verywellhealth.com

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah menyembuhkan pembekuan darah, Kandungan minyak Cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat berfungsi untuk mencairkan darah, Kayu manis menghasilkan zat kelenjar atau sel yang aktif bersama asam lemak sebagai anti-inflamasi yang disebut dengan Arakidonat. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembekuan darah.

Editors' Picks

7. Menurunkan kadar kolesterol

7. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik/Rawpixel-com

Kayu manis memiliki kandungan kalsium, serat, dan mineral seperti mangat. Sehingga, kayu manis memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan, usus, dan mencegah penyakit jantung.

Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, kalsium dan serat dalam kayu manis bermanfaat untuk menghilangkan garam dalam tubuh dan mencegah kanker usus besar.

8. Memiliki kandungan anti-inflamasi

8. Memiliki kandungan anti-inflamasi
Freepik

Kayu manis juga memiliki kandungan anti infeksi yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan radang pada perut. Selain itu juga dapat mengobati penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri dalam tubuh.

9. Membantu mengobati penyakit maag

9. Membantu mengobati penyakit maag
Freepik/Nestea06

Ketika rasa mual menyerang, rasa napsu makan menjadi berkurang sehingga Mama menjadi lebih mudah terserang penyakit maag. Obat-obat maag di pasaran memiliki kandungan yang harus diperhatikan keamanannya bagi perempuan yang sedang hamil. Namun, ternyata kayu manis dapat dipercaya menyembuhkan penyakit yang menyerang lambung seperti maag.

Kayu manis memiliki khasiat dalam menurunkan asam lambung. Sayangnya, khasiat ini tidak kerkandung dalam semua kayu manis. Terdapat kriteria tertentu pada kayu manis untuk mengobati maag yaitu, kulit kayu manis yang murni berasal dari alam.

Kayu manis jenis ini diambil dari pohon kulit yang hidup secara liar. Kayu manis ini juga tidak boleh mengandung bakteri, tidak ada jamur, tidak boleh lembab atau basah, dan tidak boleh tercampur tanah, dan telah berumur diatas sepuluh tahun.

10. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi atau melahirkan

10. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi atau melahirkan
Freepik/Aircoolsa

Kayu manis memiliki kandungan yang terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit ketika menstruasi dan juga saat melahirkan. Kandungan Cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat membantu menyeimbangkan hormon.

Kayu manis dapat meningkatkan hormon Progesteron yang dapat berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan, kehamilan, dan tumbuh kembang embrio. Kayu manis juga membantu mengurangi hormon Testosteron.

Hormon Testosteron pada perempuan yang dapat mengakibatkan rambut tumbuh berlebih di tubuh, timbulnya jerawat, ukuran payudara yang mengecil, otot membesar, suara lebih berat, siklus menstruasi tidak lancar, dan perubahan emosi.

11. Menghilangkan jerawat pada wajah

11. Menghilangkan jerawat wajah
Freepik

Perubahan hormon saat hamil dapat menimbulkan permasalahan pada wajah seperti muncul jerawat. Pemakaian kayumanis untuk menghilangkan jerawat dapat dikombinasikan dengan madu. Mama juga dapat meracik dan menggunakannya sendiri di rumah.

Cukup campurkan bubuk kayu manis asli dengan madu murni dan oleskan pada bagian wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Hindari bagian mata dan bibir. Tunggu sekitar 30 menit lalu bilas dengan air yang mengalir.

Namun, kayu manis juga dapat mengiritasi kulit yang sensitir, untuk menghindarinya perhatikan perbandingan madu dan kayu manis yang dicampurkan, sebaiknya dimulai dengan jumlah kayu manis yang sedikit lalu Mama dapat menambah jumlahnya seiring waktu berjalan.

Jika kulit Mama normal, 3 hari pemakaian masker ini membuat jerawat akan memudar dan sekaligus merawat kulit agar terhindar dari jerawat yang baru.

Efek Samping Kayu Manis pada Kehamilan

Efek Samping Kayu Manis Kehamilan
Flickr.com/Theocrazzolara

Setelah mengenal 11 manfaat dari kayu manis bagi Mama yang sedang hamil, perlu diketahui juga tentang efek samping yang disebabkan setelah mengonsumsi kayu manis:

  • Kayu manis digunakan sebagai pengencer darah, hal ini dapat meningkatkan peluang Mama mengalami pendarahan. Jika Mama memilih untuk operasi caesar, lebih baik untuk menghindari rempah-rempah ini.
  • Penggunaan kayu manis yang berlebihan dapat mengganggu kadar gula dan bisa sangat berbahaya hingga dilakukannya operasi.
  • Kayu manis dapat mengganggu kinerja obat dan anjuran kesehatan dokter.
  • Bagi pengidap alergi, kayu manis dapat membuat mulut terasa terbakar, sehingga menyebabkan radang pada lidah dan luka pada mulut.
  • Mengonsumsi kayu manis lebih dari dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan keguguran.
  • Minyak yang terkandung dalam kayu manis dapat menyebabkan kontraksi prematur.
  • Kayu manis yang dikonsumsi dalam dosis tinggi, atau bahkan dihirup melalui minyak esensial dapat menyebabkan kontraksi rahim dan persalinan prematur

Dosis yang Tepat dalam Mengonsumsi Kayu Manis bagi Kehamilan

Dosis Tepat dalam Mengonsumsi Kayu Manis bagi Kehamilan
Commons.wikimedia.org

Meskipun kayu manis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan perempuan yang sedang hamil, penting juga untuk memperhatikan batas dosis penggunaan. Dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2-4gram kayu manis perhari dalam bentuk batang ataupun bubuk.

Namun, agar meyakinkan penggunaan dan dosis yang tepat sebaiknya Mama dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan yang terpercaya agar Mama dan Si Janin tetap sehat ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;