Ini Dampak Mendengkur saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Mendengkur saat hamil memang wajar terjadi, namun Mama perlu untuk mengatasi dengan baik

16 Mei 2019

Ini Dampak Mendengkur saat Hamil Cara Mengatasinya
Freepik/Katemangostar

Saat hamil, keluhan yang Mama rasakan tak hanya mual, muntah, dan sulit tidur saja tapi mendengkur saat tidur juga mungkin dialami.

Mendengkur saat hamil setidaknya terjadi pada 25 hingga 30 persen perempuan hamil dan 26 persen perempuan baru mengalami tidur mendengkur saat kehamilan terjadi.

Mendengkur saat hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar Ma. Sebab, uterus dan janin yang terus berkembang dan menekan diafragma sehingga Mama yang sedang hamil mungkin untuk mengalami kesulitan bernapas saat tidur.

Mama bisa mengalami mendengkur saat hamil karena pengaruh pembengkakan selaput lendir dan rongga hidung akibat peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Selain itu, faktor lain juga bisa menyebabkan Mama mendengkur saat tidur semasa hamil. Faktor-faktor tersebut diantaranya stres, kelelahan, pertambahan berat badan, pilek dan alergi.

Nah, meski mendengkur merupakan hal yang wajar, Mama juga harus tahu ada dampak dari mendengkur yang tidak bisa disepelekan.

Dilansir dari Fox News, berikut dampak dan cara mengatasi mendengkur saat hamil:

Dampak mendengkur saat Hamil

Dampak mendengkur saat Hamil
Freepik

Meski mendengkur saat hamil umum terjadi, mendengkur saat hamil juga membawa dampak pada kesehatan Mama dan juga janin dalam kandungan. Mama yang tidurnya mendengkur saat hamil berisiko untuk mengalami peningkatan tekanan darah, menderita kelelahan, mengalami preeklampsia, bayi lahir dengan berat rendah, dan melahirkan bayi berukuran kecil.

Selain itu, risiko unutk melahirkan dengan cara caesar juga cenderung lebih besar pada perempuan hamil yang mendengkur.

Tak hanya itu saja Ma, mendengkur saat hamil juga kerap dikaitkan dengan depresi selama kehamilan dan depresi pasca melahirkan. Bahkan mengutip laman What to Expect, mendengkur saat hamil juga bisa menjadi sinyal atau tanda bahwa Mama menderita diabetes gestational selama kehamilan.

Mama perlu untuk memeriksa kadar glukosa dalam darah untuk mengetahui dengan pasti kemungkinan yang
 

Editors' Picks

Cara mengurangi kebiasaan mendengkur saat hamil

Cara mengurangi kebiasaan mendengkur saat hamil
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Jika mendengkur saat hamil yang Mama alami  disebabkan oleh kondisi medis tertentu, maka mengobati penyakit yang diderita bisa menjadi langkah untuk menghentikan kebiasaan mendengkur. Namun apabila disebabkan oleh perubahan tubuh selama kehamilan, maka ada beberapa langkah yang bisa Mama lakukan seperti:

  • Menghindari makan menjelang tidur
    Makan malam mendekati waktu tidur rupanya dapat menyebabkan gangguan tidur seperti mendengur Ma. Untuk itu, Mama disarankan untuk makan malam sejak beberapa jam sebelum tidur agar mendengkur saat tidur terhindarkan.
  • Ubah posisi tidur
    Mengubah posisi tidur rupanya juga dapat membantu mengurangi kebiasaan mendengkur Ma. Mama disarankan untuk tidur di sisi kiri karena posisi ini dianggap meningkatkan sirkulasi darah dan memuat tidur Mama lebih nyenyak.  Selain itu, Mama juga disarankan untuk menggunakan bantal tambahan agar posisi kepala berada lebih tinggi. Posisi kepala yang tinggi juga dapat mencegah ngorok atau mendengkur.
  • Bersikaplah santai
    Ternyata kekhawatiran dan kecemasan berlebih saat hamil juga dapat memicu ngorok Ma. Untuk itu, Mama disarankan untuk melakukan hal-hal yang Mama senangi, bermeditasi, ataupun melakukan olahraga ringan agar stres atau kecemasan yang Mama derita dapat terkelola dengan baik.
  • Gunakan nasal strip
    Mama juga dapat menggunakan nasal strip sebelum tidur. Mengutip dari Mom Junction, nasal strip mampu membantu membuka saluran hidung dan mengurangi dengkuran saat tidur.
  • Nyalakan humidifier
    Jika Mama memiliki humidifier nyalakanlah agar kelembapan udara dalam ruangan dapat terjaga. Humidifier membantu tenggorokan dan mulut agar tidak kering sehingga kebiasaan mendengkur saat hamil bisa berkurang.
  • Jaga berat badan
    Selain melakukan cara tersebut, Mama juga harus mengontrol berat badan saat hamil agar kebiasaan mendengkur saat hamil berkurang atau terhindarkan. Hal ini karena peningkatan berat badan secara berlebih selama kehamilan dapat memicu Mama mendengkur saat tidur.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;