Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Hamil Tua

Ada cara alami yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan saat hamil tua

20 April 2019

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Hamil Tua
Freepik

Saat hamil, daya tahan tubuh Mama cenderung lebih menurun sehingga risiko untuk terserang penyakit seperti sakit radang tenggorokan rentan untuk terjadi.

Sakit tenggorokan saat hamil bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Selain karena  infeksi bakteri atau virus, alergi debu atau serbuk sari, radang dalam selaput lendir, efek muntah dan naiknya asam lambung juga bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan saat hamil Ma.

Meski umumnya sakit tenggorokan saat hamil tidak berbahaya, Mama harus segera mengatasinya dengan baik agar sakit tenggorokan yang diderita dapat segera sembuh. Juga tidak mengganggu aktivitas Mama akibat ketidaknyamaan yang ditimbulkan.

Nah, untuk mengatasi sakit tenggorokan saat hamil, dilansir dari Mom Junction, berikut perawatan alami di rumah yang bisa Mama lakukan:

1. Perbanyak konsumsi air putih

1. Perbanyak konsumsi air putih
Freepik/Yanalya

Mama disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih agar sakit tenggorokan yang diderita dapat mereda. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, tubuh Mama tetap terhidrasi dengan baik sehingga dapat membantu proses pemulihan.

Mama disarankan untuk menghindari konsumsi minuman dingin, termasuk minuman bersoda karena minuman tersebut hanya akan memperburuk kondisi sakit tenggorokan yang Mama derita.

Tak hanya minuman tersebut, konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawat sebaiknya juga dihindarkan karena makanan yang mengandung bahan pengat dapat memperburuk kondisi sakit tenggorokan yang Mama derita

2. Istirahat yang cukup

2. Istirahat cukup
Freepik/Kate Mangostar

Dilansir dari Firstcry Parenting, Mama disarankan untuk berisitrahat yang cukup saat menderita sakit tenggorokan. Istirahat yang cukup mampu membantu proses penyembuhan dengan segera.

Adapun selain berisitrahat yang cukup, Mama disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat karena vitamin dan mineral yang terkadung pada makanan sehat dapat membantu dalam memerangi infeksi.

Editors' Picks

3. Berkumur air garam

3. Berkumur air garam
Freepik/Awesomecontent

Untuk meredakan sakit tenggorokan yang Mama derita, berkumur dengan air garam setidaknya 3 kali dalam sehari cukup direkomendasikan. Berkumur dengan menggunakan air garam mampu meredakan gejala sakit tenggorokan sekaligus membantu melawan bakteri.

Baca juga: 7 Manfaat Garam Laut yang Baik untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh kamu

4. Mengonsumsi teh lemon madu

4. Mengonsumsi teh lemon madu
Freepik

Mama juga dapat meredakan gejala sakit tenggorokan yang diderita dengan cara mengonsumsi teh lemon madu. Caranya juga mudah kok Ma. Mama hanya perlu memasukkan lemon dan madu secukupnya ke dalam teh hangat yang bisaMama konsumsi.

Madu berfungsi meredakan sakit tenggorokan sementara lemon mampu memerangi bakteri dan membersihkan lendir di tenggorokan. 

5. Mengonsumsi teh jahe

5. Mengonsumsi teh jahe
Unsplash/Dominik Martin

Selain mengonsumsi teh lemon madu, Mama juga dapat menjadikan jahe sebagai bahan tambahan pada teh yang Mama konumsi. Carana mudah, Mama hanya perlu menambahkan 1 cm potongan jahe ke dalam teh yang Mama konsumsi.

Jahe memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri sehingga mampu mengurangi sakit tenggorokan yang Mama derita selama kehamilan.

Baca juga: 5 Bunga yang Bisa Dijadikan Minuman Teh

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!