Akupuntur untuk Ibu Hamil, Ini Dia Penjelasan dan Manfaatnya!

Pernah mencoba, Ma?

21 Maret 2020

Akupuntur Ibu Hamil, Ini Dia Penjelasan Manfaatnya
Pixabay/Alterio Felines

Akupuntur merupakan metode pengobatan tradisional dari China yang sudah sejak lama dikenal masyarakat luas. Pengobatan ini dilakukan dengan menusukkan jarum yang sangat tipis pada beberapa bagian tubuh.

Pengobatan tradisional yang kini sudah diakui secara medis ini memiliki banyak manfaat diantaranya mengobati stres, migrain, sakit leher, nyeri sendi, dan nyeri setelah opersi.

Diakui secara medis, akupuntur juga aman dilakukan ibu hamil untuk membantu melancarkan aliran darah dan terbukti memberikan beberapa manfaat pada ibu hamil. Berikut Popmama.com sampaikanpenjelasan dan manfaat yang didapat ibu hamil dengan akupuntur.

1. Amankah bagi ibu hamil?

1. Amankah bagi ibu hamil
bps.org.uk

Berdasarkan penjelasan dokter Naturopathic, Dr. Amy Dobbie yang dikutip dari The Womb, akupuntur aman dilakukan saat hamil dan efektif memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Rasa sakit, nyeri, sembelit, dan pembengkakan yang terjadi bersamaan dengan kehamilan bisa sangat berkurang dengan perawatan akupunktur. Mama juga bisa menjalani akupuntur saat memasuki trimester ketiga, ini bisa dilakukan untuk membantu mempersiapkan tubuh menjelang persalinan.

2. Akupuntur menjelang persalinan

2. Akupuntur menjelang persalinan
Freepik/Wavebreakmedia

Akupuntur pra-persalinan ini dilakukan guna mempersiapkan tubuh Mama menjelang persalinan dengan mengencangkan dan memelihara tubuh. Titik akupuntur membantu membuat Mama lebih rileks dan melunakkan ligamen uterus untuk membawa aliran darah ke panggul.

Hal ini baik untuk membantu mendorong bayi turun dalam posisi yang tepat, selain itu juga cocok untuk mempersiapkan serviks melunak dan melebar agar otot-otot rahim berkontraksi lebih efektif.

Editors' Picks

3. Manfaat akupuntur bagi ibu hamil

3. Manfaat akupuntur bagi ibu hamil
Freepik/Jcomp

Tidak hanya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, akupuntur selama kehamilan ternyata juga bisa mengatasi berbagai masalah jika dilakukan secara rutin. Berikut manfaat yang didapat ibu hamil dari akupuntur:

  • Mengurangi morning sickness
  • Mengurangi rasa sakit kepala migrain dan lainnya
  • Mengurangi nyeri punggung dan panggul
  • Mengatasi masalah tidur saat hamil
  • Mengatasi konstipasi atau sembeli
  • Mencegah kecemasan dan depresi menjelang persalinan
  • Mengurangi risiko intervensi medis (operasi caesar, forsep, epidural, dll.)

Tidak hanya itu, akupuntur dengan teknik khusus yaitu moksibusi juga dipercaya bisa mengatasi bayi sungsang. Dengan menggunakan ramuan yang disebut moxa yang dipadatkan menjadi bentuk batang cerutu, satu ujungnya dibakar dan didekatkan ke titik sarap akupuntur di jari kelingking.

4. Apakah membuat persalinan prematur?

4. Apakah membuat persalinan prematur
Freepik/pressfoto

Banyak ibu hamil mungkin merasa cemas ketika harus ditusukkan jarum pada bagian tubuh tertentu saat hamil. Titik-titik yang digunakan untuk akupunktur pra-kelahiran tidak akan membuat Mama harus melahirkan secara prematur, justru akan membantu mempersiapkan persalinan.

Agar lebih yakin, pergilah ke tempat akupuntur yang sudah berlisensi resmi atau mengunjungui dokter Naturopathic sebelum memulai akupuntur. Dokter akan memberikan edukasi pada ibu hamil bagaimana titik-titik tertentu bisa dilakukan akupuntur dengan nyaman selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, untuk mendapat manfaat akupuntur seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya, Ma. Selamat mencoba dan selamat menanti kehadiran buah hati tercinta.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.