TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Posisi Seks untuk Merangsang Persalinan, Bisa Dicoba!

Yuk, dicoba!

24 September 2022

6 Posisi Seks Merangsang Persalinan, Bisa Dicoba
Freepik/jcomp

Berhubungan seksual menjelang hari perkiraan lahir dipercaya dapat mempercepat proses persalinan tiba. Kepercayaan tersebut tidak salah, meski belum bisa dibuktikan secara pasti kebenarannya.

Melakukan hubungan intim pada dasarnya bisa membuat tubuh mama melepas hormon oksitosin. Hormon cinta ini dipercaya bisa membuat Mama merasa lebih rileks jelang persalinan.

Selain itu, sperma papa mengandung prostaglandin yang berguna untuk mematangkan serviks hingga akhirnya bisa membantu memulai persalinan.

Dua hal itu yang kemudian membuat banyak orang merasa bercinta bisa membantu proses induksi persalinan. 

Untuk turut merasakan manfaat dari “kegiatan suami-istri” ini, bagaimana kalau Mama langsung mencobanya sendiri? Yuk, praktikkan rekomendesi posisi seks untuk merangsang persalinan dari Popmama.com berikut.

1. Spooning

1. Spooning
Freepik/gpointstudio

Spooning bisa dinobatkan sebagai salah satu posisi seks teraman dan ternyaman yang bisa dilakukan saat mama hamil. Terlebih, posisi ini juga dipercaya sebagai posisi seks untuk merangsang persalinan.

Bercinta dengan gaya ini bisa membuat mama merasa lebih nyaman karena terbebas dari tekanan di punggung dan rahim.

Beberapa ibu hamil juga menyukainya karena posisi ini tidak membuat penetrasi terlalu dalam sehingga mengurangi kekhawatiran jika seks bisa menyakiti si calon jabang bayi.

2. Cow girl

2. Cow girl
Pixabay/StockSnap

Dr. Sherry Ross, M.D, seorang OB/GYN di Santa Monica, California, berujar pada Romper, “Cowgirl merupakan posisi bercinta yang bagus untuk merangsang persalinan. Gaya ini memungkinkan Mama untuk memegang kendali penuh pada kecepatan dan kedalaman penetrasi”.

Saat mempraktikkan posisi ini, Papa juga bisa menjangkau payudara mama dengan mudah. Bermain dengan payudara mama tentu bagus lantaran bisa meningkatkan peluang orgasme lebih tinggi.

Editors' Picks

3. Masturbasi berdampingan

3. Masturbasi berdampingan
Freepik/nikitabuida

Melakukan penetrasi saat menjelang persalinan terkadang terasa melelahkan. Untuk mengakalinya, Mama bisa mencoba masturbasi berdampingan dengan Papa.

Mama dan Papa bisa Saling bantu untuk mengeksplor titik-titik sensitif untuk memicu orgasme. Saat waktunya orgasme tiba, dekatkan penis papa ke vagina mama sehingga cairan sperma tetap bisa mengaliri rahim mama dan khasiat prostaglandin tetap bisa dirasakan.

4. Reverse cowgirl

4. Reverse cowgirl
Pinterest/Mindbodygreen.com
Posisi reverse cowgirl

Posisi seks untuk induksi persalinan selanjutnya adalah reverse cowgirl. Pada dasarnya, manfaat yang ditawarkan posisi seks ini sama dengan gaya cowgirl biasa, bedanya papa bisa menstimulasi klitoris mama dengan lebih baik di gaya bercinta ini. 

Kombo dari penetrasi dan rangsangan pada klitoris secara bersamaan dipercaya bisa membuat mama merasakan orgasme hebat. Bonusnya, orgasme ini bisa membuat kontraksi rahim cepat terjadi.

5. Hovering Butterfly

5. Hovering Butterfly
Freepik

Kendati istilahnya asing terdengar, Mama dan Papa pasti sudah familiar dengan gaya bercinta ini.

Hovering butterfly merupakan gaya bercinta yang mengharuskan mama untuk bersandar di dinding atau kepala tempat tidur. 

Seks dengan posisi ini cocok dilakukan baik dengan penetrasi maupun oral. Kelebihannya, saat melakukan hovering butterfly, Mama tidak perlu berbaring telentang sehingga tidak akan merasakan efek samping seperti pusing setelah bercinta selesai.

6. Doggy styles

6. Doggy styles
Pinterest/Mindbodygreen.com
Ilustrasi posisi seks doggy styles.

Rekomendasi terakhir ialah doggy styles. Ada banyak cara untuk melakukan ini, Mama juga bisa mempraktikkannya di berbagai lokasi, seperti sambil bersandar di sofa atau kursi.

Posisi ini tergolong sebagai gaya bercinta yang nyaman bagi ibu hamil. Itu lantaran mereka tidak perlu merasa terhalangi oleh perut besarnya sehingga bisa fokus pada kenikmatan yang diperoleh saat seks.

Kendati demikian, Papa harus paham untuk menghindari penetrasi terlalu dalam. Ini penting untuk menghindari rasa tidak nyaman yang mama rasakan.

Itu dia rekomendasi posisi seks untuk merangsang persalinan yang bisa mama coba. Pada akhirnya, pilihlah gaya bercinta yang paling terasa nyaman untuk Mama dan Papa.

Semoga induksi persalinan Mama sukses setelah mencoba berbagai gaya seks ini sehingga cepat melahirkan si Kecil dengan selamat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk