7 Tips Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Tidur yang berkualitas baik perlu diterapkan selama masa kehamilan

5 April 2021

7 Tips Tidur Nyenyak Ibu Hamil Trimester Ketiga
Freepik/bearfotos

Memasuki fase kehamilan trimester ketiga, tak jarang banyak ibu hamil yang mengeluh sulit untuk tidur nyenyak.

Salah satu alasannya karena posisi tidur yang kurang nyaman, sehingga tidur menjadi kurang berkualitas. Pasalnya pada di trimester ketiga kehamilan, ukuran perut Mama akan semakin membesar karena pertumbuhan janin terus berkembang. 

Normalnya, ibu hamil membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam. Akibat sulit memejamkan mata, waktu tidur Mama jadi terpotong dan bisa menganggu kesehatan selama hamil. Padahal tidur yang berkualitas tidak hanya baik untuk Mama saja, melainkan juga untuk janin. 

Nah jangan khawatir, hal ini bisa diatasi kok! Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa tips agar Mama bisa tidur nyanyak selama kehamilan di trimester tiga.

Disimak ya, Ma! 

1. Gunakan bantal hamil 

1. Gunakan bantal hamil 
Buzzfeed.com

Ada berbagai jenis bantal hamil yang memang didesain untuk meningkatkan kenyamanan ibu hamil saat tidur. Bantal hamil ini gunanya agar mama mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur. Mama juga bisa bergerak bebas saat tidur tanpa merasa pegal di bagian punggung dan perut. 

2. Posisikan bantal senyaman mungkin 

2. Posisikan bantal senyaman mungkin 
toysrus.com

Jika tidak ada bantal hamil, Mama bisa menggunakan perpaduan bantal besar dan bantal kecil. Cobalah untuk tidur miring ke kiri dan letakkan bantal di antara kaki dan di belakang punggung untuk menopang posisi tidur Mama. 

Editors' Picks

3. Tidurlah di tempat yang nyaman 

3. Tidurlah tempat nyaman 
Pexels/C Technical

Perut Mama yang semakin membesar terkadang bikin Mama kurang nyaman untuk tidur di tempat tidur. Nah, Mama bisa kok berbaring di sofa atau kursi asalkan nyaman. 

4. Gunakan pakaian tidur yang longgar 

4. Gunakan pakaian tidur longgar 
thebump.com

Hindari pakaian tidur yang ketat. Sebaiknya mama memakai baju tidur yang longgar dan nyaman. Pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun 

5. Jangan tidur dengan perut kosong 

5. Jangan tidur perut kosong 
www.nutrizionesalute.org
Mitos kehamilan mengatakan bahwa ibu hamil harus makan dengan porsi untuk dua orang.

Perut yang kosong tentunya akan membuat Mama tidak bisa tidur karena lapar. Pastikan untuk makan malam dulu sebelum tidur ya Ma! 

Saat makan malam sebaiknya Mama mengkonsumsi makanan yang ringan. Hindari makanan pedas karena bisa menyebabkan sakit maag yang biasanya memburuk pada malam hari 

6. Cobalah untuk berpikiran positif 

6. Cobalah berpikiran positif 
Freepik/shurkin_son

Sekitar 15 menit sebelum tidur cobalah jauhkan diri Mama dari semua gangguan. Misalnya jangan tidur di tempat yang bising. 

Biarkan diri Mama rileks dan tetaplah berpikiran positif sehingga Mama akan lebih mudah untuk tertidur. 

7. Lakukan olahraga ringan untuk ibu hamil 

7. Lakukan olahraga ringan ibu hamil 
parenting.firstcry.com

Selama hamil sebaiknya tubuh Mama aktif bergerak agar tidak kaku. Cobalah beberapa olahraga ringan yang tidak membuat tubuh lelah, seperti yoga atau senam hamil menggunakan gym ball. 

Olahraga ringan akan membantu tubuh lebih rileks, bahkan dapat memberikan tubuh pasokan oksigen yang baik dan cukup. Dengan begitu, Mama bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan lebih nyenyak. 

Nah, Ma itulah beberapa tips agar bisa tidur nyenyak selama kehamilan di trimester tiga. Namun, jika Mama masih kesulitan tidur bisa konsultasikan ke dokter ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.