Berat Janin Masih Kurang? Ini Cara Mengatasinya

Ada berbagai macam cara yang bisa Mama tempuh untuk mengatasi berat janin kurang.

29 Oktober 2018

Berat Janin Masih Kurang Ini Cara Mengatasinya
Freepik/Pressfoto.ru

Saat hamil, banyak hal yang harus Mama perhatikan terutama kesehatan janin dalam kandungan. Mama harus memastikan bahwa tumbuh kembang janin terpantau dengan baik dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya terpenuhi.

Sebab tak jarang, Mama mengalami berat badan kurang saat hamil dan tak jarang ini juga memengaruhi berat janin dalam kandungan.

Nah, jika berat janin masih kurang, ada hal-hal yang harus Mama perhatikan agar janin dapat memiliki berat yang sesuai dengan usianya.

Berikut beberapa hal yang bisa Mama lakukan jika berat janin masih kurang.

1. Menambah asupan kalori

1. Menambah asupan kalori
Freepik/Yanalya

Untuk mengatasi berat janin masih kurang, Mama harus menambahkan asupan kalori secara perlahan melalui berbagai macam makanan ataupun minuman sehat. Mama dapat mengonsumsi roti gandung, pasta gandung, aneka jenis kacang-kacangan, hingga alpukat, si buah yang menyehatkan.

2. Konsumsi suplemen kehamilan

2. Konsumsi suplemen kehamilan
Freepik/Onlyyouqj

Mungkin Mama membutuhkan suplemen vitamin tambahan agar kenaikan berat badan dan berat janin menjadi bertambah. Dokter biasanya akan merekomendasikan jenis suplemen tertentu guna mendongkrat berat janin dalam kandungan.  Suplemen vitamin mungkin mampu membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang masih kurang.

Editors' Picks

3. Minumlah susu

3. Minumlah susu
Freepik/Kate Mangostar

Untuk menaikkan berat janin dalam kandungan, Mama disarankan untuk mengonsumsi susu setidaknya 200-500 ml setiap harinya. Susu mampu membawa dampak yang baik terhadap berat badan janin dan juga bermanfaat dalam pembentukan tulang bayi dalam kandungan. Namun dalam mengonsumsi susu, hindari penambahan gula atau pemanis buatan ya Ma!

4. Hindari stres

4. Hindari stres
birthorderplus.com

Stres dan kecemasan juga memengaruhi berat janin dalam kandungan lho Ma. Karena saat mengalami stress atau kecemasan berlebih, nafsu makan Mama bisa saja berkurang. Tentu jika ini terjadi secara terus menerus, beran janin dalam kandungan sulit untuk bertambah karena kurangnya asupan nutrisi. Jadi, kelola stress dengan baik ya Ma agar tak berdampak terhadap berat janin.

5. Istirahat yang cukup

5. Istirahat cukup
Freepik/Bearfotos

Meski beragam ketidaknyamanan bisa muncul saat hamil, Mama harus memastikan bahwa tIdur Mama tercukupi dengan baik saat malam hari. Jika Mama merasa lelah di waktu siang, berisitriahatlah sejenak.

Itulah cara mengatasi berat janin kurang Ma. Mama memang harus memastikan asupan makanan yang Mama konsumsi mengandung gizi yang tinggi sehingga janin tidak kekurangan nutrisi.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!